Skip to main content

Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya

Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya - Pecinta musik Nusantara, pada kesempatan ini kami akan membahas materi karya musik Nusantara yang akan kami fokuskan pada pembahasan pengertian musik ansambel dan jenis-jenis alat musik yang digunakan. Lebih jelasnya simak uraian kami berikut ini.

Pengertian Musik Ansambel
Kata Ansambel berasal dari bahasa Perancis (ensamble), yang artinya bersama-sama. Dari pengertian di atas, kata ansambel dapat diartikan permainan musik secara bersama-sama, baik menggunakan alat musik sejenis, maupun alat musik campuran.

Musik ansambel bukan sekedar membunyikan alat musik secara bersama-sama, melainkan bunyi yang diatur keselarasannya dengan membaca partitur. Ansambel musik adalah penyajian musik secara bersama-sama dengan beberapa alat musik, yang dibunyikan secara harmonis kemudian alat musik yang digunakan adalah non elektrik. Dalam penyajian alat musik ansambel diperlukan seorang deligent atau konduktor sebagai pemimpin agar lebih kompak.

Jenis-Jenis Alat Musik Ansambel

jenis-alat-musik-ansambel

Penggolongan alat musik dapat dibedakan menjadi 3 golongan, antara lain sebagai berikut:

a. Alat Musik Ansambel menurut Fungsinya
Menurut fungsinya jenis alat musik ansambel dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:
  1. Alat Musik Melodis, yaitu alat musik yang memiliki fungsi untuk memainkan susunan nada atau melodi lagu (alat musik yang memiliki deretan nada-nada). Contohnya; pianika, biola, recorder, flute, belira, dll.
  2. Alat Musik Harmonis, yaitu alat musik yang fungsinya untuk mengiringi lagu atau mengharmonisasikan lagu. Contohnya; gitar, organ, piano, keyboard, dll.
  3. Alat Musik Ritmis, yaitu alat musik yang fungsinya untuk menstabilkan irama (mengatur irama atau tempo lagu). Biasanya hanya mempunyai suara tunggal yang tidak mempunyai unsur deretan nada-nada. Contohnya; ketipung, tambore, bass drum, kendang, dll.
Baca juga:
b. Alat Musik Ansambel menurut Sumber Bunyinya
Menurut sumber bunyinya jenis alat musik dibedakan menjadi 5 macam, yaitu:
  1. Aerophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara, biasanya dimainkan dengan cara ditiup. Contohnya; pianika, terompet, harmonika, recorder.
  2. Chordhophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari senar, tali, kawat, dawai, dan dimainkan dengan cara digesek atau dipetik. Contohnya; biola, siter, gitar, harpa, rebab, mandolin, dll.
  3. Membranophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput tipis, kulit, plastik, atau mika, dan dimainkan dengan cara ditepuk atau dipukul. Contohnya; drum, kendang, ketipung, rebana, tamburin, dll.
  4. Idiophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari lempeng logam, atau kayu dan dimainkan dengan cara dipukul. Contohnya; Gong, kulintang, belira, xylophone, dan sebagainya.
  5. Elektrophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari listrik (baterai). Contohnya; organ, keyboard, gitar listrik, dll.
c. Alat Musik Ansambel menurut Cara Memainkan
Menurut cara memainkan jenis alat musik dapat dibedakan, yaitu dimainkan dengan cara;
  1. Ditiup, Contohnya; recorder, pianika, flute, terompet, saxophone, dll.
  2. Dipetik, Contohnya; gitar, harpa, kecapi, cak, cuk, siter, dll.
  3. Digesek, Contohnya; biola, rebab, cello.
  4. Dipukul, Contohnya; drum, cymbal, kulintang, dll.
  5. Digoyangkan, Contohnya; angklung, ringbell.
  6. Ditekan, Contohnya; piano, organ.
  7. Ditepuk, Contohnya; kendang, ketipung, tifa.
Demikian pembahasan materi seni musik tentang "Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya" yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan bagi pembaca. Baca juga artikel seni menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments