Skip to main content

Teknik Menggambar Manusia dan Aktifitasnya

Teknik Menggambar Manusia dan Aktifitasnya - Salah satu objek yang paling menarik untuk digambar adalah bentuk manusia dengan berbagai usia, mimik, karakter, gerak dan kehidupan sosialnya. Ada beberapa fokus yang perlu diperhatikan dalam menggambar manusia. Yaitu, Proporsi, otot, jenis kelamin, dan posisi tubuh (sudut pandang penggambar). Dalam memulai menggambar manusia, pada tahap awal kita harus memilih proporsi tubuh manusia yang ideal dulu, terutama perbandingan antara kepala, badan, dan anggota badan. Setelah itu meningkat pada menggambar torso (bentuk badan), dan berbagai posisi tubuh.

Azas Menggambar
Dalam menggambar bentuk entah bentuk manusia ataupun objek-objek alam lainnya, yang perlu diperhatikan adalah pemahaman kita terhadap azas menggambar. Karena dalam menggambar terdapat azas yang perlu diperhatikan agar hasil gambaran kita sesuai dengan prinsip-prinsip menggambar yang lazim. Dengan menerapkan azas atau prinsip menggambar, diharapkan gambar yang dihasilkan dapat lebih komunikatif, jelas, tertib, dan indah dibandingkan menggambar menggambar secara bebas. Azas menggambar tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Skala dan Dimensi
Skala adalah perbandingan objek gambar sesungguhnya dengan objek di dalam bidang gambar. Skala merupakan hal penting dalam menggambar agar hasil gambar tidak terlihat janggal dan tetap wajar dibandingkan dengan wujud objek sebenarnya. Skala juga dapat dicapai melalui perbandingan harmonis objek gambar itu sendiri, seperti perbandingan ukuran tubuh manusia, sudut pandang menggambar, posisi objek, maupun efek perspektif objek gambar.

Dimensi adalah matra gambar bercitra dua atau tiga dimensional yang dapat dicapai melalui ukuran kesebandingan dengan objek lainnya dalam bidang gambar. Objek yang dekat dengan penggambar digambar lebih besar dari pada objek yang jauh dari mata penggambar.

2. Proporsi
Proporsi tubuh manusia adalah kesebandingan antara berbagai bagian tubuh manusia secara ideal, sehingga memperoleh keseimbangan harmonis keseluruhan tubuhnya. Namun demikian, ada pula mereka yang dikaruniai tubuh yang kurus, pendek, gemuk, bongkok, dan bermacam-macam bentuk tubuh lainnya. Bentuk-bentuk tubuh seperti itu tidak ideal, namun mencerminkan keragaman manusia. Berikut ini perbandingan proporsional antara tubuh anak-anak dan manusia dewasa norman yang perlu diperhatikan dalam menggambar manusia.

perbandingan proporsi tubuh manusia
Proporsi Tubuh Manusia

Untuk memudahkan dalam menggambar proporsi manusia biasakan latihan membuat sketsa manusia dalam berbagai posisi.

sketsa gambar manusia

3. Komposisi
Dalam menggambar aktifitas manusia pertimbangan komposisi amatlah penting. Hal ini tergantung tujuan menggambar seseorang, apakan akan menonjolkan objek tertentu, mengaburkan objek tertentu, atau untuk membangun aspek dinamis suatu ruang gambar. Komposisi dapat dilakukan dengan menempatkan gambar secara memusat, simetris, kontras, acak, terpotong, berirama, ataupun memperbesar objek gambar. Komposisi gambar dapat diatur melalui warna bjek gambar, bentuk objek gambar, jenis objek gambar, ataupun latar gambar.

4. Ruang, Bayangan, dan Kedalaman
Sebuah gambar akan lebih hidup, jika faktor kedalaman, bayangan, dan ruang diperhatikan secara logis. Ruang dapat terbentuk karena efek garis atau akibat adanya efek bayangan. Garis yang tidak logis atau bermakna ganda akan membingungkan persepsi dalam memandang gambar.

Berikut ini tahap menggambar manusia dan aktifitasnya.

sketsa gambar aktifitas manusia
Gambar manusia dan Aktifitasnya
  1. Pertama buatlah sketsa awal dengan menggambar objek secara global. Buatlah susunan objek gambar secara sederhana dengan cara mengkotak-kotakkan objek, dengan tujuan menentukan skala dan dimensi gambar sebelum dibuat detailnya.
  2. Selanjutnya buatlah detail gambar dengan cara memperjelas bentuk susunan komposisi sketsa awal tadi. Lakukan dengan memperbaiki proporsi dan anatomi tubuh manusia secara sederhana.
  3. Perjelas detail gambar bagian demi bagian objeknya, dan berikan arsiran atau pewarnaan untuk menentukan ruang, bayangan dan kedalaman objek.
Baca juga:
Cara Menggambar Binatang Berkaki Empat
Jenis-Jenis Gambar, Fungsi dan Unsur Gambar yang Perlu Kalian Ketahui
Macam-Macam Alat dan Media Gambar Seni Rupa

Demikian artikel tentang "Teknik Menggambar Manusia dan Aktifitasnya". Baca juga artikel seni menggambar lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments