Skip to main content

Pengertian Seni Rupa dan Ragam Karya Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa dan Ragam Karya Seni Rupa - Salam budaya, Pembaca situs SeniBudayaku yang berbahagia, untuk lebih mengenal dan memahami dunia seni rupa tentunya harus tau apa itu pengertian seni rupa dan apa saja ragam karya seni rupa. Lebih jelasnya simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian Seni Rupa
Seni Rupa adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media; titik, garis, bentuk, bidang, warna, gelap terang, dan tekstur yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu. Seni Rupa merupakan cabang seni yang dapat dinikmati melalui indera penglihatan. Seni menurut beberapa ahli diartikan sebagai gagasan manusia yang diekspresikan melalui pola kelakuan tertentu sehingga menghasilkan karya yang indah dan bermakna. Karya yang indah dan bermakna tersebut dalam seni rupa diwujudkan dalam berbagai bentuk karya seni lukis, seni patung, seni kriya, seni fotografi, seni dekorasi, seni bangunan, seni grafis dan sebagainya. Wujud karya seni rupa secara lebih jelasnya akan kami bahas pada ragam karya seni rupa di bawah ini.
ragam-karya-seni-rupa

Ragam Karya Seni Rupa
Karya seni rupa sangat beragam. Bedasarkan objeknya, ada seni rupa dengan objek manusia, binatang, tumbuhan, dan alam. Berdasarkan temanya ada yang bertema kehidupan hewan, manusia dan kegiatannya, dan ada juga yang bertemakan alam, serta masih banyak lagi. Dilihat dari wujudnya, seni ada yang berwujud dua dimensi (gambar, lukisan, grafis) dan ada tiga dimensi (patung, kriya, desain).

1. Gambar
Menggambar merupakan proses merekam objek ke dalam bidang dua dimensi melalui media titik, garis, bentuk, bidang, warna, gelap terang, dan tekstur yang ditata melalui prinsip-prinsip seni rupa dengan kriteria antara lain; kemiripan/ ketepatan bentuk dan warna, dengan memperhatikan proporsi, komposisi, perspektif, gelap terang, serta bayang-bayang objek yang digambar. Jadi, menggambar itu bersifat objektif. Contoh gambar yaitu; gambar model, gambar ilustrasi, gambar bentuk, dan ragam hias.
Baca juga :
2. Lukisan
Seni Lukis adalah cabang seni rupa yang pengungkapan pengalaman artistiknya melalui bidang dua dimensional.

Berbeda dengan menggambar, melukis lebih bersifat subjektif. Seorang pelukis memiliki kebebasan untuk menafsirkan objek, kemudian mengekspresikan gagasannya ke dalam sebuah karya lukis yang digarap berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa. Kemampuan menggarap dan penguasaan bahan serta alat merupakan aspek utama. Corak karya seni lukis ada yang bersifat realis (nyata), dekoratif, ekspresif, dan abstrak.
Baca juga :
3. Grafis
Seni grafis adalah membuat gambar dua dimensi dengan alat cetak (klise). Di dalam kegiatan ini, seorang pencipta masih tetap dapat memasukkan nilai-nilai estetis ke dalam karya, terutama di dalam membuat cetakannya. Pada masa kini, grafis sering dilakukan dengan komputer. Grafis banyak dipakai untuk membuat iklan, desain logo, poster, sampul kaset, atau kartu undangan.

4. Seni Patung
Seni patung adalah pembabaran ekspresi, ide, dan gagasan ke dalam karya seni rupa tiga dimensi. Patung merupakan bentuk-bentuk yang indah, yang sering kali berupa tiruan bentuk manusia dan binatang. Patung dapat dibuat dengan teknik pahat, cetak, tempel, dan teknik las. Patung sudah menjadi bagian peradaban manusia sejak zaman dahulu. Awalnya patung berfungsi religius, tapi sekarang kebanyakan bersifat estetis.

5. Seni Kriya
Seni Kriya atau kerajinan adalah suatu usaha membuat barang-barang hasil pekerjaan tangan (hasta karya). Karya seni kriya adalah karya seni rupa yang sangat beragam di Indonesia. Bahan-bahan untuk membuat karya seni kriya didapatkan dari bahan-bahan yang ada di alam dan juga bahan buatan manusia, antara lain; kayu, bambu, rotan, logam, tanah liat, kulit, dan lain-lain. Karya seni kriya Nusantara salah satu contohnya adalah anyaman tas, tikar, topi. Ada juga yang berwujud gerabah seperti tempayan, celengan, mangkuk, dan lain-lain.
Baca juga :
6. Seni Desain
Seni Desain adalah hasil pengembangan seni kriya . Bedanya, seni desain lebih mengkhususkan dalam bidang perencanaan suatu hasil kerja seni. Biasanya hasil yang didapat adalah seni terapan. Seniman yang menggeluti seni ini dituntut ketelitian yang ekstra.

Demikian pembahasan kami tentang "Pengertian Seni Rupa dan Ragam Karya Seni Rupa" yang kami rangkum dari berbagai sumber buku terpercaya. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan manfaat bagi pembaca. Baca juga artikel seni menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …