Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

34 Pakaian Adat Indonesia Lengkap Gambar, Nama, dan Daerahnya 1

34 Pakaian Adat Indonesia Lengkap Gambar, Nama, dan Daerahnya 1 - Taukah kalian, negara kita memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Selain itu, kita juga memiliki kekayaan seni dan budaya yang sangat beragam dari Sabang sampai Merauke. Banyak hal yang membuat kita bangga menjadi anak Indonesia.

Negara kita memiliki keanekaragaman yang luas. Mulai dari agama, suku, adat istiadat, budaya, bahasa, dan masih banyak lagi. Setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasan masing-masing. Misalnya, Jawa Tengah memiliki rumah joglo, sedangkan Jambi memiliki rumah adat sepucuk jambi sembilan lurah. Bahasa setiap daerah pun juga berbeda-beda. Selain itu, setiap daerah juga memiliki kekhasan dari pakaiannya. Mulai dari pakaian Jawa, Sumatera, Sampai Papua.

baju adat indonesia lengkap
Sumber: detiksergainews

Pakaian Adat Indonesia

Pada pembahasan kali ini kalian akan mengetahui kekhasan pakaian adat dari masing-masing daerah di Indonesia dilengkapi dengan gambar, nama serta penjelasannya, sehingga kalian dapat mengetahui dengan jelas keanekaragaman pakaian adat daerah di Indonesia.

1. Pakaian Adat Nanggroe Aceh Darussalam

Dahulu Masyarakat Aceh memiliki kemampuan menghasilkan tenun sutra. Selain itu, masyarakat aceh juga mahir menciptakan barang-barang sulaman baik yang melekat dalam busana maupun perangkat barang kebutuhan lainnya dalam rumah tangga. Kemahiran tersebut banyak dimiliki masyarakat yang tinggal di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh barat. Sampai sekarang masyarakat Aceh Besar dan Aceh barat mampu menghasilkan kerajinan dengan motif yang beragam.

Meulaboh (ibukota Kabupaten Aceh Barat) dan daerah-daerah sekitarnya seperti Bubon dan Lamnau merupakan pusat kerajinan sulaman terkemuka untuk baju adat perkawinan. Baju adat perkawinan tersebut terkenal dengan sebutan bajee cop meulaboh. Secara umum pakaian adat yang terkenal dari daerah aceh ini bernama Ulee Balang. Untuk pria, pakaian adat ini dinamakan dengan Linto Baro dan pakaian adat perempuan dinamakan dengan Daro Baro. Berikut ini kami sajikan pakaian adat perkawinan Aceh Barat dan Gayo, khususnya kelompok Gayo Laut.


pakaian adat aceh
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

2. Pakaian Adat Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah provinsi multietnis. Penduduk pribumi asli Sumatera Utara terdiri atas berbagai suku bangsa, yaitu suku bangsa Melayu, Batak Toba, Simalungun, Karo, Pak-Pak Dairi, Pesisir, Mandailing, dan Nias. Keragaman suku yang terdapat di daerah Sumatera Utara tersebut masing-masing memiliki kekhasan dalam hal seni budayanya salah satunya adalah pakaian adat yang mereka gunakan. Berikut akan kami ulas nama dan rincian atribut pakaian adat dari beberapa suku yang terdapat di Sumatera Utara.

Pembahasan lebih lengkap silahkan klik Pakaian Adat Sumatra Utara Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

a. Pakaian Adat Melayu Sumatera Utara

baju adat Melayu sumatera utara
Sumber : Selayang Pandang Sumatra Utara "Purwati"

b. Pakaian Adat Batak Sumatera Utara

baju adat batak sumatera utara
Sumber : Selayang Pandang Sumatra Utara "Purwati"

c. Pakaian Adat Nias Sumatera Utara

baju adat nias sumatera utara
Sumber : Selayang Pandang Sumatra Utara "Purwati"

3. Pakaian Adat Riau


Pakaian adat tradisional merupakan jenis pakaian yang biasa dikenakan masyarakat sebagai bagian dari identitasnya. Pakaian adat juga mencerminkan adat yang dianut oleh kelompok tertentu. Pakaian adat masyarakat Riau terbagi atas pakaian sehari-hari dan pakaian untuk upacara adat, baik untuk upacara adat perkawinan ataupun upacara adat lainnya. Berikut ini beberapa gambar serta penjelasan singkat pakaian adat tradisional masyarakat Riau.

Pembahasan Lengkapnya silahkan klik Pakaian Adat Riau Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

baju adat Riau
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

4. Pakaian Adat Kepulauan Riau


Pakaian Perempuan saat Upacara
Pada saat mengikuti upacara keagamaan, seperti Maulud Nabi Muhammad SAW, Isra'Mi'raj, dan Nuzulul Qur'an, baju yang masyarakat Kepulauan Riau kenakan antara lain leher tulang belut, kebaya panjang dan kebaya pendek. Bagi perempuan yang telah naik Haji, baju yang mereka kenakan adalah jubah atau gamis.

Pakaian Laki-Laki saat Upacara
Pada saat upacara pernikahan pakaian yang dikenakan oleh pengantin lelaki bangsawan adalah baju kurung cekak musang beserta celana panjangnya dan sampin yang serba songket. Pakaian yang didominasi warna kuning itu dilengkapi dengan tanjak sebagai penutup kepala, capal atau sepatu sandal, dan beberapa aksesories seperti dokoh, pending,selempang, dan keris.
Berikut ini gambar pakaian adat pernikahan masyarakat di daerah Kepulauan Riau.


pakaian adat kepulauan riau
Sumber : Selayang Pandang Kepulauan Riau "Ir. Nugroho Yuananto"

5. Pakaian Adat Jambi


Penduduk Provinsi Jambi terdiri atas banyak suku bangsa. Suku-suku bangsa tersebut meliputi suku bangsa asli dan ada pula suku bangsa pendatang. Suku bangsa asli memang sudah ada dan menetap di Provinsi Jambi sejak zaman dahulu, seperti suku bangsa Orang Rimba, Kerinci, Batin, Melayu Jambi dan Orang Laut. Setiap suku yang berada di jambi memiliki ragam budaya khas masing-masing, salah satunya adalah pakaian adat yang mereka gunakan. Berikut ini beberapa contoh gambar pakaian adat beberapa suku asli di Jambi dan penjelasan singkatnya.

Pembahasan lebih lengkap silahkan klik Pakaian Adat Jambi Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

pakaian adat jambi
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

6. Pakaian Adat Bengkulu

Provinsi Bengkulu dihuni oleh beberapa suku bungsa. Suku bangsa tersebut terbagi atas suku bangsa asli dan suku bangsa pendatang. Penduduk asli bengkulu terdiri atas empat suku besar, yaitu suku bangsa Melayu, suku bangsa Rejang, suku bangsa Serawai, dan suku bangsa Enggano. Selain itu, masih terdapat beberapa suku bangsa asli yang lainnya meskipun dalam jumlah yang tidak begitu besar. Suku-suku bangsa tersebut, antara lain suku bangsa Mukomuko, Ketahun, Lembak, Pasemah, dan Krui.

Pakaian adat untuk suku bangsa di Bengkulu berbeda-beda. Hal ini disebabkan tiap suku bangsa memiliki kepercayaan dan ritual yang berbeda-beda. Berikut ini gambar pakaian adat beberapa suku di Provinsi Bengkulu.

Pembahasan lengkapnya silahkan klik Pakaian Adat Bengkulu Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

pakaian adat bengkulu
Sumber : Selayang Pandang Bengkulu "Giyarto"

7. Pakaian Adat Lampung


Dalam kehidupan sehari-hari laki-laki Lampung mengenakan pakaian, meliputi kikat, kopiah (penutup kepala), kawai (baju), senjang, celanou, bebet, dan selikap. Sedangkan kaum perempuan dalam kehidupan sehari-hari mengenakan kanduk/ kudung, lawai kurung, senjang/cawo setagen, selambok, alali, serta kalai kukut.

Pakaian untuk upacara adat sedikit berbeda. Dalam upacara adat laki-laki Lampung mengenakan kekat akkin, kawai kemija, peci, serta selikap. Sedangkan kaum perempuan mengenakan pakaian yang terdiri atas kebayou, senjang dan belatung buwok. Berikut ini gambar pakaian adat masyarakat Lampung.

Pembahasan lengkapnya silahkan klik Pakaian Adat Lampung Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

baju adat lampung
Sumber : tradisikita.my.id

8. Pakaian Adat Sumatera Barat


Pakaian adat kaum pria Sumatera Barat terdiri atas baju model teluk belanga berlengan pendek dan melebar ujungnya, celana panjang, kain songket yang dipakai dari pinggang sampai ke atas lutut, serta selembar kain yang diselempangkan pada bahu. sebagai pelengkap dikenakan tutup kepala yang dinamakan saluak dan sebilah keris yang diselipkan ke perut.

Pakaian adat wanita Sumatera Barat terdiri atas penutup kepala (bergonjong), baju kurung kain songket panjang, serta kain songket motif dan warnanya sama yang diselempangkan ke bahu. Sebagai perhiasan dikenakan anting, kalung, gelang pada kedua tangannya. Berikut ini gambar serta perlengkapan busana adat Sumatera Barat.


baju adat sumatera barat
Sumber : Selayang Pandang Sumatra Barat "Purwati"

9. Pakaian Adat Sumatera Selatan


Pakaian adat pernikahan masyarakat Palembang Sumatera Selatan dinamakan Pak Sang Kong yang terbuat dari kain songket. Baju bagian atas disebut kebaya pendek. Selain itu, dapat juga mengenakan kebaya panjang yang disebut kebaya landong. Dibagian dalam sikenakan penutup dada yang disebut kutang. Pakaian bawahnya berupa celana yang disebut celano belabas. Berikut ini gambar bagian-bagian busana pak song kong pria dan wanita Palembang.


baju adat sumatera selatan
Sumber : Selayang Pandang Sumatra Selatan "Purwati", dan lain-lain..

10. Pakaian Adat Bangka Belitung


Penduduk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mayoritas beretnis Melayu. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika gaya berpakaiannya juga dipengarunhi oleh gaya Melayu. Tradisi Melayu menempatkan upacara pernikahan sebagai peristiwa yang penting. Hal ini tentu mempengaruhi busana upacara pernikahan adat mereka. Busana Melayu adat Bangka Belitung ditampilkan secara lengkap dan indah, mulai dari pakaian sampai perlengkapan perhiasannya. Berikut ini gambar pakaian adat tradisi Kepulauan Bangka Belitung.


pakaian adat bangka belitung.jpg
Sumber : tradisikita.my.id

11. Pakaian Adat Banten


Di Provinsi Banten dikenal tiga jenis pakaian adat untuk upacara pengantin, yaitu pakaian pengantin Banten Kebesaran, Banten Lestari, dan Banten Gaya Tangerang. Setiap Jenis pakaian adat pengantin ini memiliki kekhasan tersendiri. Berikut ini gambar pakaian adat pernikahan Banten.

Pembahasan lengkapnya silahkan klik Pakaian Adat Banten Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

baju adat banten
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

12. Pakaian Adat DKI Jakarta


Pakaian adat DKI Jakarta adalah Betawi. Ini sesuai dengan nama penduduk asli yang mendiami wilayah Jakarta. Masyarakat Betawi mengenal enam macam pakaian adat pengantin Betawi, yaitu;
  1. cara dandanan Haji
  2. cara model India
  3. cara model Barat
  4. cara model Jawa
  5. cara model Sunda, dan
  6. cara model Melayu
Berikut ini contoh pakaian adat DKI Jakarta.


baju adat betawi
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

13. Pakaian Adat Jawa Barat


Pakaian adat daerah Jawa Barat dapat dikelompokkan menjadi dua. Ada pakaian adat gaya Priangan dan ada juga pakaian adat gaya Cirebon. Pakaian adat Priangan dan Cirebon memiliki beberapa persamaan dan perbedaan, diantaranya seperti pakaian adat perempuan Priangan mengenakan kebaya surawe, sedangkan kaum perempuan Cirebon mengenakan baju sorong atau baju kurung. Kaum laki-laki biasa Priangan dan Cirebon mengenakan kain sarung poleng atau polekat yang dikerudungkan dan diikatkan atau dililitkan pada pinggang. Berikut ini gambar pakaian adat Jawa Barat.


pakaian pengantin adat jawa barat
Sumber : Selayang Pandang Jawa Barat "Muh. Rofi'i", dan lain-lain..

14. Pakaian Adat Jawa Tengah


Masyarakat Jawa Tengah mengenal berbagai macam pakaian adat. Akan tetapi yang menjadi simbol pakaian adat jawa Tengah adalah pakaian adat Surakarta. Pakaian adat Jawa Tengah (Surakarta) dikelompokkan menjadi dua, yaitu pakaian untuk kerabat keraton (bangsawan) dan rakyat biasa. Pakaian adat keraton dibedakan lagi menjadi dua jenis, yaitu pakaian untuk pria yang dikenal dengan nama jawi jangkep dan pakaian untuk wanita yang dikenal dengan nama kebaya. Berikut ini gambar pakaian adat Jawa Tengah (Surakarta).

Pembahasan lebih lengkap silahkan klik Pakaian Adat Jawa Tengah Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

pakaian adat jawa tengah
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

15. Pakaian Adat Daerah Istimewa Yogyakarta


Masyarakat Yogyakarta mengenal beberapa macam pakaian adat pengantin. Di Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat lima macam corak tata rias pengantin yang disebut dengan gaya Yogyakarta. Berbagai corak pakaian pengantin ini dahulunya digunakan di lingkungan Keraton Yogyakarta. Namun, lama kelamaan masyarakat yogyakarta menyukai dan menggunakannya sebagai pakaian pengantin. Dari beberapa corak pakaian adat gaya Yogyakarta tersebut, pakaian adat yang paling sering dan umum digunakan untuk upacara perkawinan adalah pakaian rakyat. Masyarakat Yogyakarta kalangan pria mengenakan baju sorjan, kain batik, serta blangkon sebagai penutup kepala. Sedangkan untuk kaum wanita mengenakan kebaya, kain batik, dan sanggul rambut yang ditata sedemikian rupa. Berikut ini gambar pakaian adat gaya Yogyakarta.

Pembahasan lebih lengkap silahkan klik Pakaian Adat DI Yogyakarta Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

pakaian adat pengantin yogyakarta
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

16. Pakaian Adat Jawa Timur


Masyarakat Jawa Timur terdiri dari beberapa macam suku, yaitu suku Jawa, suku Madura dan suku Tengger. Dari ketiga suku adat tersebut memiliki adat kebudayaan yang berbeda-beda sesuai dengan kepercayaan yang dianutnya. Begitupula dengan pakaian adat yang mereka gunakan. Pakaian adat masyarakat Jawa Timur mayoritas yaitu suku jawa dan suku madura dikenal dengan nama baju mantenan (suku Jawa) dan baju pesa'an (suku Madura). Berikut ini gambar pakaian adat Jawa Timur.

Pembahasan lebih lengkap silahkan klik Pakaian Adat Jawa Timur Lengkap, Gambar dan penjelasannya

baju adat jawa timur
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

Pakaian Adat Indonesia 1 >>(Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur) 
Pakaian Adat Indonesia 2 >>(Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo) 
Pakaian Adat Indonesia 3 >>(Bali, Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua)

2 komentar untuk "34 Pakaian Adat Indonesia Lengkap Gambar, Nama, dan Daerahnya 1"

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.