Skip to main content

Pengertian Komik, Jenis Komik Lengkap 15 Contoh Komik Lucu dan Menarik

Pengertian Komik

Komik atau gambar bercerita merupakan rangkaian panel/ frame bergambar yang saling berurutan, sehingga pembacanya dapan menyimpulkan sebuah cerita secara utuh di akhir frame/panel tersebut. Ini berbeda dengan konsep seni rupa yang satu gambar/ lukisan/ bentuknya memiliki satu ekspresi/ cerita. Karena alasan tersebut, penulis berpendapat bahwa komik tidak dapat diklasifikasikan sebagai suatu karya seni rupa murni. Membuat komik merupakan salah satu tindak lanjut keterampilan menggambar, sebagai bidang seni yang juga memiliki prospek. 

Teknik yang digunakan 
Umumnya, untuk menciptakan sebuah karya komik kita harus menguasai teknik menggambar dengan pensil terlebih dahulu. Misalnya saja: 
  • Proporsi bentuk manusia, hewan, tumbuhan, dan benda. 
  • Teknik perspektif, bayangan, dan landscape. 
  • Aksi/gerakan dan ekspresi wajah. 
Ciri-ciri gambar komik 
1. Ciri utama komik mempunyai sifat menarik perhatian mata sehingga berbagai tokoh dan karakter dapat menarik perhatian pembaca.
2. Bersifat proposional
Pembaca komik sanggup menjiwai isi cerita, seolah-olah terjadi ikatan emosional dengan pelaku cerita.
3. Kelihatan humor kasar
4. Menggunakan bahasa lisan dan mudah dipahami pembaca
Menggunakan bahasa percakapan sehari-hari akan lebih mengena dan mudah dipahami oleh pembaca.
5. Perilaku yang disederhanakan dan menggambarkan jiwa atau moral pelaku.
6. Bersifat kepahlawanan
Komik cenderung berisi pemujaan terhadap jiwa-jiwa kepahlawanan.

Jenis Komik menurut Bentuk/ Gaya

a. Realis
Ceritanya detail, dengan gambar bersifat figuratif menirukan wujud alam (manusia, hewan, tumbuhan, benda) mendekati kenyataan, termasuk efek cahaya dan arsiran bayangan. 
b. Ekspresif 
Gambar dan cerita lebih ditekankan pada kebebasan berekspresi. Gaya ini berkembang di jepang dengan sebutan manga
c. Kartun 
Gambar kartun adalah gambar yang memiliki bentuk-bentuk yang lucu atau memiliki ciri khas tertentu. Biasanya gambar kartun banyak menghiasi majalah anak-anak, komik, dan cerita bergambar. 

Gambar kartun berfungsi menghibur, karena berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia. Gambar ini banyak dijumpai pada majalah, surat kabar, buku komik, dan sebagainya, Tokoh yang dikenal sebagai Bapak Kartun Modern adalah William Hogart dari lnggris yang hidup pada tahun 1697-1764. Sedangkan kartunis Indonesia yang terkenal adalah Hari Pede, Gunawan Raharjo, ltos Budi Santosa, dan sebagainya. 

Gambar kartun sering disebut juga gambar animasi. Dengan kemajuan ilmu dan teknologi, gambar kartun dapat diangkat menjadi sebuah film yang menarik untuk dunia anak-anak seperti: Keluarga Disney, Popeye, Winnie the Pooh, Tarzan, Doraemon, dan sebagainya.

Anatomi komik 
a. Cover 
Umumnya, tampilan cover/ sampul buku komik berupa gambar berwarna yang mencerminkan tokoh cerita. Pewarnaan ilustrasi cover bisa dilakukan secara manual atau digital (komputer). Cover juga berfungsi sebagai daya tarik komik.
b. Halaman pembuka 
Halaman sebelum isi cerita. Biasanya ditampilkan hitam putih, memuat nama pengarang dan penerbit komik tersebut. 
c. Halaman isi 
Memuat isi cerita yang terdiri dari frame bergambar dengan dialog dan keterangan dari halaman satu hingga akhir.

Syarat Menggambar Komik 
Dalam menggambar komik dibutuhkan beberapa syarat, yaitu: Kemampuan dalam menggambar dan menyusun kata-kata.
Adapun langkah-langkah menggambar komik antara lain:
1. Menentukan Topik dan Tujuan
Sebelum mengambar komik langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema. Dalam menentukan tema perlu dipikirkan bentuk visualisasi dan kata yang digunakan yang tujuannya untuk memperkuat gambar visual tersebut.

Pengembangan tokoh dan karakter sangat penting, karena berperan sebagai aktor sebuah cerita komik.

2. Membuat Kalimat Singkat dan Mudah Diingat. 
Dalam membuat kalimat komik dipilih kata yang singkat, jelas, mudah dicerna, dan menarik. Kalimat akan berkesan jika disertai gambar pendukungnya sehingga pembaca senantiasa ingat terhadap pesan yang ingin disampaikan.

Menggunakan Gambar Komik dibuat disertai dengan gambar, penggunaaan gambar merupakan penyampaian pesan yang paling menarik. Proporsi gambar dan kata disesuaikan dengan kebutuhan cerita yang disampaikan, memperhatikan tokoh /karakter yang dibuat. Menggunakan warna-warna yang mencolok sehingga mendukung perhatian banyak orang untuk membaca narasi komik.

3. Menggunakan Media yang Tepat 
Penggunaan media disesuaikan dengan media yang digunakan. Jika komik berupa buku merupakan satu kesatuan cerita yang utuh, jika komik berupa cerita pendek bisa menggunakan selembar kertas. Komik yang dibuat secara digital bisa menggunakan alat bantu komputer. Menggambar komik dengan komputer memudahkan dalam berekspresi, selain itu kalau terjadi kesalahan dapat segera diganti.

Bahan dan Alat Menggambar Komik 
1. Kertas
Kertas yang sering dipakai berwarna netral (putih, abu-abu, coklat), mudah menyerap media warna apa saja. Kertas bisa dipakai dengan berbagai alat gambar (kertas padalarang, HVS, kuarto, karton)
2. Penggaris
Biasa digunakan penggaris mika, siku, busur, dan mistar. Fungsi penggaris membentuk atau membuat strip-strip kolom pada komik.
3. Penghapus
4. Pensil gambar
5. Pensil warna

Langkah-Langkah Membuat komik 
a. Persiapan bahan/alat kerja. 
Pensil 2B,3B, pena, boxy dan sejenisnya, kuas, penggaris, penghapus, tip-ex, cat poster warna atau hitam-putih, meja gambar. 

c. Pembuatan cerita/skenario. 
Mendapatkan ide cerita yang bagus memang sulit, mulailah dengan cerita sederhana yang memungkinkan atau mudah untuk divisualisasikan dalam bentuk gambar.
d. Penentuan ukuran/standar kertas yang digunakan. 
e. Pembuatan karakter/tokoh cerita dan objek pendukung. 
f. Seting/pembagian frame per halaman.
g. Pembuatan sketsa awal dengan pensil. 
h. Pewarnaa dan Finishing.

Contoh Gambar Komik Lucu dan Menarik


1. Contoh Komik Anak SD

contoh-gambar-komik-anak-sd

gambar-komik-anak sd

Gambar di atas adalah salah satu contoh komik yang dapat digambar oleh anak SD. Selain bertema keluarga dengan tokoh komik anak-anak, gambar komik ini juga mudah digambar. Bagi kalian yang mencari contoh komik bertema anak-anak maupun contoh komik yang mudah digambar bagi anak SD, gambar diatas dapat dijadikan salah satu inspirasi kalian dalam berkarya komik.

2. Contoh Komik Anak-Anak

contoh-gambar-komik-anak-anak

gambar-komik-keluarga

Gambar di atas merupakan salah satu contoh komik anak-anak yang dapat kami sajikan. Komik dengan tema anak serta ilustrasi gambar yang mudah dibuat dapat menjadi inspirasi kalian dalam berkarya komik anak-anak yang menarik.

3. Contoh Komik Pendidikan Lucu

contoh-komik-pendidikan

contoh-komik-pendidikan-sekolah

Gambar di atas adalah contoh komik dengan tema pendidikan dan tema kemerdekaan. Meskipun komik diatas sebenarnya kurang mendidik dan hanya sebagai lucu-lucuan saja, tetapi paling tidak komik diatas dapat memberikan inspirasi bagi kalian dalam menggambar komik bertema pendidikan yang cukup lucu dan menarik.

4. Contoh Komik Doraemon

contoh-gambar-komik-doraemon-lucu
Contoh Komik Doraemon 1

gambar-komik-doraemon-lucu
Contoh Komik Doraemon 2

gambar-komik-doraemon
Contoh Komik Doraemon 3

contoh-komik-doraemon
Contoh Komik Doraemon 4
Komik di atas adalah beberapa contoh komik kartun doraemon. Sebagaimana bentuk komik yang terdiri dari beberapa frame bergambar dengan rangkaian cerita yang berurutan, komik doraemon diatas merupakan salah satu contoh komik dengan rangkaian cerita yang berurutan. Dengan ilustrasi yang cukup sederhana dan rangkaian cerita yang cukup menarik, contoh komik doraemon di atas dapat menjadi inspirasi kalian dalam berkarya komik doraemon.

5. Contoh Komik Pendek

contoh-gambar-komik-pendek

gambar-komik-pendek-tentang-kebersihan-lingkungan

Gambar komik di atas adalah salah satu contoh komik pendek yang mendidik tentunya. Komik pendek dengan cerita yang simpel dan memiliki makna yang mendidik merupakan salah satu bentuk komik yang dapat kalian buat di rumah. Kalian dapat mencari inspirasi pada kejadian-kejadian yang bermakna dan cukup unik di lingkungan sekitar kalian sebagai tema dalam membuat komik pendek ini.

6. Komik yang Mudah Digambar

gambar-komik-yang-mudah-digambar

Menggambar komik sebenarnya mudah. Namun, untuk menggambar komik yang bermutu tinggi tentu membutuhkan pengalaman dan pengetahuan tentang komik. Bagi kalian yang baru belajar menggambar komik tentu akan sangat kesulitan dalam menggambar komik dengan ilustrasi yang rumit dan detail. Contoh komik di atas merupakan salah satu komik yang mudah di gambar yang dapat menginspirasi kalian dalam berkarya komik.

7. Contoh Komik Lucu Mudah Digambar

contoh-gambar-komik-lucu

contoh-komik-lucu

Komik dengan berbagai tema dapat dijadikan sebuah cerita komik yang lucu. Jadi komik lucu sebenarnya hanya jalan ceritanya saja yang menggunakan cerita-cerita lucu dalam urutan ceritanya. Kalian dapat membuat sebuah komik dengan cerita lucu yang diambil dari pengalaman lucu yang kalian alami. Gambar di atas sebagai contoh cerita komik lucu dan tentunya juga mudah digambar.

Demikian artikel tentang "Pengertian Komik, Jenis Komik Lengkap 15 Contoh Komik Lucu dan Menarik" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel seni rupa menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …