Rumah Adat Bangka Belitung Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Seperti halnya dengan provinsi lain, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki rumah adat tradisional sebagai ikon budaya Provinsi Bangka Belitung yaitu rumah adat yang bernama Rumah Panggung. Secara umum arsitektur di Kepulauan Bangka Belitung bercirikan arsitektur Melayu seperti yang ditemukan di daerah-daerah sepanjang pesisir Sumatra dan Malaka Di daerah ini dikenal ada tiga tipe arsitektur yaitu Arsitektur ,Melayu Awal, Melayu Bubung Panjang, dan Melayu Bubung Limas.

Rumah Melayu Awal berbentuk rumah panggung kayu. Material yang diperlukan untuk membangun rumah ini, antara lain kayu, bambu, rotan, akar pohon, daun-daun, atau alang-alang yang tumbuh dan mudah diperoleh di sekitar permukiman. Bangunan Rumah Melayu Awal ini beratap tinggi. Namun, sebagian atapnya miring. Bangunan rumah ini juga memiliki beranda di muka dan banyak bukaan yang berfungsi sebagai ventilasi. Rumah Melayu Awal terdiri atas rumah ibu dan rumah dapur. Rumah ini berdiri di atas tiang rumah yang ditanam dalam tanah.

gambar rumah adat bangka belitung

Berkaitan dengan tiang, masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengenal falsafah sembilan tiang. Bangunan didirikan di atas sembilan buah tiang. Tiang utama berada di tengah dan didirikan pertama kali. Atapnya ditutup dengan daun rumbia. Dindingnya biasanya dibuat dari pelepah/kulit kayu atau buluh (bambu).

Selanjutnya, disebut Rumah Melayu Bubung Panjang karena biasanya terdapat penambahan bangunan di sisi bangunan yang ada sebelumnya. Sementara itu, disebut Rumah Bubung Limas karena adanya pengaruh dari Palembang. Sebagian dari atap sisi bangunan dengan arsitektur ini terpancung.

Selain pengaruh arsitektur Melayu, ditemukan pula pengaruh arsitektur non-Melayu seperti terlihat dari bentuk Rumah Panjang yang pada umumnya didiami oleh warga keturunan Tionghoa. Pengaruh non-Melayu lain datang dari arsitektur kolonial, terutama tampak pada tangga batu dengan bentuk lengkung. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memiliki seni bangunan tradisional yang lain, selain Rumah Panggung. Seni bangunan itu antara lain Rumah Limas dan Rumah Rakit.
Baca juga:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumah Adat Bangka Belitung Lengkap, Gambar dan Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel