Pengertian dan Jenis-Jenis Pameran Karya Seni Rupa

Pengertian dan Jenis-Jenis Pameran Karya Seni Rupa -Kegiatan pameran merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan setelah berkarya seni dan dilakukan untuk memperkenalkan karya seni rupa tersebut kepada masyarakat umum. Kegiatan pameran seni rupa dapat dilakukan tidak hanya oleh seniman saja, tetapi juga dapat dilakukan oleh pelajar untuk memperlihatkan hasil berkarya seni dari proses belajarnya.

Pengertian Pameran Seni Rupa
Pameran (art exhibition) adalah kegiatan menggelar (tampil diri) satu atau sekelompok karya seni rupa yang disajikan dalam satu galeri, aula, ruang, bangunan, ataupun di tempat terbuka tertentu. Biasanya sebuah acara pameran disertai dengan upacara pembukaan dan diakhiri dengan upacara penutupan, baik yang diselenggarakan individu peserta pameran maupun oleh organisasi penyelenggara pameran. Menurut sifat pameran, ada pameran tetap dan ada  pula pameran berjangka waktu tertentu. Umumnya pameran seni rupa ditata secara menarik dan dihadiri oleh pejabat, penggemar, kolektor, wartawan, dan masyarakat pecinta seni pada umumnya.
pameran seni rupa

Penyelenggaraan pameran seni rupa bertujuan untuk mempertunjukkan, memperlihatkan, mengkomunikasikan, menghibur, mempromosikan, maupun memperkenalkan karya/ pencapaian karya seorang/ sekelompok seniman kepada masyarakat umum.

Jenis Pameran
Dalam dunia kesenirupaan terdapat kategori pameran, antara lain pameran seni rupa, pameran produk, pameran pendidikan, dan pameran tetap. Keempat jenis pameran tersebut masing-masing memiliki karakter yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan dan misi pameran tersebut diselenggarakan.

1. Pameran Seni Rupa
a. Pameran Tunggal
Pameran tunggal biasanya digunakan untuk menyebut pameran yang dilakukan perorangan, dan pada umumnya hanya menampilkan satu jenis karya seni. Pameran tunggal dilakukan oleh seorang seniman yang biasanya hanya menguasai salah satu keahlian seni, misalnya melukis saja, atau mematung saja. Namun, tidak menutup kemungkinan menampilkan keahlian berkarya seni yang lain.

b. Pameran Kelompok
Pameran kelompok biasanya digunakan untuk menyebut pameran yang dilakukan oleh sekelompok seniman. Pameran kelompok dapat memamerkan beragam karya misalnya seni lukis, patung, keramik atau karya lainnya secara bersama-sama, ataupun satu jenis karya seni dari sekelompok seniman yang dihubungkan oleh satu tema tertentu. Jika kegiatan pameran dapat dilakukan secara berkala misalnya dua tahun sekali, disebut bienale, dan jika tiga tahun sekali disebut trianale.

c. Pameran Retrospeksi
Pameran retrospeksi digunakan untuk menyebut sejarah perjalanan dalam berkarya seni oleh seorang seniman perorangan. Pameran retrospeksi dapat berisi karya lukis, patung, grafis, keramik, atau karya seni lainnya atas nama perorangan.
Baca juga :
2. Pameran Desain
Pameran desain umumnya digunakan untuk menyebut pameran karya seni desain atau pameran produk kerajinan seperti pameran hasil riset produk, pameran arsitektur, pameran furnitur, pameran kriya, pameran iklan, pameran produk otomotif, dan sebagainya. Pameran desain umumnya dilakukan oleh wakil perusahaan atau biro desain secara kolektif.

a. Pameran Desain Produk
Pameran desain produk adalah pameran sejumlah perusahaan produsen berbagai jenis barang/ desain, baik untuk tujuan memperkenalkan produk  baru maupun tujuan promosi. Pameran desain produk sangat beragam, antara lain seperti pameran alat rumah tangga, pameran otomotif, pameran mebel, pameran kerajinan, pameran elektronik, dan masih banyak lagi.

b. Pameran Perumahan dan Interior
Pameran perumahan dan interior merupakan pameran promosi oleh sejumlah perusahaan pengembang, biro konsultan, ataupun produsen komponen arsitektur yang memproduksi berbagai jenis barang/ desain. Pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan produk baru atau bisa juga sebagai sarana transaksi penjualan.

3. Pameran Hasil Pendidikan
Pameran hasil pendidikan adalah pameran hasil dalam proses pendidikan, baik berupa karya akhir maupun proses pencapaian dalam mewujudkan karya tugas. Di lingkungan pendidikan khususnya perguruan tinggi sering diselenggarakan pameran hasil riset/ inovasi/ eksplorasi desain para mahasiswa maupun staf pengajarnya.

4. Pameran Tetap
Pameran tetap adalah pameran yang diselenggarakan oleh kelompok atau perorangan secara permanen dalam sebuah galeri atau museum. Pameran ini bertujuan sebagai dokumentasi sejarah, objek wisata, promosi, dan ada pula yang diperjualbelikan. Seniman besar umumnya memiliki galeri pribadi yang berisi koleksi karya semasa hidupnya.

Demikian pembahasan tentang "Pengertian dan Jenis-Jenis Pameran Karya Seni Rupa" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel seni rupa menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

0 Response to "Pengertian dan Jenis-Jenis Pameran Karya Seni Rupa"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel