Skip to main content

Jenis Aliran Seni Lukis dan Contoh lukisan

Jenis Aliran Seni Lukis dan Contoh lukisan - Seni lukis adalah seni yang mengekspresikan pengalaman artistik dan estetik seorang seniman dalam bidang dua dimensi. Dalam pembuatan karya lukis seniman lukis memiliki gaya atau aliran yang dianut atau dikuasainya dalam berkarya lukis. Berikut ini jenis aliran seni lukis dan contoh lukisan yang telah banyak dikenal dan banyak dianut seniman lukis.

1. Aliran Klasik
Aliran ini memiliki ciri-ciri penggambaran objek yang cenderung idealis dan berpusat pada objek manusia (homosentris) serta penggunaan warna yang lembut. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran klasik.
seni-lukis-aliran-klasik

2. Aliran Romantisme
Aliran Romantisme adalah aliran seni lukis yang mengambil dan menggunakan tema kejadian yang dramatik dan dahsyat serta tragedi yang menyentuh perasaan. Menggunakan warna yang romantis seperti biru, merah muda, hijau, kuning, serta penataan dan penyusunan elemen seni seindah mungkin. Tokoh aliran ini antara lain; Delacroix, Corot, Millet serta pelukis Indonesia yaitu Raden Saleh. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran romantisme.
seni lukis-aliran-romantisme

3. Aliran Naturalisme
Aliran Naturalisme adalah aliran yang melukiskan objek secara alami sesuai wujud yang dilihat pada alam. Karya lukis aliran naturalisme dibuat sesuai apa yang dilihat mata, baik warna, susunan, perspektif dan lain-lain. Pelukis yang beraliran naturalisme antara lain; Rudolf Bonnet, Basuki Abdullah, Le Mayeur, dll. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran naturalisme.
seni-lukis-aliran-naturalisme

4. Aliran Realisme
Aliran Realisme adalah aliran yang mengungkapkan kejadian-kejadian yang sebenarnya atau nyata dan secara objektif seperti kenyataannya. Aliran realisme hampir sama dengan aliran naturalisme yaitu sama-sama menggambarkan objek apa adanya, namun seniman realisme cenderung memfokuskan objek dalam kehidupan sehari-hari mereka secara riil apa adanya. Seniman lukis yang beraliran realisme antara lain; Gustave Courbet, Honore Daumier. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran realisme.
seni-lukis-aliran-realisme

5. Aliran Impresionisme
Aliran ini lebih mengutamakan kesan sinar yang timbul karena pantulan oleh objek yang dilukis. Penganut aliran ini berusaha menangkap sinar yang cepat berubah, sehingga kesan yang timbul dari objek adalah warna-warna blok atau satu warna yang kuat, contohnya seperti warna hijau pada daun, biru pada langit, merah warna genting, meskipun sebenarnya warna-warna lain terdapat pada objek tersebut.

Jadi, aliran impresionisme ini mengutamakan kesan warna yang ditimbulkan oleh pantulan dari objek yang terkena sinar matahari, sehingga detail warna sebuah benda tidak diperjelas. Pelukis yang beraliran Impresionisme antara lain; Claude Monet, Edgar Degas, Renoir. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran impresionisme.
seni-lukis-aliran-impresionisme

6. Aliran Pointilisme
Aliran pointilisme adalah aliran lukis yang mengekspresikan perasaan dalam karya lukis dengan teknik pewarnaan titik-titik (point) warna yang membentuk sebuah objek. Aliran ini lebih memfokuskan kesan cahaya yang diungkapkan melalui warna yang disusun dari titik-titik. Hampir semua karya disusun dari warna yang dibentuk oleh titik-titik. Pelukis yang beraliran pointilisme antara lain; George Seurat, Paul Cezanne. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran pointilisme.
seni- lukis-aliran-pointilisme

7. Aliran Ekspresionisme
Aliran ini mengungkapkan pergolakan emosi atau perasaan seseorang kedalam sebuah lukisan. Penderitaan batin serta terhimpitnya perasaan akibat dari pengalaman dalam kehidupan atau lingkungan yang ditanggapi tidak hanya dengan panca indera, tetapi juga dengan jiwa. Ekspesi jiwa dan perasaan batin diungkapkan secara spontan dengan warna-warna yang dramatik serta garis-garis tegas dan mantab. Pelukis yang beraliran Ekspresionisme antara lain; Vincent van Gogh, Affandi, Popo Iskandar. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran ekspresionisme.
seni-lukis-aliran-ekspresionisme

8. Aliran Kubisme
Aliran kubisme adalah aliran seni lukis yang menyederhadakan bentuk objek ke dalam bentuk-bentuk kubus dan bentuk-bentuk geometris dengan kebebasan dalam penataan elemen-elemen seni seperti warna, garis, bidang, dan lain-lain. Pelukis yang beraliran kubisme adalah Pablo Picasso, Srihadi, Fajar Sidik. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran kubisme.
seni-lukis-aliran-kubisme

9. Aliran Surealisme
Aliran Surealisme adalah aliran seni lukis yang menggambarkan suatu objek seperti dalam dunia mimpi atau khayalan dan imajinasi seniman. Bentuk-bentuk objek diolah, dideformasi, dan didistorsikan sesuai imajinasi seniman ke dalam bentuk-bentuk fantasi dan bentuk di luar logika. Pelukis yang beraliran surealisme antara lain; Carlo Carra, Salvador Dali, Gino Severini, Mark Chagall. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran surealisme.
seni-lukis-aliran-surealisme

10. Aliran Dadaisme
Aliran Dadaisme adalah aliran seni lukis yang mengungkapkan bentuk secara liar dan kekanak-kanakan. Karya lukis beraliran dadaisme memiliki ciri sinis, konyol, menggambarkan benda atau mesin sebagai manusia dan menolak estetika dalam karyanya. Seniman lukis yang beraliran dadaisme antara lain; paul Klee, Marcel Duchamp, Jean Arp. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran dadaisme.
seni-lukis-aliran-dadaisme

11. Aliran Abstrakisme
Aliran abstrakisme adalah aliran seni lukis yang menitik beratkan pada bentuk-bentuk imajinatif, tidak berbentuk atau nonfiguratif. Karya seni luikis aliran abstrakisme ini menampilkan unsur garis, bentuk, dan warna yang tidak terbatas pada bentuk-bentuk yang ada di alam. Seniman lukis yang beraliran abstrakisme adalah Piet Mondrian, Wassily Kandinsky, Jackson Pollock. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran abstrakisme.
seni-lukis-aliran-abstrak

12. Aliran Pop-Art
Aliran pop-art memiliki kemiripan dengan aliran dadaisme, yaitu wujud protes terhadap masyarakat yang terlalu bergaya hidup konsumtif, dalam mengekspresikan ide menggunakan unsur-unsur rupa berupa barang konsumsi sehari-hari masyarakat perkotaan. Seniman yang beraliran Pop-Art antara lain; Andy Warhol, Jasper John, George Segal. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran pop-art.
seni-lukis-aliran-pop-art

13. Aliran Optic-Art
Aliran optic-art ini menggunakan bentuk geometris yang disusun rapi berulang-ulang. Garis, bentuk, dan warna diatur dengan akurasi yang tepat untuk menghasilkan kesan tekstur dan ruang yang dapat mengelabuhi penglihatan. Jenis lukisan ini mengekspolitasi garis untuk membuat sebuah bentuk figur. Seniman yang beraliran optic-art antara lain; Victor Vasarely, Richard Anuszkiewicz. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran optic-art.
seni-lukis-aliran-optic-art

14. Aliran Posmodernisme
Aliran Posmodernisme lebih menekankan pada semantika (makna rupa) dan semiotika (permainan tanda rupa). Sebagian seniman dengan aliran ini bermain dengan metafora, parodi, komedi, satir dan semantika visual dalam berekspresi, bahkan ada pula yang mengadopsi gaya visual lama dengan gaya visual modern dengan berbagai macam bahan ungkapan (mix media). Seniman dengan aliran posmodernisme antara lain; Carlo Maria. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran posmodernisme.
seni-lukis-aliran-posmodernisme

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …