Skip to main content

Faktor Yang Harus Diperhatikan dalam Paduan Suara dan Vokal Grup

Faktor Yang Harus Diperhatikan dalam Paduan Suara dan Vokal Grup - Paduan suara adalah himpunan suara dari sejumlah penyanyi yang dikelompokkan berdasarkan jenis suaranya menggunakan aturan-aturan tertentu. Sikap atau gaya paduan suara saat menyanyi tidak sebebas seperti dalam vokal grup. Paduan suara memerlukan jumlah penyanyi yang lebih banyak pula daripada vokal grup. Dalam mengekspresikan lagu yang dibawakan hanya diperbolehkan melalui mimik wajah sedangkan anggota badan lain tetap diam dalam posisi tegap dan tidak kaku. Ekspesi penyanyi diharuskan seragam. Menggunakan instrumen pengiring piano atau orgen.

Vokal grup lebih bebas dan fleksibel baik dari segi aransemen atau komposisi, formasi penyanyi, maupun gaya/ gerak ekspresi. Jumlah penyanyi lebih sedikit daripada penyanyi paduan suara.

Faktor-Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Paduan Suara dan Vokal Grup
1. Warna Suara
Dalam menyusun paduan suara atau vokal grup, yang perlu diperhatikan pertama-tama adalah pengelompokan berdasarkan warna suara. Kemampuan menjangkau nada rendah maupun tinggi menjadi pertimbangan kedua.
  • Suara sopran dikenali dari bunyinya yang cemerlang, ringan dengan pembawaan yang lincah. Berada pada wilayah nada yang paling tinggi dari semua jenis suara manusia.
  • Suara alto memiliki warna yang agak gelap, dengan bunyi yang dalam pada nada-nada rendah, serta pembawaan yang relatif berat. Mezzosopran memiliki warna dan wilayah nada antara alto dan sopran.
  • Suara tenor memiliki warna yang nyaring dan terang. Dengan suara bas yang berat serta pembawaan yang berat dan dalam. Suara tenor memiliki wilayah nada yang paling rendah dari semua jenis suara manusia. Suara bariton memiliki wilayah nada dan warna antara tenor dan bas.
wilayah nada suara manusia

2. Keseimbangan Suara/ Balance
Besar kecilnya paduan suara atau vokal grup harus tetap mempertimbangkan kekuatan suara antara tiap kelompok. Jadi, harus ada keseimbangan jumlah penyanyi antara tiap-tiap kelompok dengan catatan memiliki takaran dinamik yang sama tiap-tiap kelompoknya. Dengan memaksa salah satu kelompok menyanyi dengan suara lebih keras atau lebih lirih bukan cara yang tepat untuk memperoleh balance yang baik, sebab takaran dinamik yang dipakai tidak sama.

3. Kepaduan Suara/ Blending
Dalam paduan suara atau vokal grup terdapat paduan suara yang dikelompokkan menurut;
  • Peran yang ditentukan oleh partitur,
  • Warna suara.
Setiap kelompok (sopran, alto, tenor, bas) merupakan suatu unit dengan suara yang padu-bulat-menyatu (blend). Tidak diperbolehkan ada satupun suara yang menonjol sendirian.

Hal-hal yang mempengaruhi blending dalam setiap kelompok;
  • Kualitas suara yang baik,
  • Pitch yang tepat,
  • Penggunaan register yang sama,
  • Vibrasi suara yang terkendali,
  • Tingkat atau takaran dinamik yang seragam.
4. Mendireksi
Pada paduan suara dibutuhkan pengaturan supaya suara yang dihasilkan dapat seragam/ kompak dan dinamik dapat dikendalikan dengan baik. Maka dari itu dibutuhkan seorang dirigen yang berperan mendireksi/ mengatur suara dan pembawaan para penyanyi. Dirigen memipin peduan suara melalui ayunan tangan yang membirama/ mendireksi dan memberi aba-aba dinamik.

ayunan aba-aba paduan suara
Denah ayunan aba-aba
  • ar = arsis = aksen kuat
  • th = thesis = aksen lemah
Semakin besar  nilai angka, semakin berkurang aksennya, tetapi arsis selalu lebih kuat dari thesis.

Tangan kanan digunakan untuk mendireksi, sedangkan tangan kiri untuk memberi aba-aba dinamik. Aba-aba dinamik misalnya;
  • Keras = tangan terbentang, telapak menghadap ke atas, tangan bergerak naik.
  • Lirih = Tangan telungkup, posisi tangan bergerak turun.
  • Juga dapat menggunakan aba-aba atau isyarat lain sesuai kesepakatan antara dirigen dan penyanyi.
Baca juga:
Pengertian Intonasi dan Teknik-teknik Latihan Intonasi dalam Bermusik
Pengertian Partitur dan Cara Menulis Partitur Lagu Not Angka dan Not Balok
Pengertian Vokal, Teknik Vokal, dan Unsur-Unsurnya
Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Demikian ulasan tentang "Faktor Yang Harus Diperhatikan dalam Paduan Suara dan Vokal Grup" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel seni musik menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments