Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Aliran Seni Lukis dan Contoh lukisan

Jenis Aliran Seni Lukis dan Contoh lukisan - Seni lukis adalah seni yang mengekspresikan pengalaman artistik dan estetik seorang seniman dalam bidang dua dimensi. Dalam pembuatan karya lukis seniman lukis memiliki gaya atau aliran yang dianut atau dikuasainya dalam berkarya lukis. 

Jenis Aliran Seni Lukis

Berikut ini jenis aliran seni lukis dan contoh lukisan yang telah banyak dikenal dan banyak dianut seniman lukis.
1. Aliran Klasik
Aliran ini memiliki ciri-ciri penggambaran objek yang cenderung idealis dan berpusat pada objek manusia (homosentris) serta penggunaan warna yang lembut. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran klasik.
seni-lukis-aliran-klasik
Contoh seni lukis Aliran Klasik
2. Aliran Romantisme
Aliran Romantisme adalah aliran seni lukis yang mengambil dan menggunakan tema kejadian yang dramatik dan dahsyat serta tragedi yang menyentuh perasaan. Menggunakan warna yang romantis seperti biru, merah muda, hijau, kuning, serta penataan dan penyusunan elemen seni seindah mungkin. Tokoh aliran ini antara lain; Delacroix, Corot, Millet serta pelukis Indonesia yaitu Raden Saleh. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran romantisme.
seni lukis-aliran-romantisme
Contoh seni lukis Aliran Romantisme
3. Aliran Naturalisme
Aliran Naturalisme adalah aliran yang melukiskan objek secara alami sesuai wujud yang dilihat pada alam. Karya lukis aliran naturalisme dibuat sesuai apa yang dilihat mata, baik warna, susunan, perspektif dan lain-lain. Pelukis yang beraliran naturalisme antara lain; Rudolf Bonnet, Basuki Abdullah, Le Mayeur, dll. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran naturalisme.
seni-lukis-aliran-naturalisme
Contoh seni lukis Aliran Naturalisme
4. Aliran Realisme
Aliran Realisme adalah aliran yang mengungkapkan kejadian-kejadian yang sebenarnya atau nyata dan secara objektif seperti kenyataannya. Aliran realisme hampir sama dengan aliran naturalisme yaitu sama-sama menggambarkan objek apa adanya, namun seniman realisme cenderung memfokuskan objek dalam kehidupan sehari-hari mereka secara riil apa adanya. Seniman lukis yang beraliran realisme antara lain; Gustave Courbet, Honore Daumier. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran realisme.
seni-lukis-aliran-realisme
Contoh seni lukis Aliran Realisme
5. Aliran Impresionisme
Aliran ini lebih mengutamakan kesan sinar yang timbul karena pantulan oleh objek yang dilukis. Penganut aliran ini berusaha menangkap sinar yang cepat berubah, sehingga kesan yang timbul dari objek adalah warna-warna blok atau satu warna yang kuat, contohnya seperti warna hijau pada daun, biru pada langit, merah warna genting, meskipun sebenarnya warna-warna lain terdapat pada objek tersebut.

Jadi, aliran impresionisme ini mengutamakan kesan warna yang ditimbulkan oleh pantulan dari objek yang terkena sinar matahari, sehingga detail warna sebuah benda tidak diperjelas. Pelukis yang beraliran Impresionisme antara lain; Claude Monet, Edgar Degas, Renoir. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran impresionisme.
seni-lukis-aliran-impresionisme
Contoh seni lukis Aliran Impresionisme
6. Aliran Pointilisme
Aliran pointilisme adalah aliran lukis yang mengekspresikan perasaan dalam karya lukis dengan teknik pewarnaan titik-titik (point) warna yang membentuk sebuah objek. Aliran ini lebih memfokuskan kesan cahaya yang diungkapkan melalui warna yang disusun dari titik-titik. Hampir semua karya disusun dari warna yang dibentuk oleh titik-titik. Pelukis yang beraliran pointilisme antara lain; George Seurat, Paul Cezanne. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran pointilisme.
seni- lukis-aliran-pointilisme
Contoh seni lukis Aliran Pointilisme
7. Aliran Ekspresionisme
Aliran ini mengungkapkan pergolakan emosi atau perasaan seseorang kedalam sebuah lukisan. Penderitaan batin serta terhimpitnya perasaan akibat dari pengalaman dalam kehidupan atau lingkungan yang ditanggapi tidak hanya dengan panca indera, tetapi juga dengan jiwa. Ekspesi jiwa dan perasaan batin diungkapkan secara spontan dengan warna-warna yang dramatik serta garis-garis tegas dan mantab. Pelukis yang beraliran Ekspresionisme antara lain; Vincent van Gogh, Affandi, Popo Iskandar. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran ekspresionisme.
seni-lukis-aliran-ekspresionisme
Contoh seni lukis Aliran Ekspresionisme
8. Aliran Kubisme
Aliran kubisme adalah aliran seni lukis yang menyederhadakan bentuk objek ke dalam bentuk-bentuk kubus dan bentuk-bentuk geometris dengan kebebasan dalam penataan elemen-elemen seni seperti warna, garis, bidang, dan lain-lain. Pelukis yang beraliran kubisme adalah Pablo Picasso, Srihadi, Fajar Sidik. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran kubisme.
seni-lukis-aliran-kubisme
Contoh seni lukis Aliran Kubisme
9. Aliran Surealisme
Aliran Surealisme adalah aliran seni lukis yang menggambarkan suatu objek seperti dalam dunia mimpi atau khayalan dan imajinasi seniman. Bentuk-bentuk objek diolah, dideformasi, dan didistorsikan sesuai imajinasi seniman ke dalam bentuk-bentuk fantasi dan bentuk di luar logika. Pelukis yang beraliran surealisme antara lain; Carlo Carra, Salvador Dali, Gino Severini, Mark Chagall. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran surealisme.
seni-lukis-aliran-surealisme
Contoh seni lukis Aliran Surealisme
10. Aliran Dadaisme
Aliran Dadaisme adalah aliran seni lukis yang mengungkapkan bentuk secara liar dan kekanak-kanakan. Karya lukis beraliran dadaisme memiliki ciri sinis, konyol, menggambarkan benda atau mesin sebagai manusia dan menolak estetika dalam karyanya. Seniman lukis yang beraliran dadaisme antara lain; paul Klee, Marcel Duchamp, Jean Arp. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran dadaisme.
seni-lukis-aliran-dadaisme
Contoh seni lukis Aliran Dadaisme
11. Aliran Abstrakisme
Aliran abstrakisme adalah aliran seni lukis yang menitik beratkan pada bentuk-bentuk imajinatif, tidak berbentuk atau nonfiguratif. Karya seni luikis aliran abstrakisme ini menampilkan unsur garis, bentuk, dan warna yang tidak terbatas pada bentuk-bentuk yang ada di alam. Seniman lukis yang beraliran abstrakisme adalah Piet Mondrian, Wassily Kandinsky, Jackson Pollock. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran abstrakisme.
seni-lukis-aliran-abstrak
Contoh seni lukis Aliran Abstrakisme
12. Aliran Pop-Art
Aliran pop-art memiliki kemiripan dengan aliran dadaisme, yaitu wujud protes terhadap masyarakat yang terlalu bergaya hidup konsumtif, dalam mengekspresikan ide menggunakan unsur-unsur rupa berupa barang konsumsi sehari-hari masyarakat perkotaan. Seniman yang beraliran Pop-Art antara lain; Andy Warhol, Jasper John, George Segal. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran pop-art.
seni-lukis-aliran-pop-art
Contoh seni lukis Aliran Pop-Art
13. Aliran Optic-Art
Aliran optic-art ini menggunakan bentuk geometris yang disusun rapi berulang-ulang. Garis, bentuk, dan warna diatur dengan akurasi yang tepat untuk menghasilkan kesan tekstur dan ruang yang dapat mengelabuhi penglihatan. Jenis lukisan ini mengekspolitasi garis untuk membuat sebuah bentuk figur. Seniman yang beraliran optic-art antara lain; Victor Vasarely, Richard Anuszkiewicz. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran optic-art.
seni-lukis-aliran-optic-art
Contoh seni lukis Aliran Optic-Art
14. Aliran Posmodernisme
Aliran Posmodernisme lebih menekankan pada semantika (makna rupa) dan semiotika (permainan tanda rupa). Sebagian seniman dengan aliran ini bermain dengan metafora, parodi, komedi, satir dan semantika visual dalam berekspresi, bahkan ada pula yang mengadopsi gaya visual lama dengan gaya visual modern dengan berbagai macam bahan ungkapan (mix media). Seniman dengan aliran posmodernisme antara lain; Carlo Maria. Berikut ini contoh lukisan dengan aliran posmodernisme.

Posting Komentar untuk "Jenis Aliran Seni Lukis dan Contoh lukisan"