35 Contoh Poster Desain Grafis dan Poster Gambar Tangan yang Kreatif

35 Contoh Poster Desain Grafis dan Poster Gambar Tangan yang Kreatif - Poster merupakan salah satu media publikasi/ Promosi yang merupakan salah satu bagian dari reklame. Poster banyak kita temui di tempat-tempat umum dengan tujuan untuk memperkenalkan, mempromosikan, mengumumkan suatu hal dalam bentuk gambar dan tulisan yang berisi pesan ajakan, himbauan,  pengumuman, atau promosi suatu produk.

Poster dapat dibuat menggunakan media komputer dan juga secara manual gambar tangan. Pembuatan poster menggunakan komputer memerlukan keahlian desain grafis menggunakan sofware komputer grafis seperti corel draw, photoshop, dan lain-lain, yang umumnya digunakan dalam pembuatan desain poster secara komersial. Pembuatan poster secara manual gambar tangan umumnya digunakan sebagai kegiatan belajar/ latihan di sekolah. Berikut ini akan kami ulas beragam Contoh Poster Desain Grafis dan Poster Gambar Tangan yang Kreatif, yang dapat kalian gunakan sebagai bahan latihan dalam berkarya poster.
Contoh-Menggambar-Poster-Tema-Nasionalisme

Sebelum membahas tentang contoh poster karya desain grafis dan gambar poster manual tangan perlu kita ketahui dulu, apa pengertian poster? apa tujuan poster? dan apa jenis-jenis poster?

Pengertian Poster

Poster adalah salah satu media publikasi yang memuat tulisan, gambar ataupun komposisi antara gambar dan tulisan dengan tujuan menyampaikan pesan/ informasi kepada masyarakat/ khalayak ramai. Poster dibuat dalam berbagai macam ukuran sesuai dengan kebutuhan. Penempatan poster tergantung dari bahan dan media yang digunakan. Ada poster yang sering ditempelkan di dinding jika menggunakan media kertas. Poster juga sering diberi papan penyangga dari kayu atau bambu bila ukurannya besar dan dipasang ditempat-tempat umum yang ramai agar pesan dan informasi yang ada di dalam poster tersebut dapat tersampaikan kepada masyarakat.

Poster merupakan sarana untuk menyampaikan pesan. Untuk membuat poster diperlukan tema. Tema berfungsi untuk mengarahkan dalam visualisasi gambar dan kata. Berdasarkan tema tersebut maka diperoleh isi pesan yang ingin disampaikan. Dengan demikian tema memiliki peran yang penting dalam membuat poster. Pada poster gambar dan kata disusun secara proporsional sehingga pesan yang disampaikan dapat dengan mudah ditangkap oleh pembaca.

Bahan dan media poster sekarang ini telah berkembang dengan pesat. Poster tidak hanya dapat dibuat secara manual, tetapi dapat menggunakan alat bantu komputer. Pembuatan poster dengan komputer sangat memungkinkan untuk membuat kata yang lebih variatif bentuknya. Gambar yang digunakan juga dapat disesuaikan dengan lebih kreatif sesuai tema poster.

Membuat poster saat ini telah menjadi profesi yang menjanjikan secara ekonomi. Sebagai contoh, pembuat poster film hollywood dibayar sangat mahal. Di negara maju desainer grafis pembuat poster menjadi profesi yang menjanjikan untuk masa depan.

Syarat Poster Yang Baik
Poster yang baik memiliki syarat sebagai berikut;
  • Menarik perhatian mata, dengan kombinasi gambar dan tulisan yang kontras akan menarik perhatian mata.
  • Memiliki kesatuan utuh antara gambar dan tulisan yang ditampilkan.
  • Berisi pesan yang ditulis sesingkat mungkin tetapi memiliki pesan yang kuat dan jelas. 
  • Menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
  • Menggunakan bahan/ media yang tidak mudah rusak
  • Ukuran, media serta bahan poster disesuaikan penempatannya.
Tujuan Poster
Tujuan dari dari pembuatan poster adalah sebagai media publikasi untuk menyampaikan pesan informasi yang dapat bersifat promosi (pengenalan produk/ objek), himbauan, ajakan, ataupun mengkapanyekan suatu hal agar masyarakat dapat mengetahui dan tertarik untuk melakukan apa yang disampaikan dalam poster tersebut. Secara umum poster dapat digunakan untuk tujuan komersial, mencari simpati/ perhatian masyarakat, dan tujuan mengkampanyekan suatu hal, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Poster

Secara umum jenis poster menurut tujuan pembuatannya dapat dikategorikan ke dalam dua jenis poster, yaitu poster komersial dan poster nonkomersial. Poster komersial adalah jenis poster yang bertujuan untuk memperomosikan suatu produk atau jasa. Poster komersial biasanya dibuat untuk promosi dalam bidang niaga. Poster NonKomersial adalah jenis poster yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat himbauan, ajakan, anjuran, pengumuman untuk melakukan sesuatu yang diharapkan pembuat poster.
Berikut ini macam-macam poster menurut tujuan dan isi poster;

1. Poster Niaga
Poster niaga adalah poster yang dibuat dengan tujuan promosi dalam bidang perniagaan sebagai media promosi untuk menawarkan suatu produk, atau jasa.

jenis-jenis poster 1

2. Poster Propaganda
Poster propaganda adalah poster yang bertujuan untuk mengembalikan semangat perjuangan, atau usaha seseorang dalam melakukan sesuatu yang dicita-citakan.

3. Poster Kegiatan
Poster kegiatan adalah poster yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang suatu kegiatan tertentu agar masyarakat tertarik untuk mengikuti atau berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

4. Poster Layanan Masyarakat
Poster layanan masyarakat adalah poster yang bertujuan menyampaikan pesan yang bersifat layanan masyarakat dari lembaga atau instansi tertentu.

jenis-jenis poster 2

5. Poster Kampanye
Poster kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati publik terhadap objek yang disampaikan. Maksud dari poster ini adalah untuk mencari perhatian agar masyarakat mengenal kemudian tertarik terhadap objek yang disampaikan.

6. Poster Pendidikan
Poster pendidikan adalah poster yang bertujuan memberikan informasi yang bersifat mendidik atau berhubungan dengan pendidikan. Poster ini dapat berisi slogan-slogan untuk memotivasi pembaca, ataupun berisi layanan dalam bidang pendidikan.

7.  Poster Karya Seni
Poster karya seni adalah poster yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang kegiatan atau aktifitas seni. Poster ini dapat digunakan sebagai media komunikasi sekaligus media ekspresi bagi pelajar dan mahasiswa seni dalam menuangkan ide kreatifitas mereka.

8. Poster Dicari/ “Wanted”
Poster dicari/ "Wanted" adalah jenis poster yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang sesuatu yang sedang dicari. Poster ini pada dasarnya digunakan untuk memuat sayembara bagi masyarakat yang menemukan sesuatu (benda/ orang) yang sedang dicari oleh seseorang, instansi, lembaga, dan lain sebagainya.

jenis-jenis poster 3

9. Poster “Cheesecake”
Poster " Cheesecake" adalah poster yang bertujuan untuk mempopulerkan sosok artis, legenda, atau seseorang yang memiliki pengaruh terhadap sekelompok masyarakat.

10. Poster Film
Poster film adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memopularkan film-film yang diproduksi dalam industri perfilman. Poster film ini biasanya dibuat dengan menggunakan kecanggihan teknologi dan profesionalisme yang tinggi serta desainer-desainer terbaik yang sengaja disewa sehingga hal tersebut memperlihatkan adanya kemampuan finansial yang sangat tinggi dari industri perfilman. Isi dari poster film ini biasanya berupa gambar pemeran utama, nama pemeran utama, sutradara, dan kru film utama lainnya.

jenis-jenis poster 4

11. Poster Komik
Poster komik ini digunakan untuk memopularkan buku komik yang semapat mengalami masa kejayaan di tahun 1960-an. Untuk itu, poster komik pun dilancarkan sehingga menuai berbagai apresiasi di kalangan pembaca buku.

12. Poster Afirmasi

Poster afirmasi adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memotivasi pembacanya dengan menggunakan kata-kata yang tertulis di poster tersebut. Kata-kata yang tertulis dalam poster itu biasanya mengenai kepemimpinan, kesempatan, dan lain sebagainya.

13. Poster Riset atau Kegiatan Ilmiah

Poster riset adalah poster yang bertujuan untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset atau kegiatan ilmiah sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut andil dalam mengapresiasi kegiatan tersebut.

14. Poster Kelas
Poster kelas adalah poster yang bertujuan untuk memberikan semangat, motifasi, himbauan, ataupun ajakan kepada siswa disuatu ruangan kelas agar termotifasi sesuai ajakan pada isi poster.  Jenis poster yang berasal dari Amerika ini digunakan untuk memotivasi pelajar agar bisa belajar dengan baik dan termotivasi untuk mencapai cita-cita yang diharapkannya.

35 Contoh Poster Desain Grafis dan Poster Gambar Tangan yang Kreatif akan kami sajikan pada pembahasan kali ini. Poster karya desain grafis adalah poster yang dikerjakan menggunakan alat bantu komputer menggunakan software grafis khusus untuk mengolah gambar dan tulisan, seperti coreldraw, photoshop, freehand, dan lain-lain. Poster karya desain grafis umumnya digunakan untuk pembuatan poster komersial. Sedangkan gambar poster manual adalah poster yang dikerjakan secara manual keterampilan tangan menggunakan alat gambar seperti pensil, pulpen, penggaris, dan pewarna. Poster manual gambar tangan merupakan salah satu materi belajar di tingkat sekolah menengah. Berikut ini beberapa contoh poster desain grafis dan poster manual aneka tema yang dapat kalian jadikan inspirasi dalam berkarya gambar poster.
Baca juga:
Contoh Poster Kesehatan
contoh-desain-poster-kesehatan
Contoh Poster Kesehatan Karya Desain Grafis
Contoh Poster kesehatan karya desain grafis di atas merupakan salah satu contoh karya poster yang dikerjakan menggunakan ketrampilan desain grafis menggunakan software grafis komputer. Untuk membuatnya diperlukan ketrampilan desain grafis. Contoh poster di atas sebenarnya termasuk sederhana dan mudah dibuat. Bagi kalian yang sudah terampil membuat desain poster tentu dapat membuat desain poster yang lebih menarik dan kreatif.
 
Contoh-Menggambar-Poster-Tema-Kesehatan
Contoh Poster Kesehatan Karya Gambar Tangan
Contoh poster kesehatan karya gambar tangan di atas merupakan gambar poster yang dikerjakan menggunakan keterampilan tangan. Untuk membuat gambar poster di atas diperlukan keterampilan menggambar dan mewarnai. Karya gambar poster ini hanya sebagai contoh bagi kalian yang belajar menggambar poster dengan tema kesehatan.

Contoh Poster Pendidikan

contoh-desain-poster-pendidikan
Contoh Poster Pendidikan Karya Desain Grafis
Contoh poster pendidikan karya desain grafis di atas merupakan salah satu contoh poster yang dikerjakan melalui komputer dengan keterampilan desain grafis. Bagi kalian yang sedang belajar membuat poster, contoh  poster di atas dapat kalian jadikan sebagai inspirasi dalam membuat poster pendidikan yang lebih baik lagi.
contoh-menggambar-poster-pendidikan-2
Contoh Poster Pendidikan Karya Gambar Tangan
Bagi Kalian yang mempunyai tugas berkarya poster dengan tema pendidikan. Contoh poster pendidikan di atas merupakan salah satu contoh karya poster gambar tangan dengan tema pendidikan yang cukup menarik untuk dibuat. Membuat poster pendidikan tentang ..... dapat kalian rancang melalui kreasi kalian yang lebih baik lagi.

Contoh Poster Lingkungan
Contoh-Desain-Poster-Kebersihan-Lingkungan
Contoh Poster Lingkungan Karya Desain Grafis
Contoh poster lingkungan karya desain grafis di atas merupakan salah satu contoh poster yang cukup menarik, dengan kombinasi gambar dan tulisan yang kontras sangat menarik perhatian mata.

Contoh-Menggambar-Poster-Kebersihan-Lingkungan-2
Contoh Poster Lingkungan Karya Gambar Tangan

Contoh poster lingkungan karya gambar tangan di atas dapat kalian jadikan inspirasi dalam mencari ide untuk membuat poster dengan tema lingkungan yang lebih kreatif dan menarik lagi.
Contoh Poster Kebudayaan

contoh-desain-poster-kebudayaan
Contoh Poster Kebudayaan Karya Desain Grafis
Contoh Poster di atas merupakan salah satu contoh poster kebudayaan karya desain grafis yang bertujuan untuk mempromosikan kesenian tari kreasi dari pasundan. Beragam jenis kebudayaan dari daerah di Indonesia dapat kalian angkat menjadi tema dalam berkarya desain poster dengan tema kebudayaan.

Contoh-Menggambar-Poster-Kebudayaan
Contoh Poster Kebudayaan Karya Gambar Tangan
Contoh gambar poster di atas merupakan salah satu contoh karya poster dengan tema kebudayaan yang dikerjakan dengan teknik gambar tangan secara manual. Bagi kalian yang memiliki tugas berkarya menggambar poster dengan tema kebudayaan, contoh poster di atas merupakan kreasi gambar poster hasil gambar tangan.

Contoh Poster Keluarga Berencana

contoh-desain-poster-keluarga-berencana
Contoh Poster Keluarga Berencana Karya Desain Grafis

contoh-menggambar-poster-keluarga-berencana
Contoh Poster Keluarga Berencana Karya Gambar Tangan

Contoh Poster Niaga

contoh-desain-poster-niaga
Contoh Poster Niaga Karya Desain Grafis

contoh-menggambar-poster-niaga
Contoh Poster Niaga Karya Gambar Tangan

Contoh Poster Anti Narkoba


contoh-desain-poster-anti-narkoba
Contoh Poster Anti Narkoba Karya Desain Grafis

contoh-menggambar-poster-anti-narkoba
Contoh Poster Anti Narkoba Karya Gambar Tangan
Contoh Poster Penghijauan

contoh-desain-poster-penghijauan-2
Contoh Poster Penghijauan Karya Desain Grafis

Contoh-Menggambar-Poster-Penghijauan
Contoh Poster Penghijauan Karya Gambar Tangan

Contoh Poster Perdamaian
contoh-desain-poster-perdamaian
Contoh Poster Perdamaian Karya Desain Grafis

contoh-menggambar-poster-perdamaian
Contoh Poster Perdamaian Karya Gambar Tangan

Contoh Poster Bahaya Merokok


contoh-desain-poster-stop-merokok
Contoh Poster Bahaya Merokok Karya Desain Grafis

contoh-menggambar-poster-stop-merokok
Contoh Poster Bahaya Merokok Karya Gambar Tangan

Cara Membuat Poster

Untuk membuat sebuah poster diperlukan beberapa cara dalam menentukan bantuk gambar maupun tulisan yang baik. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat poster antara lain;
1. Menentukan topik dan tujuan
Sebelum membuat poster langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema berdasarkan pesan yang ingin disampaikan.
Kemudian, tentukan tujuan pembuatan poster tersebut. Apakah untuk tujuan komersial atau nonkomersial. Untuk membuat poster tentu membutuhkan riset dalam menentukan gambar dan teks/ slogan sesuai penempatan. 
2. Membuat kalimat singkat dan mudah diingat
Poster berfungsi menyampaikan pesan kepada orang yang melihatnya, untuk itu perlu menyusun kata-kata yang singkat, sugestif, efektif, dan mudah diingat.
Untuk itu, susunlah kalimat yang singkat, padat dan jelas agar bisa dibaca secara sekilas saja. Nantinya, melalui bahasa singkat tersebut pesan/ informasi dapat sampai dan diingat pembaca dengan baik.
3. Menggunakan gambar
Selain menggunakan kata atau kalimat, poster juga disertai gambar. Penggunaa gambar merupakan salah satu penyampai pesan yang menarik. Gambar dibuat mencolok sesuai dengan ide yang disampaikan.
4. Menggunakan media yang tepat
Penggunaan media dalam membuat poster dapat disesuaikan dengan penempatan poster. Jika penempatan poster diletakkan pada papan sendiri seperti baliho, dapat menggunakan media kain dan sejenisnya. Namun bila penempatan ditempel pada dinding dapat menggunakan media kertas.


Demikian artikel tentang "35 Contoh Poster Desain Grafis dan Poster Gambar Tangan yang Kreatif" yang dapat kami sajikan pada pembahasan kali ini. Baca juga artikel seni menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "35 Contoh Poster Desain Grafis dan Poster Gambar Tangan yang Kreatif"

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel