Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lirik Cublak Cublak Suweng dan Artinya Secara Lengkap

Lirik cublak cublak suweng merupakan lirik lagu dolanan Jawa. Lirik lagu ini sering dinyanyikan oleh anak-anak sebagai lagu permainan. Meskipun hanya lagu permainan anak-anak, namun lirik cublak cublak suweng mangandung makna/ petuah bijak yang mengajarkan kebijaksanaan dalam berkehidupan. Melalui sebuah lagu pemainan anak-anak tersirat sebuah pesan/ pitutur bijaksana yang diharapkan dapat diresapi maknanya dan kemudian dijadikan sebagai panutan dalam menjalani kehidupan. Begitu eloknya kebudayaan masyarakat Jawa yang seharusnya dapat terus kita lestarikan.

Lagu tradisional "Cublak Cublak Suweng" berasal dari daerah Jawa Tengah dan biasanya dibawakan sebagai iringan dalam kegiatan permainan anak. Meskipun tidak diketahui secara pasti siapa pencipta lagu ini, namun lagu ini telah menjadi bagian dari kebudayaan dan seni musik Indonesia sejak lama.

Makna lirik lagu "Cublak Cublak Suweng" ini antara lain sebagai berikut;

Cublak-cublak suweng berarti tempat harta berharga, yaitu Suweng (suwung, sepi, sejati) atau "harta sejati".

"Harga sejati" ini sebenarnya merupakan kebahagiaan sejati yang mudah ditemukan dimana-mana karena berserakan. Banyak orang yang mencari harta sejati itu. Namun, orang-orang bodoh yang diibaratkan sebagai gudel, mencarinya dengan penuh ego, nafsu dan keserakahan.

Orang-orang yang bodoh itu sering diibaratkan orang tua ompong yang kebingungan. Mereka aslinya memiliki harta melimpah, tapi ternyata itu harta yang palsu karena tak bisa membuatnya bahagia. Siapa yang bijaksana, dia lah yang tau harta sejati tersebut. Siapa yang bisa tersenyum dia lah yang dapat menjalani hidup meski di tengah orang yang serakah.

Di dalam hati nurani yang kosong. Bahwa untuk sampai ke tempat harta sejati, setiap orang harus melepaskan kecintaannya dalam harta benda duniawi, rendah hati, tidak merendahkan sesama dan terus mengasah sir atau hati nuraninya.

Intinya, harta benda bukanlah suatu hal yang lantas dapat membahagiakan manusia. Harta sejati atau kebahagiaan sejati ada di mana-mana dan dapat diraih dengan hati nurani.

Lagu "Cublak Cublak Suweng" memiliki lirik yang cukup sederhana dan mudah diingat, dan biasanya dinyanyikan dengan iringan musik gamelan atau kendang. Lagu ini juga sering dimainkan dalam bentuk tari atau drama, sehingga memperlihatkan kesenian yang sangat khas dari budaya Jawa Tengah.

Apa arti terjemahan dari lirik lagu Cublak Cublak Suweng? Berikut pembahasan lengkapnya.

Lirik Cublak Cublak Suweng

Cublak cublak suweng
Suwengé ting geléntér
Mambu ketundhung gudhél

Pak empong léra-léré
Sapa ngguyu ndèlikkake
Sir sir pong dhelé kopong
Sir sir pong dhelé kopong

Arti Lirik Lagu Cublak Cublak Suweng

Cublak cublak suweng (tempat anting (perhiasan wanita jawa))
Suwengé ting geléntér (perhiasan anting yang berserakan)
Mambu ketundhung gudhél (baunya dituju ke gudhél (anak kerbau))

Pak empong léra-léré (pak tua yang ompong menengok kanan kiri)
Sapa ngguyu ndèlikkake (siapa yang tertawa dialah yang menyembunyikan)
Sir sir pong dhelé kopong (hati nurani bagai kedelai kosong tanpa isi)
Sir sir pong dhelé kopong (hati nurani bagai kedelai kosong tanpa isi)

Cublak Cublak Suweng Lirik Not Angka

Berikut ini not angka, chord lirik lagu cublak-cublak suweng dan notasi gamelan slendro yang dapat kalian gunakan dalam bernyanyi dan memainkan iringan lirik cublak cublak suweng.

cublak-cublak-suweng-lirik


Baca juga :
Kumpulan Lagu Daerah dan Asalnya 34 Provinsi Beserta Penciptanya
Lirik Lagu Mentok-Mentok Lengkap Makna dan Terjemahannya
Makna Lirik Lagu Jawa Ilir-Ilir Lengkap Terjemahannya

Demikian ulasan tentang "Lirik Cublak Cublak Suweng dan Artinya Secara Lengkap" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel lirik lagu daerah Jawa Tengah menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Posting Komentar untuk "Lirik Cublak Cublak Suweng dan Artinya Secara Lengkap"