9 Unsur-Unsur Seni Musik Lengkap dengan Penjelasannya

9 Unsur-Unsur Seni Musik Lengkap dengan Penjelasannya - Sebuah lagu selain syair dan nada terdiri atas berbagai bagian yang membentuknya. Dengan menggabungkan berbagai unsur-unsur seni musik, sebuah lagu akan terdengar lebih indah. Berikut ini akan kami uraikan 9 unsur-unsur seni musik yang membentuk sebuah lagu lengkap dengan penjelasannya, diantaranya yaitu:

1. Notasi Musik
Nada tidak dapat dilihat atau diperlihatkan, tetapi dapat di dengar atau diperdengarkan. Nada adalah bunyi yang memiliki getaran teratur, dan untuk menuliskannya menggunakan notasi (simbol). Pada dasarnya, notasi hanya dapat melukiskan dua sifat nada, yaitu tinggi, rendah dan panjang, pendek. Warna nada dilukiskan dengan notasi, sehingga dengan notasi itu kita dapat mengenal, membaca, menulis, dan menyanyikan lagu.
unsur-unsur-seni-musik

2. Tanda Kunci
Kunci merupakan tanda yang digunakan pada garis paranada sebagai penunjuk letak titinada. Terdapat tiga macam tanda kunci, yaitu kunci G (digunakan untuk menulis nada-nada tinggi), kunci C, (digunakan untuk menulis nada-nada sedang), dan kunci F (digunakan untuk menulis nada-nada rendah).

3. Melodi
Melodi adalah rangkaian sejumlah nada atau bunyi menurut perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya. Melodi merupakan bentuk ungkapan penuh ataupun hanya penggalan ungkapan nada. Melodi yang baik yaitu melodi yang memiliki interval yang terjangkau oleh register setiap alat musik atau suara manusia, yaitu tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.

4. Ritme atau Irama
Ritme atau irama adalah gerak teratur karena munculnya aksen secara tetap. Irama akan lebih terasa indah karena adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan-satuan bunyi. Ritme merupakan aliran ketukan dasar yang teratur mengikuti beberapa variasi gerak melodi. Dengan mendengarkan lagu secara berulang-ulang kita akan merasakan ritmenya. Pola irama musik memberikan perasaan ritmis, karena irama adalah yang menggerakkan perasaan dan erat hubungannya dengan gerak fisik.

5. Harmony
Harmony adalah keselarasan paduan bunyi. Secara teknis, harmony meliputi susunan, peranan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk keseluruhan. Harmony mempunyai elemen interval akor. Akor adalah susunan nada apabila dibunyikan secara serentak akan terdengar harmonis. Akor mengiringi melodi lagu sebagai satu kegiatan yang utuh dan enak didengar. Jadi, melodi memenuhi aspek musik secara horizontal, sedangkan harmony memenuhi aspek hubungan nada-nada secara vertikal.
Baca juga:
6. Tempo
Tempo adalah cepat lambatnya sebuah lagu. Ukuran untuk menentukan tempo adalah beat. Beat, adalah ketukan dasar yang menunjukkan banyaknya ketukan dalam satu menit. Tanda tempo dibagi menjadi empat, yaitu; tenda tempo lambat , tanda tempo sedang, tanda tempo cepat, dan tanda tempo perubahan.

7. Dinamik
Dinamik adalah keras lembut lagu dan perubahannya. Tanda dinamik dibagi menjadi tiga, yaitu;
  • Tanda dinamik lembut, misalnya; Piano (p) = Lembut, Pianissimo (pp) = sangat lembut
  • Tanda dinamik sedang, misalnya; Mezzo piano (mp) = AGak lembut, Mezzo forte (mf) = Agak Keras
  • Tanda dinamik keras, misalnya; Forte (f) = Keras, Fortissimo (ff) = Sangat Keras
8. Tangga Nada
Tangga nada adalah susunan nada-nada yang bertingkat-tingkat tingginya. Antara nada-nada tersebut terdapat jarak tertentu. Ada yang jaraknya 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Jarak inilah yang akan menentukan kemungkinan variasi nada dan jenis tangga nada. Kalau kita suarakan do re mi fa sol la si do, berarti kita menyuarakan suatu urutan nada yang nada berikutnya lebih tinggi dari sebelumnya. Urutan itu dimulai dari salah satu nada dan diakhiri oleh nada yang sama tetapi tingginya berbeda 1 oktaf.

Tangga nada dibagi menjadi tiga, yaitu tangga nada diatonis , pentatonis, dan kromatis.

9. Ekspresi
Menyanyi merupakan ungkapan perasaan menggunakan alunan suara manusia dan kadang instrumen musik. Menyanyi dilakukan dengan perasaan, baik perasaan sedih, gembira, syahdu atau khitmad. Perasaan dalam lagu diungkapkan dengan tanda ekspresi. Tanda ekspresi antara lain sebagai berikut.

Nama-Nama Tanda Ekpresi
  • Agiato = Bersemangat, Gembira
  • Con Animo = Dengan Sungguh-sungguh
  • Con Animato = Dengan Berjiwa
  • Con Spirito = Dengan Semangat
  • Con Antabile = Dengan Berseru
  • Con Bravura = Dengan Gagah Perkasa
  • Vivace = Lincah, Hidup
  • Marcato = Dengan Tegas Bertekanan
  • Maestoso = Bersifat Luhur (Pada umumnya)
  • AMabile = Manarik
  • Contabile = Perasaan Merdu
  • Con AMore = Perasaan Kasih dan Cinta
  • Con Doloroso = Perasaan Pilu, Sedih, dan Susah Hati
  • Con Expresione = Dengan penuh perasaan
  • Con Sustenuto = Dengan Perasaan
Demikian ulasan kami tentang "9 Unsur-Unsur Seni Musik Lengkap dengan Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan manfaat bagi pembaca situs SeniBudayaku. Baca juga artikel seni menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Unsur-Unsur Seni Musik Lengkap dengan Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel