Skip to main content

Cara Menggambar dan Mewarnai Motif Ragam Hias

Cara Menggambar dan Mewarnai Motif Ragam Hias - Kegiatan praktek berkarya seni ragam hias dapat melatih kreatifitas dalam hal komposisi, proporsi, dan imajinasi baik dari segi bentuk dan warnanya. Seperti yang akan kami bahas pada kesempatan ini, kami memberikan beberapa tahap cara menggambar dan mewarnai motif ragam hias sebagai bahan latihan bagi pembaca. Kegiatan ini juga dapat diterapkan sebagai praktek pembelajaran di sekolah, agar nanti siswa memiliki kemampuan mengolah warna dan bentuk. Kemampuan mewarnai juga sangat penting apabila nanti terdapat pembaca/ siswa yang tertarik menekuni pekerjaan dibidang seni seperti sungging wayang dan mewarnai berbagai benda/ produk kesenian.

Cara menggambar dan mewarnai motif ragam hias dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti mewarnai ragam hias dengan teknik blok, teknik aquarel, dan teknik pointilis gelap terang. Menggambar dan mewarnai motif ragam hias dengan hasil yang cukup menarik silahkan disimak pada tahap-tahap berikut ini.

1. Ambil contoh gambar ragam hias pada "artikel ini" (buat ukuran yang berbeda agar gambar tidak terlihat di blat) atau bisa menggunakan contoh di bawah ini.

latihan-menggambar-ragam-hias
Motif  Flora 1
latihan-menggambar-motif-ragam-hias
Motif  Flora 2
2. Gambarlah desain motif ragam hias menggunakan pensil, setelah desain selesai digambar pertegas kontur/ garis menggunakan drawingpen ukuran sedang pada semua garis bekas pensil.

sketsa-pensil-ragam-hias


sketsa-drawingpen-ragam-hias

3. Selanjutnya, silahkan berikan warna dasar pada background/ latar belakang motif. Gunakan tinta bak, pigmen warna, atau cat poster. Agar motif terlihat kontras dan menonjol gunakan warna gelap pada background.

mewarnai-background-ragam-hias

4. Setelah selesai memberi warna pada background, tahap selanjutnya tentukan teknik mewarnai motif ragam hias yang akan kalian buat.

a. Teknik Blok/ Plakat
Teknik blok dapat diterapkan pada pewarnaan ragam hias menggunakan cat poster, cat tembok+pigmen warna. Gradasi warna dilakukan dengan teknik blok, tahap demi tahap warna. Pewarnaan dengan teknik blok memerlukan kesabaran dan ketelitian agar hasilnya bagus dan rapi. Bentuk gradasi warna apabila diperhatikan terlihat dalam susunan warna yang terkotak-kotak, namun tetap menyatu. Hasil karya mewarnai ragam hias Nusantara dengan teknik blok seperti contoh berikut ini.

ragam-hias-gradasi-warna

b. Teknik Aquarel
Teknik aquarel dapat diterapkan pada pewarnaan ragam hias menggunakan cat air, pigmen warna, dan lain-lain. Pewarnaan dengan teknik aquarel dilakukan dengan menggunakan cat yang agak sedikit encer.

Teknik aquarel memerlukan kejelian dalam pemilihan dan pencampuran warna agar hasilnya menarik. Bentuk gradasi warna apabila diperhatikan terlihat seperti menyatu tanpa sekat. Hasil karya mewarnai ragam hias Nusantara dengan teknik aquarel seperti contoh berikut ini.

mewarnai-ragam-hias-dengan-cat-poster

c. Teknik Pointilis Gelap Terang
Teknik Pointilis gelap terang dapat dilakukan dengan menggunakan cat air, drawingpen, atau pensil. Pada contoh kali ini menggunakan drawingpen. Penggunaan drawingpen dilakukan dengan membuat efek gelap terang pada motif ragam hias dengan cara memberikan titik-titik. Pemberian titik-titik pada bentuk motif dilakukan sepertihalnya memberikan arsiran, yaitu susunan titik yang dibuat dengan komposisi semakin banyak titik semakin gelap dan sebaliknya. Teknik pointilis gelap terang ini membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang menarik.

Pewarnaan dengan teknik ini yang kami anggap paling mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Hasil karya mewarnai ragam hias Nusantara dengan teknik pointilis gelap terang seperti contoh berikut ini.

ragam-hias-dengan-tinta-bak

5. Finishing, setelah pemberian warna pada motif ragam hias selesai, tahap terakhir yang harus dilakukan adalah memberikan isian. Isian dilakukan dengan memberikan goresan berupa titik dan garis tipis pada bagian tengah motif menggunakan drawingpen ukuran kecil dan sedang. Pemberian isian motif silahkan berkreasi sendiri atau meniru bentuk isian yang ada pada contoh gambar.

Baca juga:
Pengertian Ragam Hias dan Jenis-Jenis Ragam Hias Nusantara
Cara Membuat Ragam Hias dari Bentuk Sederhana menjadi Menarik

Demikian pembahasan kami tentang "Cara Menggambar dan Mewarnai Motif Ragam Hias" yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca. Baca juga artikel seni menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments