Skip to main content

Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya

Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya - Pecinta musik Nusantara, pada kesempatan ini kami akan membahas materi karya musik Nusantara yang akan kami fokuskan pada pembahasan pengertian musik ansambel dan jenis-jenis alat musik yang digunakan. Lebih jelasnya simak uraian kami berikut ini.

Pengertian Musik Ansambel
Kata Ansambel berasal dari bahasa Perancis (ensamble), yang artinya bersama-sama. Dari pengertian di atas, kata ansambel dapat diartikan permainan musik secara bersama-sama, baik menggunakan alat musik sejenis, maupun alat musik campuran.

Musik ansambel bukan sekedar membunyikan alat musik secara bersama-sama, melainkan bunyi yang diatur keselarasannya dengan membaca partitur. Ansambel musik adalah penyajian musik secara bersama-sama dengan beberapa alat musik, yang dibunyikan secara harmonis kemudian alat musik yang digunakan adalah non elektrik. Dalam penyajian alat musik ansambel diperlukan seorang deligent atau konduktor sebagai pemimpin agar lebih kompak.

Jenis-Jenis Alat Musik Ansambel

jenis-alat-musik-ansambel

Penggolongan alat musik dapat dibedakan menjadi 3 golongan, antara lain sebagai berikut:

a. Alat Musik Ansambel menurut Fungsinya
Menurut fungsinya jenis alat musik ansambel dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:
  1. Alat Musik Melodis, yaitu alat musik yang memiliki fungsi untuk memainkan susunan nada atau melodi lagu (alat musik yang memiliki deretan nada-nada). Contohnya; pianika, biola, recorder, flute, belira, dll.
  2. Alat Musik Harmonis, yaitu alat musik yang fungsinya untuk mengiringi lagu atau mengharmonisasikan lagu. Contohnya; gitar, organ, piano, keyboard, dll.
  3. Alat Musik Ritmis, yaitu alat musik yang fungsinya untuk menstabilkan irama (mengatur irama atau tempo lagu). Biasanya hanya mempunyai suara tunggal yang tidak mempunyai unsur deretan nada-nada. Contohnya; ketipung, tambore, bass drum, kendang, dll.
Baca juga:
b. Alat Musik Ansambel menurut Sumber Bunyinya
Menurut sumber bunyinya jenis alat musik dibedakan menjadi 5 macam, yaitu:
  1. Aerophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara, biasanya dimainkan dengan cara ditiup. Contohnya; pianika, terompet, harmonika, recorder.
  2. Chordhophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari senar, tali, kawat, dawai, dan dimainkan dengan cara digesek atau dipetik. Contohnya; biola, siter, gitar, harpa, rebab, mandolin, dll.
  3. Membranophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput tipis, kulit, plastik, atau mika, dan dimainkan dengan cara ditepuk atau dipukul. Contohnya; drum, kendang, ketipung, rebana, tamburin, dll.
  4. Idiophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari lempeng logam, atau kayu dan dimainkan dengan cara dipukul. Contohnya; Gong, kulintang, belira, xylophone, dan sebagainya.
  5. Elektrophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari listrik (baterai). Contohnya; organ, keyboard, gitar listrik, dll.
c. Alat Musik Ansambel menurut Cara Memainkan
Menurut cara memainkan jenis alat musik dapat dibedakan, yaitu dimainkan dengan cara;
  1. Ditiup, Contohnya; recorder, pianika, flute, terompet, saxophone, dll.
  2. Dipetik, Contohnya; gitar, harpa, kecapi, cak, cuk, siter, dll.
  3. Digesek, Contohnya; biola, rebab, cello.
  4. Dipukul, Contohnya; drum, cymbal, kulintang, dll.
  5. Digoyangkan, Contohnya; angklung, ringbell.
  6. Ditekan, Contohnya; piano, organ.
  7. Ditepuk, Contohnya; kendang, ketipung, tifa.
Demikian pembahasan materi seni musik tentang "Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya" yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan bagi pembaca. Baca juga artikel seni menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

  1. Ingin Berpeluang Menjadi Jutawan Dengan Modal Yang Minim?
    Buruan Join Bersama Agen Bandar Kartu Online Terbaik ZoyaQQ.org
    Raih jutaan Rupiah Selama Disini
    - Bouns Rolingan Terbesar - Bonus Referall Seumur Hidup
    - Minimal Depo & WD Rp.20.000
    - Cs Berpengalaman Yang Siap Melayanin Bosku 24Jam
    Info Selengkapnya Bisa Langsung Hubungin
    BBM D8B82A86
    WA : +85515370075

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …