Makanan Khas Bengkulu Lengkap Penjelasannya

Makanan dan minuman khas daerah Bengkulu yaitu makanan dan minuman yang dibuat dengan bahan bahan yang berasal dari hasil sumber daya alam wilayah ini. Bahan dasar tersebut bisa berasal dari hasil pertanian, perkebunan, perikanan, atau kehutanan. Dari bahan-bahan ini dihasilkan resep yang barbeda dengan daerah lain di luar Bengkulu. Berikut makanan dan minuman khas yang dapat dijumpai di Bengkulu.

1. Gelamai, yaitu dodol khas Bengkulu. Gelamai terbuat dari tepung ketan dan kelapa. Cara membuatnya yaitu air santan dari kelapa dimasak sampai matang. Setelah 2 jam, tepung ketan dan gula merah dimasukkan ke dalam santan tersebut. Adonan diaduk terus-menerus selama 8 jam. Gelamai sudah matang bila adonan sudah mengental dan berwarna kecokelatan.
2. Perut punai, yaitu makanan yang terbuat dari tepung beras ketan dan gula merah. Cara pembuatannya yaitu tepung beras ketan dicampur dengan gula merah lalu digoreng. Bentuknya bulat pipih, rasanya keras dan manis.

makanan khas bengkulu

3. Nasi santan, yaitu makanan yang terbuat dari beras dan santan. Cara pembuatannya yaitu beras direndam semalaman, kemudian dikukus. Selanjutnya, nasi tersebut diaron dengan santan kental, dan dimasak sampai matang.
4. Kopi anggut, merupakan minuman khas yang terdapat di Kelurahan Anggut Atas, Kota Bengkulu. Keunikan kopi anggut terletak pada cara mengolah dan menikmatinya. Cara membuatnya yaitu kopi dan gula dimasak hingga kental dengan memakai morong (bekas kaleng mentega/biskuit), lalu dimakan dengan cara dicolek dengan tangan. Kopi tersebut merupakan minuman sehari-hari para pembuat pelangkin (gerobak). Minuman ini sering disebut teh telor.
5. Ikan pais, merupakan ikan pepes khas Bengkulu. Jenis pepes ini terbuat dari ikan gebu dan ikan buli. Cara pembuatannya sama seperti membuat pepes lainnya.
6. Rebung asam, yaitu rebung yang direndam dalam air cucian beras dan dimasak seperti asam pedas.

Tidak semua jenis makanan dan minuman khas di atas dapat dijumpai di seluruh wilayah Bengkulu. Tiap-tiap daerah terdapat makanan dan minuman yang berbeda. Meskipun begitu, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat ditemui di beberapa wilayah. Jenis makanan dan minuman khas Bengkulu yang lain yaitu lemang, tekwan, oncong-oncong pisang, camping melinjo (baguk), lempuk durian, kue siput, lumpuing, lontong ajo gulai tunjang, miso, lontong tunjang, kue tat, kue lupis, lotek bengkulu, kelio Iokan (kalio kerang), bagar hiu (gulai potongan ikan hiu), rujak, dan kopi bubuk.

0 Response to "Makanan Khas Bengkulu Lengkap Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel