Skip to main content

Praktek Berkarya Batik Jumputan (ikat celup)

Praktek Berkarya Batik Jumputan (ikat celup) - Salam budaya, Pembaca situs SeniBudayaku yang berbahagia, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tahap-tahapan proses membuat batik jumputan secara sederhana, seperti yang telah dipraktekkan dalam kegiatan pembelajaran seni rupa di SMP Negeri 1 Eromoko, Wonogiri.

Batik Jumputan (ikat celup) adalah karya seni batik yang teknik pembuatannya dengan cara mengikat kain menggunakan tali, bermotif lingkaran, kotak-kotak, abstrak atau bebas. Dengan menggunakan teknik batik yaitu teknik tutup celup dan pewarna batik alam atau pewarna kimiawi. Teknik tutup celup yang digunakan pada batik jumputan tidak menggunakan lilin malam sebagai penutupnya, tetapi digantikan oleh tali sebagai pengikat untuk menutup bagian kain pada saat dicelup pewarna tekstil.
batik-jumputan-ikat-celup

Alat dan Bahan Batik Jumputan
Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat batik jumputan secara sederhana agar dipersiapkan pada saat praktek membatik teknik jumputan antara lain;
a. Alat
  1. Ember atau baskom, 
  2. Kayu pengaduk, 
  3. Kuas, 
  4. Tali (plastik, karet), 
  5. Kelereng, uang logam, atau batu kerikil 
  6. Panci, kompor, dan lain-lain. 
b. Bahan
bahan-batik-jumputan
  1. Kain mori prima, prissima, 
  2. Garam dan cuka secukupnya, 
  3. Pewarna tekstil (remasol), 
  4. Waterglass atau vixanol, 
  5. Air secukupnya. 
Baca juga: 
Cara Pembuatan Batik Jumputan
1. Untuk membuat batik jumputan pertama-tama guru menyuruh siswa untuk membuat pola dengan cara memberi ikatan dengan gelang karet atau tali pada kain sesuai pola yang diinginkan (siswa dapat memberi isian dengan kelereng atau batu di dalam ikatan).
kain-mori-batik-jumputan-diikat

2. Tahap selanjutnya siapkan air panas 2 gelas (untuk warna pertama) lalu campurkan Garam dan cuka(masing-masing kurang lebih 2 sendok), pewarna (naftol) untuk satu warna, selanjutnya setelah bahan tercampur semua tambahkan air dingin secukupnya. Untuk warna yang lain lakukan dengan mencampur bahan-bahan seperti pada warna pertama.
persiapan-pencelupan-warna-batik-jumputan

Pencelupan-kain-batik-jumputan-warna-pertama

3. Tahap selanjutnya mencelupkan kain yang sudah diikat ke dalam warna yang sudah disiapkan. Guru menyuruh siswa untuk mencelupkan kain pada warna 1 (sisakan bagian ujung ikatan untuk warna lain, bisa dilakukan dengan menutupnya menggunakan plastik). Kemudian memberi warna lain pada bagian ujung ikatan yang sudah ditutup plastik (warna 2), dengan cara membuka ikatan plastik dan berilah warna menggunakan kuas. Setelah pencelupan warna selesai jemur kain biar kering.
pencelupan-kain-batik-jumputan-warna-kedua

4. Tahap selanjutnya setelah kain kering buka ikatan pada kain, lalu siapkan air panas secukupnya dan campurkan water glass atau vixanol pada air panas. Rendam kain batik jumputan pada air panas dengan campuran water glass tersebut secara merata (kegunaan water glass atau vixanol untuk mengikat warna). Selanjutnya setelah perendaman kain dengan waterglass selesai angkat dan keringkan kain.
menjemur-kain-batik-jumputan

5. Setelah kain kering, agar hasil membatik terlihat rapi dan bagus masing-masing siswa disuruh menyetrika kain hasil membatik tersebut, dan

Praktek berkarya batik jumputan (ikat celup) yang dilakukan siswa siswi kelas VIII SMP N 1 Eromoko telah selesai. Berikut ini hasil karya siswa siswi tersebut.
hasil-akhir-karya-batik-jumputan

Demikian pembahasan tentang "Praktek Berkarya Batik Jumputan (ikat celup)" yang kami susun berdasarkan kegiatan praktek mata pelajaran seni rupa di SMP N 1 Eromoko. Terimakasih atas kunjungan anda. Baca juga artikel seni dan budaya lainnya di situs SeniBudayaku.com.



Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …