Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simbolisme yang dibawa kepada bentuk yang lebih sederhana mewujudkan hiasan dan perlambangan. Aliran ini dinamakan ...

Simbolisme yang dibawa kepada bentuk yang lebih sederhana mewujudkan hiasan dan perlambangan. Aliran ini dinamakan .... 

A. Simbolisme 

B. Monumentalisme 

C. Ekspresionisme 

D. Esensialisme 

E. Dadaisme


Pembahasan :

Aliran Simbolisme dan Monumentalisme

Kaum Impresionis dan Realis adalah kelompok pelukis yang menjauhkan karya dari nilai-nilai ketuhanan dan agama. Banyak di antara pelukis Impresionis dan Realis yang berfaham nihilistis dan egosentris. Mereka mengemukakan segala-sesuatu tanpa berpijak pada agama dan hanya menurut pandangan mereka sendiri.

Cezanne dau Gauguin adalah pelukis-pelukis Impresionis dan Ekspresionis yang keras kepala serta berpegang teguh kepada pendapatnya sendiri. Mereka sangat jauh dari nilai-nilai ketuhanan dan agama. Mereka memandang kehidupan ini dari segi kenyataan tanpa memiliki kepercayaan akan kekuatan gaib.

Kondisi seperti ini lambat laun disadari oleh para seniman. Mereka mulai membuka hati dan pikiran bahwa agama bukan saja penting bagi kehidupan, melainkan juga merupakan faktor yang sangat menentukan dalam berkarya seni. Kenyataan-kenyataan lahiriah sudah tidak lagi berkesan dalam kehidupan seniman, mereka mulai menyelami makna terdalam dari kenyataan lahiriah tersebut dan mengangkatnya ke atas kanvas. Gerakan kesadaran seperti ini kemudian melahirkan aliran baru yang dinamakan Simbolisme. Simbolisme dalam seni lukis tidaklah sama dengan makna simbolis sebagai perlambangan sesuatu. Karyakarya Simbolisme pada umumnya melukiskan pergolakan batin yang menghadapi berbagai perasaan, seperti kegelisahan, pesimisme, dan kemurungan.

Simbolisme yang dibawa kepada bentuk yang lebih sederhana mewujudkan hiasan dan perlambangan, aliran seperti ini kemudian dinamakan monumentalisme. Kedua aliran ini sesungguhnya terlahir dari penggalian atas karya-karya seni kuno di Asia dan Afrika. Monumentalisme terlahir dari proses penggalian dan pemahaman atas hasil-hasil karya seni rupa Mesir Kuno, sedangkan Simbolisme berorientasi kepada karya-karya seni Hindu.

Jawaban : B. Monumentalisme

Temukan Soal dan Jawaban Seni Rupa tingkat SMA Kelas 12 lainnya dengan cara klik di bawah ini;


Soal Seni Rupa SMA Kelas 12


Demikian ulasan tentang pertanyaan "Simbolisme yang dibawa kepada bentuk yang lebih sederhana mewujudkan hiasan dan perlambangan. Aliran ini dinamakan ..." yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah berkunjung ke situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Simbolisme yang dibawa kepada bentuk yang lebih sederhana mewujudkan hiasan dan perlambangan. Aliran ini dinamakan ..."