Skip to main content

Faktor Yang Harus Diperhatikan dalam Paduan Suara dan Vokal Grup

Faktor Yang Harus Diperhatikan dalam Paduan Suara dan Vokal Grup - Paduan suara adalah himpunan suara dari sejumlah penyanyi yang dikelompokkan berdasarkan jenis suaranya menggunakan aturan-aturan tertentu. Sikap atau gaya paduan suara saat menyanyi tidak sebebas seperti dalam vokal grup. Paduan suara memerlukan jumlah penyanyi yang lebih banyak pula daripada vokal grup. Dalam mengekspresikan lagu yang dibawakan hanya diperbolehkan melalui mimik wajah sedangkan anggota badan lain tetap diam dalam posisi tegap dan tidak kaku. Ekspesi penyanyi diharuskan seragam. Menggunakan instrumen pengiring piano atau orgen. 

Vokal grup lebih bebas dan fleksibel baik dari segi aransemen atau komposisi, formasi penyanyi, maupun gaya/ gerak ekspresi. Jumlah penyanyi lebih sedikit daripada penyanyi paduan suara.

Faktor-Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Paduan Suara dan Vokal Grup
1. Warna Suara
Dalam menyusun paduan suara atau vokal grup, yang perlu diperhatikan pertama-tama adalah pengelompokan berdasarkan warna suara. Kemampuan menjangkau nada rendah maupun tinggi menjadi pertimbangan kedua.
  • Suara sopran dikenali dari bunyinya yang cemerlang, ringan dengan pembawaan yang lincah. Berada pada wilayah nada yang paling tinggi dari semua jenis suara manusia.
  • Suara alto memiliki warna yang agak gelap, dengan bunyi yang dalam pada nada-nada rendah, serta pembawaan yang relatif berat. Mezzosopran memiliki warna dan wilayah nada antara alto dan sopran.
  • Suara tenor memiliki warna yang nyaring dan terang. Dengan suara bas yang berat serta pembawaan yang berat dan dalam. Suara tenor memiliki wilayah nada yang paling rendah dari semua jenis suara manusia. Suara bariton memiliki wilayah nada dan warna antara tenor dan bas.
wilayah nada suara manusia

2. Keseimbangan Suara/ Balance
Besar kecilnya paduan suara atau vokal grup harus tetap mempertimbangkan kekuatan suara antara tiap kelompok. Jadi, harus ada keseimbangan jumlah penyanyi antara tiap-tiap kelompok dengan catatan memiliki takaran dinamik yang sama tiap-tiap kelompoknya. Dengan memaksa salah satu kelompok menyanyi dengan suara lebih keras atau lebih lirih bukan cara yang tepat untuk memperoleh balance yang baik, sebab takaran dinamik yang dipakai tidak sama.

3. Kepaduan Suara/ Blending
Dalam paduan suara atau vokal grup terdapat paduan suara yang dikelompokkan menurut;
  • Peran yang ditentukan oleh partitur,
  • Warna suara.
Setiap kelompok (sopran, alto, tenor, bas) merupakan suatu unit dengan suara yang padu-bulat-menyatu (blend). Tidak diperbolehkan ada satupun suara yang menonjol sendirian.

Hal-hal yang mempengaruhi blending dalam setiap kelompok;
  • Kualitas suara yang baik,
  • Pitch yang tepat,
  • Penggunaan register yang sama,
  • Vibrasi suara yang terkendali,
  • Tingkat atau takaran dinamik yang seragam.
4. Mendireksi
Pada paduan suara dibutuhkan pengaturan supaya suara yang dihasilkan dapat seragam/ kompak dan dinamik dapat dikendalikan dengan baik. Maka dari itu dibutuhkan seorang dirigen yang berperan mendireksi/ mengatur suara dan pembawaan para penyanyi. Dirigen memipin peduan suara melalui ayunan tangan yang membirama/ mendireksi dan memberi aba-aba dinamik.

ayunan aba-aba paduan suara
Denah ayunan aba-aba
  • ar = arsis = aksen kuat
  • th = thesis = aksen lemah
Semakin besar  nilai angka, semakin berkurang aksennya, tetapi arsis selalu lebih kuat dari thesis.

Tangan kanan digunakan untuk mendireksi, sedangkan tangan kiri untuk memberi aba-aba dinamik. Aba-aba dinamik misalnya;
  • Keras = tangan terbentang, telapak menghadap ke atas, tangan bergerak naik.
  • Lirih = Tangan telungkup, posisi tangan bergerak turun.
  • Juga dapat menggunakan aba-aba atau isyarat lain sesuai kesepakatan antara dirigen dan penyanyi.
Demikian ulasan tentang "Faktor Yang Harus Diperhatikan dalam Paduan Suara dan Vokal Grup" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel seni musik menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …