Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tarian Tradisional Jambi Lengkap Penjelasannya

Tarian Tradisional Jambi

Dari 220 jenis kesenian di Provinsi Jambi sebagian besar berupa seni tari, Jumlahnya mencapai 98 jenis yang tersebar di berbagai daerah Jambi. Ada jenis tarian daerah yang sudah punah seperti tari Tauh, tan Sumbel, dan tan Rangak. Beberapa jenis tari yang masih sering dipertontonkan sebagai berikut.

a. Tari selampit Delapan

Tarian ini menggambarkan kebijaksanaan mengenai iman yang menjadi alat paling kuat dalam hubungan para generasi muda. Tarian ini dibawakan oleh empat pasang penari muda-mudi yang terikat oleh kain syal yang panjang. Adegan ini menggambarkan janji-janji yang terucap terikat kuat menyatukan hati mereka. Tarian Selampit Delapan berasal dari Mandiangin. Awalnya bernama Selampit Delapan Tulang Belut.

kesenian tari selampit delapan jambi

b. Tari Rangguk

Tari Rangguk merupakan tarian menyambut tamu khas Kerinci. Tari ini ditarikan oleh beberapa gadis sambil memukul rebana kecil. Para penari menggerakkan kaki dan pinggul seiring irama sambil mengangguk-anggukan kepala seakan memberi hormat. 

c. Tari Joged Batanghari

Tari Joged Batanghari merupakan jenis tari yang digunakan untuk menyambut tamu agung. Sesuai namanya tari ini berasal dari sekitar Sungai Batanghari. Awalnya merupakan tari Melayu yang berirama joged.

d. Tarian Sekapur Sirih

Tarian Sekapur Sirih merupakan jenis tari untuk menyambut tamu. Pada awalnya tarian ini hanya dipersembahkan kepada raja-raja. Dalam tarian ini disuguhkan sirih lengkap (selako) kepada para tamu undangan sebagai penghormatan. Sembilan wanita yang membawakan tarian ini terbagi atas dua wanita pembawa selako dan tujuh wanita pembawa bunga tabur.

Sulain itu, masih ada tari-tari yang lain seperti tari Serentak Satang, Iyo-Iyo, Ntok Kudo, Zapin, Asyik, Niti Naik Mahligai, Angguk, Aek Sakotak, Kain Kromong, Rangkuang, Kisan, Puti Cinde, dan tari Marcok. Tari-tarian ini sering dipertunjukkan di wilayah Jambi dalam berbagai kesempatan seperti upacara penyambutan tamu, perkawinan, pesta adat, festival daerah, pertunjukan seni daerah, dan ritual adat lainnya.

Demikian pembahasan tentang "Tarian Tradisional Jambi Lengkap Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel kebudayaan Daerah Jambi menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Baca juga:
Senjata Tradisional Jambi Lengkap, Gambar dan Penjelasannya
Makanan dan Minuman Khas Jambi Lengkap Penjelasannya
Pakaian Adat Jambi Lengkap, Gambar dan Penjelasannya


Sumber : Selayang Pandang Jambi : Giyarto

Posting Komentar untuk "Tarian Tradisional Jambi Lengkap Penjelasannya"