Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unsur-Unsur Seni Rupa dan Contoh Gambarnya

Unsur-Unsur Seni Rupa dan Contoh Gambarnya - Karya seni rupa terdiri dari perpaduan selaras berbagai unsur yang membentuk karya seni rupa yang indah. Unsur-unsur seni rupa tersebut terdiri dari unsur titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Berikut ini pengertian dari unsur-unsur seni rupa dan contoh gambarnya.

a. Titik
Titik merupakan unsur seni rupa yang paling sederhana. Unsur titik akan tampak berarti apabila jumlahnya cukup banyak, sehingga gabungan dari banyak titik ini akan membentuk sebuah garis.

unsur seni rupa titik
Unsur seni rupa "Titik"
b. Garis
Garis merupakan unsur seni rupa yang merupakan gabungan atau rangkaian titik yang terjalin memanjang menjadi satu dengan kedua ujung terpisah. Garis bisa dalam bentuk  panjang, pendek, tebal, halus, lurus, lengkung, patah-patah, berombak, horizontal, vertikal, diagonal dan sebagainya. Sifat garis dibedakan menjadi dua, yaitu:
  • Garis Nyata adalah garis yang dihasilkan dari coretan atau goresan langsung.
  • Garis Semu adalah garis yang muncul karena adanya kesan batas (kontur) dari suatu bidang, warna, atau ruang.
unsur-seni-rupa-garis
Unsur seni rupa "Garis"
c. Bidang
Bidang merupakan unsur seni rupa yang terbentuk karena pertemuan dari beberapa garis. Ada empat macam jenis bidang yaitu bidang geometris (beraturan dan sering dipakai dalam ilmu ukur), Non geometris (tidak beraturan), biomorfosis (organis), dan bidang bersudut.

unsur-seni-rupa-bidang
Unsur seni rupa "Bidang"
d. Bentuk
Bentuk adalah unsur seni rupa yang terbentuk karena ruang atau volume. Macam-macam bentuk yakni; kubistis, silindris, bola, limas, prisma, kerucut (semua bentuk geometris), dan non geometris. Unsur bentuk ada dalam karya seni rupa patung, arsitektur, interior, dan kriya.

unsur-seni-rupa-bentuk
Unsur seni rupa "Bentuk"
e. Ruang
Ruang merupakan unsur karya seni rupa yang memberikan kesan kedalaman, baik dalam bentuk nyata atau semu. Dalam bentuk ruang nyata ruang dapat ditemui pada karya seni rupa tiga dimensi seperti pada karya seni arsitektur, gedung, bangunan, patung dan lain-lain. Dalam bentuk ruang semu dapat ditemui pada karya seni rupa dua dimensi seperti penggambaran ruang dalam bentuk  pipih, cekung, cembung, datar, bergelombang dan lain-lain.

unsur-seni-rupa-ruang
Unsur seni rupa "Ruang"
f. Warna
Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata. Berdasarkan jenisnya, warna dibedakan menjadi dua macam yaitu, spektrum warna yaitu uraian warna cahaya yang terdiri dari warna, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, serta ungu (me-ji-ku-hi-bi-ni-u) dan pigmen warna yaitu warna yang dibagi berdasarkan teori Geothe, yang terdiri dari warna primer, sekunder, tersier, komplementer, dan analog.

unsur-seni-rupa-warna
Unsur seni rupa "Warna"
g. Tekstur
Tekstur merupakan nilai permukaan suatu benda sehingga dapat memberikan kesan tertentu apabila dirasakan dengan indera peraba, sehingga dapat dikatakan halus, kasar, licin, rata, berlubang, kusam, mengkilap, dan lain-lain. Secara visual ada dua tekstur, yaitu tekstur nyata , bila keadaan benda saat dilihat dan diraba sama nilainya. Tekstur semu, bila keadaan benda saat dilihat dan diraba berbeda.

unsur-seni-rupa-tekstur
Unsur seni rupa "Tekstur"
h. Gelap Terang
Gelap terang merupakan keadaan suatu bidang yang dibedakan dengan warna tua (gelap) dan muda (terang) yang terjadi karena adanya perbedaan warna dan intensitas cahaya yang diterima suatu objek. Gelap terang menimbulkan kesan tekstur dan kedalaman.

unsur-seni-rupa-gelap-terang
Unsur seni rupa "Gelap terang"
Baca juga:
Cara Mencampur Warna dengan Mudah
Prinsip-Prinsip Seni Rupa serta Penjelasan Lengkapnya
Pengertian Seni, Cabang Seni, dan Fungsi Seni Secara Lengkap

Demikian ulasan kami tentang "Unsur-Unsur Seni Rupa dan Contoh Gambarnya", semoga dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca. Silahkan kunjungi situs SeniBudayaku.com untuk mencari artikel tentang seni budaya yang berkualitas. Terimakasih atas kunjungan anda.

Posting Komentar untuk "Unsur-Unsur Seni Rupa dan Contoh Gambarnya"