Pengertian Partitur dan Cara Menulis Partitur Lagu Not Angka dan Not Balok

Pengertian Partitur dan Cara Menulis Partitur Lagu Not Angka dan Not Balok - Partitur (partiture dalam bahasa Inggris) merupakan istilah umum yang mendiskripsikan tentang kertas musik atau standar notasi musik. Notasi musik adalah sistem penulisan karya musik. Dalam notasi musik, nada dilambangkan dengan not (meskipun kadang penggunaan istilah nada dan not saling dipertukarkan). Tulisan musik biasa disebut partitur.

Pengertian Partitur
Partitur adalah tulisan yang digunakan untuk menyampaikan atau menyimpan nada-nada oleh musisi. Partitur disebut juga dengan tulisan musik. Tujuan pembuatan lembaran musik atau partitur, adalah sebagai sarana, atau catatan panduan untuk bermain musik.

Notasi musik standar saat ini adalah notasi balok, yang didasarkan pada paranada dengan lambang untuk setiap nada menunjukkan ketinggian nada dan durasi nada tersebut. Tinggi nada digambarkan secara vertikal, sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horizontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan.

Notasi balok adalah adalah sistem penulisan karya musik atau lagu yang dituangkan dalam bentuk gambar. Gambar-gambar yang melambangkan bunyi dituliskan dalam not balok sesuai dengan tinggi rendah dan sifat bunyi yang dilambangkan. Dalam materi not balok dikenal beberapa istilah, seperti paranada, tanda kunci, birama, garis birama, bar, dan garis penutup.
Baca juga :
Menulis Partitur Lagu Not Angka
Cara menulis partitur lagu not angka dapat dilakukan dengan komputer, meskipun sampai saat ini masih dilakukan secara manual. Belum ada software komputer khusus musik, yang dibuat untuk menulis partitur lagu not angka.

Cara sederhana dalam mengetik partitur lagu dengan not angka di komputer adalah sebagai berikut:
  1. Menggunakan software word-processor (program pengolah kata pada komputer). Contoh program komputer yang dapat digunakan yaitu : Microsoft Word, LibreOffice (free download openSource), iWork (untuk pengguna dalam platform Macintosh), dan sebagainya.
  2. Memakai font yang dibuat secara khusus untuk penulisan not angka ini. Font jenis ini (font not angka atau notasi angka) saat ini sudah banyak beredar di internet. Dengan menggunakan font not angka (notasi angka) ini, titik atas (suara tinggi), penulisan titik bawah (suara rendah), nada naik dengan coret miring ke kanan, nada turun dengan coret miring ke kiri, garis nada (per delapan, per enambelas, dan sebagainya), tanda lagu seperti garis fermata, birama, coda, segno, dan lain-lain akan mudah dilakukan.
  3. Membuat template dari software atau program komputer yang digunakan, yaitu untuk mengatur jarak antar nada, jarak antar sistem, jarak antar baris suara, margin, dan sebagainya. Pembuatan template ini untuk memudahkan saat akan menulis partitur lagu not angka ini.
partitur not angka kebyar-kebyar
Contoh lagu yang diketik dengan not angka

Menulis Partitur Lagu Not Balok
Menulis partitur lagu menggunakan not balok merupakan cara yang paling mudah, karena sudah tersedia banyak software untuk penulisan lagu dengan not balok. Not balok digunakan sebagai standar internasional bagi para penyanyi dan musisi. Oleh sebab itu, banyak pengembang atau developer yang menciptakan software atau program komputer khusus untuk menulis not balok.
Tidak banyak yang dapat dibahas mengenai cara menulis atau mengetik partitur lagu dengan not balok, karena semuanya sudah tersedia pada software penulisan not balok itu sendiri.

Beberapa contoh software yang digunakan untuk menulis atau mengetik partitur lagu dengan not balok, diantaranya:
  1. Finale
  2. Sibelius
  3. Encore
  4. MuseScore (OpenSource, free download dan ada versi portable yang tidak perlu diinstall di komputer),
  5. dan lain-lain.
partitur not balok
Contoh lagu yang diketik dengan not balok
Demikian artikel tentang "Pengertian Partitur dan Cara Menulis Partitur Lagu Not Angka dan Not Balok" yang dapat kami sajikan. Baca juga artikel seni musik menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Partitur dan Cara Menulis Partitur Lagu Not Angka dan Not Balok"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel