Macam-Macam Warna: Merah, Kuning, Biru, Hijau, Cokelat, Ungu, Abu-Abu, dll

Konten [Tampil]
Macam-Macam Warna - Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata. Warna merupakan salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen atau zat warna. Zat warna merupakan sejenis bahan kimia yang memiliki efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat dilakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu macam-macam warna, dan pembagian kelompok warna.

macam-macam-warna

Macam-Macam Warna (Nama dan Artinya)

Macam-macam warna sangat beragam, setiap warna pasti memiliki arti/ makna yang terkandung di dalamnya. Warna dapat melambangkan sesuatu, baik berupa karakter, kepribadian, maupun sifat-sifat manusia. Berikut ini macam-macam warna dan arti yang terkandung didalamnya.

NoNama warnaMakna/ Artinya
1
Warna Putih
Arti warna putih adalah melambangkan jiwa yang bersih, suci, dan sifat-sifat yang baik. Warna ini menggambarkan kepribadian seseorang yang baik, sopan dan santun.
2
Warna Hitam
Arti warna hitam yaitu melambangkan jiwa yang gelap, buruk, dan sifat-sifat yang tidak baik. Warna hitam berkebalikan dengan warna putih. Warna hitam menggambarkan kepribadian yang buruk, jahat, dan sejenisnya.
3
Warna Merah
Warna merah berarti berani, kuat, tegas, semangat berkobar, semangat membara, aktif, dominan, hidup, bahkan cinta kasih. Warna merah ini menggambarkan kepribadian yang berani, kuat, sehingga cocok jadi pemimpin.
4
Warna Kuning
Warna kuning berarti bahagia, semangat, ceria, kehangatan dan optimisme. Warna kuning ini menggambarkan kepribadian seseorang yang ceria, bahagia, hangat, dan penuh percaya diri.
5
Warna Biru
Arti warna biru berdasarkan cara pandang ilmu psikologi merupakan warna yang dapat merangsang pemikiran yang jernih. Warna ini juga dipercaya dapat merangsang kemampuan berkomunikasi, ekspresi artistik dan simbol kekuatan. Warna biru menggambarkan kepribadian yang melankolis.
6
Warna Hijau
Arti warna hijau yaitu selaras, seimbang, ketenangan, perdamaian, dan kepuasan. Warna hijau menggambarkan kepribadian seseorang yang tenang, sopan, dan berfikir dewasa.
7
Warna Coklat
Arti warna coklat adalah hangat, aman dan nyaman. Secara prikologis warna ini berkesan kuat dan dapat diandalkan. Namun, sayang penggunaan warna coklat secara berlebihan dapat berkesan dominan yang kaku, kolot, dan tidak berperasaan.
8
Warna Ungu
Arti warna ungu yaitu kesetiaan, kepuasan, menarik perhatian dan bahkan dianggap mampu memancarkan kekuatan. Kesan lain yang sering diartikan dari warna ungu yaitu seperti independen, ambisius, visioner, dan kemewahan. Namun, pengunaan warna ungu secara berlebihan sering diartikan kurang teliti dan kesendirian.
9
Warna Abu-abu
Arti warna abu-abu yaitu tanggung jawab, mandiri, dan keseriusan. Namun, warna abu-abu ini juga sering dimaknakan abstrak, tidak jelas, dan bersifat labil. Warna abu-abu juga diartikan secara negatif 
10
Warna Oranye
Arti warna oranye yaitu berkesan hangat dan bersemangat. Warna ini merupakan simbol petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan bersosialisasi. Warna oranye sering dipakai untuk memperingati sebuah kenangan manis, karena warna hangat mampu menarik perhatian tanpa mengintimidasi atau menakut-nakuti seperti warna merah.
11
Warna Merah muda/ PinkArti warna pink/ merah muda yaitu sering diidentikkan dengan wanita, warna ini berkesan lemah lembut, menarik, dan cantik. Warna pink menggambarkan kepribadian yang feminim, romantis, peduli, dan lemah lembut.

Dari keseluruhan nama bermacam-macam warna tersebut di atas, masing-masing masih dapat dijabarkan lagi beberapa macam warna yang tergolong ke dalam kategori warna utama di atas. Misalnya warna merah terdapat beberapa rumpun/ macam-macam warna yang tergolong ke dalam warna merah seperti halnya contoh berikut ini.

1. Macam-Macam Warna Merah

Warna merah adalah warna yang berada pada frekuensi cahaya paling rendah yang dapat ditangkap mata manusia. Panjang gelombang cahaya merah memiliki jangkauan sekitar 630-760 nm.

Karakter dan sifat warna merah, yaitu memberikan pengaruh dinamis, semangat, aktif, dan bertenaga. Namun, jika warna ini diaplikasikan secara berlebihan maka akan menimbulkan kesan penuh ambisi dan kemarahan.

Warna merah adalah salah satu warna dasar/ warna primer/ induk warna selain warna kuning dan biru. Sebagai warna dasar merah tidak dapat dibuat atau dihasilkan dengan campuran warna apapun, namun warna ini dapat digunakan untuk menciptakan warna lain dengan campuran warna yang berbeda. Macam-macam warna merah sangatlah beragam. Dengan campuran yang sesuai, kalian dapat menciptakan macam-macam warna merah. Berikut ini macam-macam warna merah beserta nama, kode hexadicimal, RGB yang diperlukan dalam dunia pemrograman maupun desain grafis.

macam-macam-warna-merah

2. Macam-Macam Warna Kuning

Warna kuning adalah warna yang berada pada derajat frekuensi cahaya paling tinggi atau derajat frekuensi gelap paling rendah sehingga mata manusia sering mengasosiasikan warna ini sebagai warna yang paling cerah dibanding warna-warna lainnya.

Karakter dan sifat warna kuning, yaitu dapat mengangkat suasana hati seseorang. Warna kuning sebagai warna cerah dapat membantu seseorang untuk meningkatkan perasaan positif dan optimisme. Warna kuning dapat menyeimbangkan pikiran, menjaga suasana hati, dan selalu riang gembira sepanjang waktu.

Warna kuning merupakan salah satu dari warna primer selain merah dan biru. Macam-macam warna kuning sangatlah beragam. Kalian dapat membuat macam-macam warna kuning dari campuran warna kuning asli dan warna lainnya. Berikut ini macam-macam warna kuning beserta nama, kode CSS dan HTML yang dapat kalian gunakan sebagai referensi dalam pemilihan warna menggunakan aplikasi desain grafis maupun dalam dunia pemrograman komputer.

macam-macam-warna-kuning

3. Macam-Macam Warna Biru

Warna biru adalah salah satu warna primer atau warna dasar selain merah dan kuning. Macam-macam warna biru sangatlah beragam. Warna biru dapat diidentifikasi ke dalam beberapa warna yang masih memiliki karakter kemiripan warna biru. Ada warna biru muda serta biru langit yang memiliki warna cerah. Ada juga warna biru tosca/ biru kehijauan yang dalam bahasa inggris sering disamakan dengan warna Turquoise. Ada pula warna biru yang lebih gelap yaitu seperti warna biru tua dan biru dongker serta banyak lagi macam-macam warna biru yang lain yang dapat kamu lihat pada gambar berikut ini.

macam-macam-warna-biru

4. Macam-Macam Warna Hijau

Warna hijau merupakan komplemen dari magenta hasil pencampuran dari warna kuning dan biru. Warna yang banyak dijumpai pada daun-daun atau warna alam ini memiliki sifat kesegaran, kesuburan, keseimbangan dan kedamaian.

Terdapat beragam jenis warna hijau, seperti warna hijau army, warna hijau lumut, warna hijau tua, warna hijau daun, maupun warna hijau pupus. Beragam jenis warna hijau tersebut dapat diciptakan melalui campuran warna kuning+biru ditambah campuran warna lainnya secara pas. Berikut ini macam-macam warna hijau beserta kode warnanya.

macam-macam-warna-hijau

5. Macam-Macam Warna Cokelat

Warna cokelat merupakan perpaduan antara kuning gelap, merah dan oranye yang relatif cerah terhadap sinar atau warna putih. Warna cokelat merupakan warna alami yang identik dengan warna tanah, batu, dan kayu.

Karakter dan sifat warna cokelat, yaitu merupakan warna yang menenangkan, hangat, aman, nyaman, anggun, percaya diri, tabah serta jujur. Warna cokelat memiliki kenampakan yang mirip dengan warna oranye yang membuat cokelat terlihat hangat dan mampu merangsang selera makan seseorang pada saat melihatnya.

Warna cokelat merupakan hasil pencampuran dari 3 warna primer (merah, kuning,biru) dengan kombinasi tertentu. Warna cokelat juga dapat dibuat dari perpaduan warna hijau+merah, oranye+biru, maupun warna ungu+kuning dengan kombinasi yang tepat. Bagi kalian yang menginginkan warna cokelat muda atau cokelat cerah perbanyak campuran warna kuning, hijau, atau oranye dari masing-masing campuran di atas. Jangan lupa berikan sedikit warna putih agar kejenuhan warna lebih terlihat. Untuk membuat warna cokelat tua dapat kalian lakukan dengan memberikan kombinasi campuran warna gelap seperti warna merah, biru, dan ungu dengan porsi yang lebih banyak pada masing-masing campuran di atas. Berikut ini macam-macam warna cokelat beserta kode warnanya.

macam-macam-warna-cokelat

6. Macam-Macam Warna Ungu

Ungu merupakan warna yang tergolong ke dalam warna sekunder dengan wujud warna antara violet dan magenta. Warna ungu dapat dibuat dengan mencampurkan warna merah dan biru dalam porsi tertentu. Macam-macam warna ungu sangat beragam, dari yang terang sampai yang gelap masing-masing memiliki nama yang berbeda. Berikut ini macam-macam warna ungu beserta kode hex dan desimal RGB yang dapat dipakai sebagai referensi dalam pemilihan warna menggunakan aplikasi desain grafis maupun dunia pemrograman komputer.

macam-macam-warna-ungu

7. Macam-Macam Warna Oranye

Warna oranye/ orange atau jingga merupakan salah satu jenis warna sekunder yang terbentuk dari pencampuran warna merah dan kuning. Warna ini memberikan kesan yang hangat dan kuat berkat warna pembentuknya yaitu merah dan kuning yang sama kuat dan hangat. Macam-macam warna oranye sangat beragam. Dari oranye cerah, kemerahan, sampai yang oranye kekuningan yang masing-masing memiliki nama dan kode warna sendiri. Berikut ini macam-macam warna oranye, nama dan kodenya yang dapat kalian gunakan sebagai referensi dalam memilih warna.

macam-macam-warna-oranye

8. Macam-Macam Warna Pink

Warna pink atau merah muda adalah corak warna hasil perpaduan warna merah dan putih. Warna pink sering diidentikkan dengan sifat dan karakter wanita yang cenderung feminim. Cara membuat warna pink atau merah muda dalam berbagai corak yang berbeda dapat kalian lakukan dengan mencampur warna merah dan putih dengan kombinasi dan porsi yang berbeda. Semakin banyak campuran warna putih akan menghasilkan warna merah muda yang semakin terang. Berikut ini macam-macam warna pink beserta nama dan kodenya yang dapat digunakan sebagai referensi dalam memilih warna pink.

macam-macam-warna-pink

9. Macam-Macam Warna Putih

Warna putih merupakan representasi kehadiran seluruh warna dengan cahaya maksimum sehingga tidak bisa direpresentasikan oleh mata atau sensor kamera. Warna putih dapat digolongkan dalam beberapa macam, atau dapat dikatakan macam-macam turunan warna putih. Untuk menciptakan macam-macam turunan warna putih ini dapat dilakukan dengan memberikan sedikit campuran warna putih dengan warna lain dengan porsi yang ringan. Berikut ini macam-macam warna putih beserta nama dan kodenya, yang dapat dijadikan referensi dalam memilih warna.

macam-macam-warna-putih

10. Macam-Macam Warna Abu-abu

Warna abu-abu merupakan salah satu warna netral menurut teori Brewster, seperti halnya warna hitam dan putih. Namun beberapa sumber lain mendefinisikan bahwa abu-abu bukanlah warna dan hanya tingkat intensitas warna jika diterjemahkan dalam komposisi hitam dan putih. Kita anggap saja abu-abu adalah bagian dari warna dan memiliki banyak variasi. Berikut ini macam-macam warna abu-abu beserta nama dan kodenya.

macam-macam-warna-abu-abu

Baca juga:
Cara Mencampur Warna dengan Mudah
Macam-Macam Alat dan Media Gambar Seni Rupa
Unsur-Unsur Seni Rupa dan Contoh Gambarnya

Lingkaran Warna

Lingkaran warna merupakan teori warna yang digagas oleh fisikawan dari Skotlandia bernama Sir David Brewster. Dalam teorinya Brewster mengemukakan bahwa meskipun jumlah warna dapat diketahui hingga tak terhingga, namun semua itu dapat dikategorikan ke dalam beberapa kelompok. Brewster mengkategorikan warna ke dalam 4 kelompok warna, yaitu Warna primer (warna dasar), warna sekunder (warna turunan ke-2), warna tersier (warna turunan ke-3), dan warna netral. Berikut ini penjelasan keempat kelompok warna tersebut.

lingkaran-warna-webster

a. Warna Primer
Warna primer adalah warna dasar atau warna pokok, artinya bukan dari campuran warna apapun. Warna dasar ini merupakan induk warna yang akan menghasilkan warna turunan lainnya apabila dicampur satu dengan yang lain. Secara teknis warna primer adalah warna yang tidak dapat dibuat dengan campuran warna lain. Artinya, warna primer adalah warna yang berdiri sendiri sebagai warna induk. warna primer terdiri dari warna: MERAH, KUNING, dan BIRU.

b. Warna Sekunder
Warna sekunder adalah warna turunan kedua, artinya warna yang dihasilkan dari campuran dua warna dasar atau warna primer. Warna sekunder terdiri dari warna: UNGU, HIJAU, dan JINGGA

c. Warna Tersier
Warna tersier adalah warna turunan ketiga, artinya warna yang dihasilkan dari campuran tiga warna, baik itu dari warna primer, warna sekunder, maupun keduanya. Warna tersier dapat dilihat pada bagan lingkaran warna di atas.

d. Warna Netral
Warna netral adalah warna yang dengan mudah dapat dipadukan dengan warna-warna lainnya yang lebih kuat dan dapat difungsikan sebagai nuansa latar belakang yang lembut. Warna-warna yang tergolong ke dalam warna netral yaitu warna putih, hitam, abu-abu, cokelat.

Sistem Warna (Prang Sistem)

Sistem warna merupakan istilah yang membagi warna ke dalam beberapa bagian. Sistem warna ini ditemukan oleh Louis Prang pada 1876. Prang sistem atau bisa juga disebut atribut warna ini meliputi;

1. Hue
Pengertian hue adalah istilah yang dipakai untuk menunjukkan identitas suatu warna, seperti warna merah, warna biru, warna kuning, dll. Hue berfungsi untuk membedakan setiap warna agar identifikasi unik suatu warna dapat dikenali dengan jelas.

2. Value
Pengertian value dalam warna adalah nilai yang menunjukkan tingkat gelap terangnya suatu warna. Karena setiap warna memiliki tingkat kecerahan yang berbeda-beda. Ada warna yang tampak terang, redup, dan ada pula yang tampak gelap.

3. Saturation
Pengertian saturation dalam warna adalah intensitas warna, yaitu kuat lemahnya suatu warna. Kuat lemahnya suatu warna ini diukur dari seberapa jauh dan dekatnya sebuah warna dari pigmen aslinya. Misalnya warna merah primer dapat dikatakan memiliki intensitas yang lebih kuat dari pada warna merah muda.

4. Komplementer
Pengertian warna komplementer yaitu warna yang memiliki kesan berkebalikan namun dapat saling melengkapi. Komplementer warna ini sering digunakan untuk menilai kekontrasan suatu warna. Misalnya warna putih komplement dengan warna hitam.

5. Monokromatis
Pengertian warna monokromatis adalah macam-macam warna yang dihasilkan dari percampuran antara warna primer dengan warna hitam atau warna putih. Hasil dari pencampuran warna tersebut masih dapat dikatakan satu keluarga dari induk warna primernya. Misalnya warna merah muda, merah jambu, merah jernih (primer), dll.

6. Polikromatis
Pengertian warna polikromatis adalah macam-macam warna yang dihasilkan dari percampuran antara warna sekunder dengan warna hitam atau putih. Sama halnya dengan warna monokromatis, warna polikromatis ini menunjukkan hasil pencampuran warna yang memiliki intensitas gelap terangnya sebuah warna dari warna pembentuknya.

7. Warna Analogus
Pengertian warna analogus yaitu warna yang tampak memiliki kedekatan, kemiripan, atau kesamaan namun sebenarnya berbeda. Seperti warna hijau analogus dengan warna kuning. Kedekatan warna ini dapat dilihat pada lingkaran warna dalam teori brewster.

Demikian ulasan tentang "Macam-Macam Warna: Merah, Kuning, Biru, Hijau, Cokelat, Ungu, Abu-Abu, dll" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel tentang warna dalam dunia seni rupa lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Warna: Merah, Kuning, Biru, Hijau, Cokelat, Ungu, Abu-Abu, dll"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel