Skip to main content

Upacara Adat Banten Lengkap Penjelasannya

Upacara Adat Banten Lengkap Penjelasannya - Dalam kehidupan sehari-hari, sebagian masyarakat Banten juga masih terikat oleh upacara adat/ tradisional. Upacara ini terdiri atas upacara adat yang berhubungan dengan daur hidup (life cyrcle) serta upacara adat yang berhubungan dengan aktifitas manusia dan lingkungannya. Jenis upacara yang berhubungan dengan daur hidup antara lain sebagai berikut.
  • Masa kehamilan, meliputi beberapa tahap seperti upacara adat bulan ketiga, keempat, kelima, dan ketujuh.
  • Masa kelahiran, meliputi beberapa tahap seperti upacara adat sehari kelahiran, tujuh hari kelahiran, dan aqiqohan.
  • Masa kanak-kanak, meliputi upacara adat turun tanah dan upacara adat berhenti menyusui (sapihan).
  • Masa dewasa, upacara ini merupakan tanda kedewasaan seseorang misalnya khitanan bagi anak laki-laki.
  • Masa perkawinan, meliputi beberapa tahap yaitu nakeni, mastekake, melamar, mapag pengantin, akad nikah, mapag jawadah, yalil (buka pintu), ngeroncong (nyembah), dan ngarag pengantin.
  • Masa kematian, sebagai penganut Islam rangkaian upacara kematian meliputi memandikan, mengkafani, menyalatkan, dan menguburkan jenazah. Setelah itu, ada upacara selamatan dan tahlil mulai hari pertama sampai hari keseribu kematiannya.
gambar upacara adat Banten

Dalam tradisi masyarakat Baduy ada beberapa upacara adat. Ada tiga upacara adat yang berkaitan dengan kegiatan perladangan, yaitu ngawalu, ngalaksa, dan seba. Ngawalu yaitu upacara "kembalinya" padi dari ladang ke lumbung (leuit) yang dilaksanakan tiga kali tiap-tiap bulan Kawalu. Ngalaksa yaitu upacara membuat laksa (semacam mie tetapi lebih lebar) yang terbuat dari tepung beras. Ngalaksa merupakan "hari lebarannya" orang Baduy setelah berpuasa pada bulan Kawalu. Tradisi ini digunakan sebagai acara cacah jiwa karena semua warga Baduy berkumpul saat berlangsungnya upacara ini. Seba yaitu berkunjung ke rumah Bapak Gede (pemimpin pemerintahan) seperti camat, bupati, atau gubernur setahun sekali sebagai bentuk ketaatan kepada pemerintah. Seba juga menjadi media jembatan komunikasi suku Baduy dengan pemerintah.

Sebagai bagian Adat kasepuhan Banten Kidul, masyarakat Baduy juga ikut dalam upacara Seren Taun. Inilah upacara terbesar dalam tradisi Adat Kasepuhan Banten Kidul sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Banten Kidul atas hasil panen yang melimpah. Seren taun menjadi puncak dari rangkaian panjang ritual berladang yaitu ngaseuk, sapang jadian pare, salamatan pare nyiram (mapag pare beukah), sawenan, mipit pare, nganjaran (ngabukti), dan ponggokan.
                                                                                                                                                                                                                                                 

Sumber : Selayang Pandang Banten : Giyarto

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …