Skip to main content

Cara Menggambar Manusia Secara Proporsional menggunakan Pensil

Cara Menggambar Manusia Secara Proporsional menggunakan Pensil - Bentuk adalah sosok atau dimensi yang menjadi bangun sebuah objek visual, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Bentuk umumnya dapat dilihat menggunakan indera penglihatan dan sebagian besar dapat diraba. Ada pula bentuk yang hanya dapat dilihat citranya saja, seperti bentuk yang ditayangkan pada layar kaca.

Hampir semua wujud yang terdapat dimuka bumi ini memiliki bentuk, baik manusia, hewan, tumbuhan, gunung, benda-benda di lingkungan sekitar kita, hingga bangunan yang berada di kota-kota. Bentuk dapat terjadi dengan sendirinya (alamiah) ataupun merupakan pekerjaan manusia.

Namun jika diamati secara seksama, bentuk tidaklah berdiri sendiri, melainkan bagian terluar dari sebuah konstalasi struktur dan fungsi-fungsi bagian dalamnya. Bentuk manusia seperti yang kita lihat merupakan paduan sinergis antara tulang,otot, daging, fungsi organ, dan kulit. Semuanya merupakan sebuah sistem organik yang dinamis dan saling mendukung.

Wujud makhluk hidup seperti manusia adalah bentuk yang berevolusi, mulai masa kecil, dewasa, hingga menjadi tua renta. Perubahan bentuk yang terjadi merupakan bagian dari proses biologis semesta. Dan setiap perubahan wujud mencerminkan karakter dari kepribadiannya. Ada yang bertipe lemah lembut, keras, kasar, humoris, ada yang bertipe licik, dan sebagainya.

Dalam berkarya seni rupa, hal yang utama adalah penguasaan dasar-dasar menggambar terutama gambar bentuk, karena semua wujud rupa pada hakikatnya terjadi dari berbagai bentuk. Tanpa penguasaan menggamabar bentuk yang baik, gagasan kreatif apapun yang hendak disampaikan akan memperoleh hambatan. Sebalum meningkat ke teknik menggambar bentuk tubuh manusia lebih lanjut, kalian harus senantiasa berlatih untuk mempersepsi objek gambar, baik pencerapan inderawi, penangkapan karakter, maupun penguasaan teknik-teknik menggambarnya.

Aspek dasar yang perlu diperhatikan dan menjadi kunci dalam menggambar bentuk tubuh manusia adalah sebagai berikut;

A. Anatomi
Anatomi adalah gambar sosok (postur) tubuh manusia; meliputi rangka, otot dan bagian-bagian lainnya, baik laki-laki maupun perempuan secara keseluruhan maupun perbagian. Dengan mempelajari anatomi dan mengenal bagian-bagiannya, kita mengetahui karakter tubuh manusia. Perhatikan secara cermat setiap bagian. Setiap unsur otot pembentuk sosok manusia secara utuh.

B. Postur
Postur adalah bentuk tubuh manusia dengan berbagai karakternya. Postur tubuh yang ideal umumnya dimiliki oleh para atlet yang memiliki bentuk tubuh kekar, berotot dan berisi.

C. Anggota Badan
Anggota badan adalah bagian-bagian utama dari tubuh manusia dengan fungsinya masing-masing tersendiri. Anggota badan utama adalah lengan, tangan, paha, betis, dan kaki.

D. Otot
Otot adalah unsur yang membentuk postur tubuh menjadi berisi atau memiliki volume. Otot mengisi hampir seluruh tubuh manusia. Atlet yang terlatih umunya memiliki bentuk otot yang kekar dan ideal.

E. Mimik
Mimik adalah karakter wajah manusia, baik yang dibentuk karena kepribadiannya maupun karena suasana.

F. Figur 
Figur adalah sosok penampilan manusia dengan berbagai karakter sosialnya, baik secara berpakaian maupun peran sosialnya.

Cara Menggambar Manusia Secara Proporsional menggunakan Pensil

Berikut ini langkah-langkah yang perlu kalian perhatikan dalam menggambar manusia secara proporsional menggunakan pensil.

Cara Menggambar Manusia Tahap 1
Sebelum kalian memulai proses menggambar bentuk tubuh manusia tentukan figur dan postur tubuh yang akan kalian gambar. Setelah kalian menentukan bentuk dan postur tubuh yang bagus untuk untuk digambar (hasil pengamatan bentuk dan anatomi tubuh secara detail) mulailah dengan membuat garis bantu untuk mempermudah dalam menentukan proporsi tubuh manusia yaitu membuat 5 garis horizontal seperti contoh gambar 1 berikut ini.

cara menggambar manusia tahap 1

Cara Menggambar Manusia Tahap 2
Dengan panduan garis bantu tersebut mulailah dengan menggambar kepala manusia berbentuk oval dengan ukuran setengah dari garis bantu 1 dan 2, berilah garis bantu tengah pada oval tersebut sebagai acuan untuk menggambar wajah  (gambar 2a). Selanjutnya buatlah garis dasar bentuk bahu dan tubuh manusia hingga pinggang dengan ukuran seperti gambar 2b. Kemudian buat juga garis dasar bentuk pinggang hingga kaki manusia (gambar 2c dan d). Pada tahap ini merupakan tahap membuat garis dasar dalam menentukan proporsi manusia secara global. Dengan bantuan garis dasar kalian akan lebih mudah dalam menentukan proporsi tubuh manusia secara global.

cara menggambar manusia tahap 2

Cara Menggambar Manusia Tahap 3
Tahap selanjutnya yaitu membentuk struktur tubuh manusia sesuai anatomi, otot dan bentuk tubuh manusia dari mulai ujung kepala sampai ujung kaki. Pertama-tama mulailah dengan memperjelas bentuk kepala hingga bahu. Gambarlah mimik wajah, bentuk leher dan bentuk bahu (gambar 3a). Selanjutnya gambar tangannya, buatlah sketsa otot lengan  manusia (gambar 3b). Lanjutkan dengan membuat sketsa badan manusia, buatlah sketsa otot dada dan perut manusia (gambar 3c). Lanjutkan lagi dengan membuat sketsa bentuk tubuh manusia bagian bawah dari pinggang hingga telapak kaki. Buatlah struktur sketsa otot paha dan kaki secara proporsional (gambar 3d). Pada tahap ini sudah mulai terlihat postur tubuh manusia secara globalnya.

cara menggambar manusia tahap 3

Cara Menggambar Manusia Tahap 4
Pada tahap 4 yaitu memperjelas anatomi bentuk tubuh manusia bagian atas dari mulai ujung rambut hingga perut. Setelah kalian menggambar anatomi postur tubuh manusia secara global, pertajam dan pertegas bentuknya agar lebih detail. Pertama-tama detailkan bentuk wajah dari mata, hidung dan rambutnya (gambar 4a). Selanjutnya detailkan bentuk bahu dan lengannya dengan memberikan sketsa struktur otot (gambar 3b). Lanjutkan dengan membuat sketsa otot perut sampai pinggang (gambar 4c).

cara menggambar manusia tahap 4
Baca Juga :
Cara Menggambar Manusia Tahap 5
Tahap ke 5 yaitu memperjelas anatomi bentuk struktur tubuh manusia bagian bawah. Mulailah dengan mendetailkan struktur otot manusia dari bagian paha, lutut dan betisnya (gambar 5a). Lanjutkan dengan memberikan detail pada telapak kaki, tumit,dan jari-jari kaki (gambar 5b dan 5c).

cara menggambar manusia tahap 5

Cara Menggambar Manusia Tahap 6
Setelah bentuk global postur tubuh manusia kalian gambar secara detail mulai dari struktur otot, anatomi tubuh, serta mimik wajah secara detail. Tahap selanjutnya adalah pertegas setiap bagian tubuh manusia dengan memberikan arsiran. Berilah arsiran halus dan rapi pada lekuk tubuh untuk mempertegas kesan kedalaman. Pertegas dan rapikan garis tubuh agar gambar yang kalian buat semakin tegas dan terlihat nyata.
cara menggambar manusia tahap 6

Hasil Akhir Menggambar Manusia menggunakan Pensil
Setelah tahap 1 sampai 6 kalian lakukan dengan teliti dan rapi hingga hasil gambar manusia yang kalian buat terlihat menyerupai gambar manusia real/ nyata, alami, selesailah sudah proses menggambar manusia secara proporsional menggunakan pensil. Perhatikan hasil gambar yang kalian buat. Apakah bentuknya sudah proporsional, postur dan anatomi tubuhnya sudah sesuai seperti gambar 7 di bawah ini. Apabila masih ada kejanggalan pada bentuk gambar manusia yang kalian buat, berarti masih diperlukan latihan dan latihan menggambar manusia agar hasil gambar kalian semakin baik. Tetap semangat dan jangan menyerah...menggambar itu mengasyikkan...!

gambar manusia menggunakan pensil

Demikianlah ulasan kami tentang "Cara Menggambar Manusia Secara Proporsional menggunakan Pensil". Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kalian yang suka menggambar. Baca juga artikel menggambar menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …