Skip to main content

Pengertian Aransemen Lagu dan Cara Membuat Aransemen

Pengertian Aransemen Lagu dan Cara Membuat Aransemen - Salam SeniBudayaku, pembaca situs senibudayaku pada kesempatan ini kami akan menjelaskan pengertian aransemen lagu dan cara membuat aransemen. Langsung saja pada pembahasan artikel kami berikut ini.

Pengertian Aransemen Lagu
Aransemen adalah gubahan lagu untuk orkes atau kelompok paduan musik, baik secara vokal maupun instrumental. Penataan musik atau pengerjaannya bukan hanya sekedar perluasan teknis, namun juga menyangkut pencapaian nilai artistik yang dikandungnya. Aransemen sering disingkat Arr. Seorang arranger/ penata musik dapat menggubah dengan gaya atau selera masing-masing aransemen vokal dapat dibawakan dalam bentuk duet, trio, ansambel, maupun orkes. Aransemen yang baik perlu ketekunan dalam berlatih. Seorang arranger harus mengerti benar tentang melodi serta karakternya, serta harmoni dan ilmunya.

Salah satu ilmu yang dipakai dalam mengaransemen adalah ilmu harmoni. Harmoni adalah ilmu tentang keselarasan bunyi. Dengan menguasai ilmu harmoni seseorang akan dapat membuat paduan-paduan nada dengan baik. Seorang arranger harus mengerti tentang rangkaian akor, balikan, dan jembatan akor dalam perpindahan dari akor satu dengan akor yang lain.

Sebuah lagu akan lebih menarik jika disajikan dengan harmoni yang ditunjukkan dengan penerapan akor-akor. Penggunaan akor untuk mengiri sebuah lagu terlebih dahulu harus memperhatikan tangga nada yang dipakai, melodi, frase lagu, dan arah gerak akor.

Baca juga:
Pengertian Notasi Angka dan Notasi Balok dalam Seni Musik
Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya

Cara Membuat Aransemen
Tujuan penataan sumber bunyi dalam membuat aransemen adalah untuk mencapai nilai artistik tanpa harus kehilangan karakter musiknya. Dalam membuat aransemen diperlukan ketekunan, kepekaan, dan latihan terus menerus. Seorang arranger harus mengerti tentang ilmu melodi, ritme, harmoni, dan karakter instrumen.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat aransemen, yaitu sebagai berikut.
  • Menentukan Melodi Pokok
Melodi pokok harus ditentukan terlebih dahulu untuk mengetahui jenis aransemen yang akan digunakan. Aransemen dapat ditentukan dalam bentuk dua, tiga, atau empat suara dengan memecah melodi yang sudah ada atau harmoni dari lagu tersebut.
  • Menentukan Akor
Menentukan akor-akor yang akan digunakan. Dengan mengetahui akor-akor yang akan digunakan, arranger dapat membuat aransemen yang bervariasi.
  • Menentukan Irama atau Ritme
Pada tahap ini, seorang arranger dapat menentukan irama atau ritme yang dikehendaki. Irama yang akan digunakan dapat mengubah ritme atau irama yang sebelumnya digunakan. Misalnya lagu pop diaransemen dalam bentuk dangdut, secara tidak langsung ritme yang digunakan akan berbeda dari sebelumnya.
  • Menentukan Instrumen yang Sesuai
Tentukan instrumen yang akan digunakan untuk memainkan jenis aransemen yang telah dibuat.
  • Mencoba Hasil Aransemen Sesuai Bentuknya
Sebuah aransemen yang baik adalah hasil perkembangan atau proses yang panjang. Salah satu cara untuk mengetahui hasil aransemen yang telah dibuat adalah dengan mencoba sesuai jenis aransemen secara bersama-sama. Dengan cara ini, kalian akan mengetahui bagian-bagian yang kurang pas untuk memperbaikinya.

Demikian pembahasan kami tentang "Pengertian Aransemen Lagu dan Cara Membuat Aransemen" yang dapat kami sampaikan. Semoga artike ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan manfaat bagi pembaca. Baca juga artikel seni menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.


Comments