Skip to main content

Pengertian Lagu Daerah Keunikan dan Contoh Lagu Daerah

Pengertian Lagu Daerah Keunikan dan Contoh Lagu Daerah - Di Negara kita Indonesia mempunyai berbagai macam suku bangsa, serta memiliki berbagai macam lagu daerah yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini SeniBudayaku akan membahas kekayaan budaya bangsa yang berupa lagu daerah Nusantara. Untuk lebih mengenal tentang lagu daerah, akan lebih baik kalian ketahui dulu pengertian lagu daerah berikut ini.

Pengertian Lagu Daerah
Lagu daerah yaitu lagu yang lahir dan berkembang dari budaya daerah setempat dan bersifat turun temurun. Lagu daerah di Indonesia, yaitu lagu yang berasal dari daerah tertentu dengan budaya di wilayah tersebut. Bentuk lagu, lazimnya dinyatakan dalam syair atau lirik bahasa daerah di wilayah tersebut. Bahasa dan dialek yang digunakan kadang sulit dipahami maksud dan tujuannya, namun memiliki makna yang mendalam. Bentuk pola dan susunan melodi sangat sederhana sehingga mudah dikuasai masyarakat setempat.

Lagu daerah biasanya diwariskan secara lisan dan berkembang sesuai kondisi sosial budaya dan alam daerah tersebut, sehingga tiap daerah berbeda dengan daerah lainnya. Lagu daerah dibangun dari irama, syair dan instrumen, dan memiliki ciri-ciri syair yang mengisahkan budaya setempat, tatacara kehidupan sehari-hari, dan adat istiadat suatu daerah.

Keunikan Lagu Daerah
Lagu daerah di Nusantara sangat beragam dan memiliki karakteristik atau keunikan sendiri-sendiri. Secara garis besar lagu daerah memiliki karakteristik sebagai berikut.
a. Kedaerahan 
Lagu daerah bersifat kedaerahan. Hal ini dapat dilihat dari syair yang digunakan, yaitu menggunakan syair dan dialek daerah. Sebagai contoh dialek bahasa jawa digunakan pada lagu gundul-gundul pacul dibaca gundol-dundol pacol ( huruf u dibaca seolah-olah huruf o).

b. Sederhana
Lagu daerah menggunakan bahasa yang sederhana. Hal ini dapat dilihat dari tema-tema lagu daerah. Misalnya lagu tema hormat kepada orang tua atau tema bermain. Selain itu dalam menyanyikan lagu daerah tidak dituntut vokalisasi yang rumit seperti lagu seriosa.

c. Turun Temurun
Lagu daerah bersifat tradisional, sudah ada sejak masyarakat itu ada. Lagu daerah disampaikan secara lisan turun temurun dan spontan, misalnya saat bermain atau saat orang tua memberi nasehat kepada anak.

d. Jarang diketahui Penciptanya
Lagu daerah bersifat turun temurun, tidak tertulis, dan tidak diketahui secara pasti siapa penciptanya.
Baca juga:
Contoh Lagu-Lagu Daerah di Indonesia
Berikut ini adalah contoh beberapa lagu daerah yang ada di Indonesia berdasarkan asal daerah dan nama lagunya.

Lagu daerah Aceh
  1. Bungong Jeumpa
  2. Tawar Sedenge
  3. Aceh Lon Sayang
  4. Aneuk Yatim
Lagu daerah Sumatera
  1. Ayam Den Lapeh
  2. Gending Sriwijaya
  3. Alusi Au
  4. Injit-Injit Semut
  5. Malam Baiko
  6. Gelang Sipatu Gelang
  7. Kambanglah Bungo
Lagu daerah Kalimantan
  1. Ampar Ampar Pisang
  2. Ammac Ciang
  3. Naluya
  4. Paris Berantai
  5. Cik Cik Periok
  6. Saputangan Babuncu Ampat
Lagu daerah Jakarta
  1. Ondel-Ondel
  2. Dayung Sampan
  3. Keroncong Kemayoran
  4. Kicir-Kicir
  5. Langcang Kuning
Lagu daerah Jawa Tengah
  1. Gambang Suling
  2. Gajah-Gajah
  3. Cublak-Cublak Suweng
  4. Jaranan
  5. Prau Layar
  6. Tukung-Tukung
  7. Lir Ilir
Lagu daerah Sulawesi
  1. O Inani Keke
  2. Si Patokaan
  3. Esa Mokan
  4. Gunung Salahutu
  5. Nani Wartobone
Lagu daerah Maluku
  1. Saule
  2. Sayangkene
  3. Ayo Mama
  4. Rasa Sayange
Lagu daerah Irian/ Papua
  1. Apuse
  2. Yamko Rambe Yamko
Demikian pembahasan kami tentang "Pengertian Lagu Daerah Keunikan dan Contoh Lagu Daerah" yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca situs SeniBudayaku. Baca juga artikel seni menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …