Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakaian Adat Riau Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Riau Lengkap, Gambar dan Penjelasannya - Pakaian adat tradisional merupakan jenis pakaian yang biasa dipakaian sebagai bagian dari identitas suatu kelompok masyarakat. Pakaian adat tradisional juga mencerminkan adat yang dianut suatu kelompok tersebut. Pakaian adat tradisional masyarakat Provinsi Riau terbagi atas pakaian sehari-hari dan pakaian untuk upacara adat, baik upacara adat perkawinan ataupun upacara adat lainnya.

Pakaian Adat Sehari-Hari Masyarakat Riau

Dalam kehidupan sehari-hari, kami akan membahas pakaian yang dipakai masyarakat Riau yang terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu pakaian untuk anak-anak, pakaian dewasa, dan pakaian sesepuh adat.

a. Pakaian Adat Riau untuk Anak-anakPakaian yang dipakai oleh anak-anak di Riau biasanya menggunakan baju kurung dengan motif bunga, serta memakai celana panjang atau celana tanggung.

b. Pakaian Adat Riau untuk DewasaPakaian yang digunakan kaum pria dan wanita Provinsi Riau biasa memakai baju kurung yang disebut baju gunting cina. Dalam keseharian pakaian untuk wanita Riau terdiri dari tiga jenis, yaitu Baju Kurung Tulang Belut, Baju Kebaya Pendek, dan Baju Kurung Laboh. Ketiganya memakai tambahan berupa kain selendang. Kaum pria memakai baju bernama Kurung Cekak Musang serta tutup kepala yang disebut kopiah atau songkok, sedangkan kaum wanita menutup kepalanya dengan selendang atau kain tudung kepala. Alas kaki mereka mengenakan sendal atau kasut.

c. Pakaian Adat Riau untuk Sesepuh AdatPakaian yang digunakan oleh kaum pria sesepuh adat masyarakat Riau yaitu bernama Baju Kurung Teluk Belanga atau Baju Kurung Cekek Musang berbahan dasar kain lejo atau kain katun. Sedangkan untuk kaum wanita sesepuh Riau menggunakan pakaian berupa Baju Kebaya Laboh dengan kerudung, Baju Kurung Teluk Belanga dan Baju Kebaya Pendek. Pada dasarnya pakaian yang digunakan oleh sesepuh adat ini tidak jauh berbeda dengan pakaian yang dipakai oleh orang dewasa, yang membedakan hanyalah warna dan sentuhannya saja yang lebih disesuaikan dengan kaum sesepuh.

Pakaian Upacara Adat Riau

Pakaian upacara adat pria Riau memakai baju gunting cina atau baju pesak sebelah dengan kain sarung atau celana, baju kurung leher tulang belut atau cekak musang dengan celana, dan kain samping dari bahan songket yang digunakan untuk menutupi celana hingga sebatas lutut. Bagian kepalanya mengenakan peci atau songkok sebagai penutup kepala. Pada acara formal atau perhelatan kaum pria mengenakan cincin emas.

pakaian adat upacara riau
Sumber : Selayang Pandang Riau : Giyarto

Kaum wanita Riau memakai pakaian berupa baju kurung satu sut yang terbuat dari kain songket, satin dan sutra. Selain itu, kaum wanita juga memakai aksesoris berupa kalung, anting, gelang tangan, dan cincin yang terbuat dari emas.

Perlengkapan pakaian adat berupa perhiasan pada kepala yang meliputi sanggul biasa atau sanggul dua, tusuk sanggul, kembang goyang, sepit rambut, dan jurai. Perlengkapan lainnya berupa kain selempang, sapu tangan kecil, gelang kaki dan sebuah pending melilit pinggang. Untuk alas kaki, baik pria maupun wanita memakai selop.

Pakaian adat bangsawan Riau (siak) berwarna kuning yang merupakan simbol kerajaan. Oleh sebab itu, pakaian dengan warna tersebut hanya boleh digunakan oleh orang-orang dari kalangan bangsawan atau keturunan raja-raja Riau. Warna kuning juga dipakai untuk pakaian pengantin karena sepasang pengantin mendapat julukan raja sehari.

Pakaian Adat Pengantin Riau

Pakaian adat pengantin Riau lebih megah dan indah. Hal ini berkaitan dengan kesakralan upacara tersebut. Pengantin pria memakai baju adat yang bernama teluk belanga. Pakaian ini hampir sama dengan baju cekak musang dengan tambahan aksesoris sebilah keris di pinggang. Pada bagian kepala mengenakan mahkota yang disebut tanjak. Tanjak inilah yang membedakan dengan pakaian pengantin Riau Kepulauan. Pada pakaian pengantin Riau Kepulauan mahkotanya lebih sederhana. pengantin wanita memakai baju kebaya labuh/ panjang dengan beberapa aksesoris sebagai pelengkap. Kedua mempelai sama- sama memakai selop dan capal.

baju adat pengantin riau
Sumber : Selayang Pandang Riau : Giyarto
Demikian pembahasan tentang "Pakaian Adat Riau Lengkap, Gambar dan Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Artikel ini dikutip dari buku "Selayang Pandang Riau : Giyarto". Baca juga artikel kebudayaan menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Posting Komentar untuk "Pakaian Adat Riau Lengkap, Gambar dan Penjelasannya"