Skip to main content

Pakaian Adat Banten Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Banten Lengkap, Gambar dan Penjelasannya - Pakaian adat tradisional Banten terdiri atas pakaian upacara adat dan pakaian keseharian. Di Provinsi Banten dikenal tiga jenis pakaian adat intuk upacara pengantin yaitu pakaian pengantin Banten Kebesaran, Banten Lestari, dan Banten gaya Tangerang. Setiap jenis pakaian pengantin ini memiliki ciri khas sendiri.

Pada pakaian adat Banten Kebesaran, kedua mempelai memakai kain dari bahan beledu. Kain beledu tersebut biasanya berwarna hijau atau hitam. Hiasan pakaianya dari benang emas dengan berbagai motif. Mempelai pria mengenakan penutup kepala yang diberi nama makutaraja. Mempelai pria juga mengenakan selop dan membawa tombak pendek sebagai kelengkapan pakaian adat. Penutup kepala yang disebut makuta juga dikenakan mempelai wanita. Sebagai kelengkapan pakaiannya mempelai wanita juga mengenakan kalung, gelang, giwang, dan selop.

Pengantin dikampung Cisungsang (adat kasepuhan Banten Kidul) memakai pakaian adat seperti yang dipakai pengantin priangan, tempat asal usul moyang mereka, dengan sedikit inovasi. Mempelai pria memakai baju takwa berwarna merah atau putih dengan sulaman benang emas. Mempelai pria juga memakai ikat kepala yang terbuat dari kain batik. Ikat kepala itu juga menjadi penutup kepala mempelai pria. Bagian bawah mengenakan kain kebaya batik halus. Sebagai kelengkapannya mempelai pria memakai selop sebagai alas kaki.

Mempelai wanita memakai baju kebaya dengan hiasan pasmen mulai dari bagian leher sampai ujung  bawah. Hiasan serupa juga terdapat disekeliling lengan dan bagian bawah baju. Rambut mempelai wanita digelung dan dikonde dengan hiasan bunga melati. Bagian bawahnya mengenakan kain kebaya senada dengan pakaian yang dikenakan mempelai pria. Sebagai aksesoris mempelai wanita mengenakan perhiasan seperti kalung, gelang, giwang, cincin, dan bros yang terbuat dari emas dan batu mutiara. Mempelai wanita juga mengenakan selop sebagai alas kaki.

Gambar Pakaian adat banten
Sumber : Selayang Pandang Banten : Giyarto
Ada yang mengatakan jika pergi ke Banten jangan lupa mengenakan pakaian warna hitam. Hal ini dapat dimaklumi karena pakaian hitam menjadi trademark warga Banten. Para pendekar, jawara, masyarakat adat kasepuhan Banten Kidul, dan suku Baduy Luar mengenakannya dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi dalam upacara adat, pakaian serba hitam tidak terlupakan. Bagi masyarakat Banten warna hitam mempunyai nilai tersendiri, ada kharisma yang terpancar dari warna tersebut.
Baca juga:

Pakaian Adat Suku Baduy Banten

Pakaian lelaki Baduy Dalam terdiri atas ikat kepala berwarna putih, baju lengan panjang putih (jamang sangsang), dan sejenis sarung berwarna biru. Ciri utama baju jamang sangsang yaitu tanpa kerah dan kancing. Sebaliknya, lelaki Baduy luar mengenakan pakaian berwarna hitam dan biru tua dengan motif batik atau bergaris putih. Pakaian adat lelaki Baduy Luar terdiri atas ikat kepala berwarna hitam atau biru, baju berwarna hitam, dan kain sarung atau celana komprang (sebatas lutut). Dari jenis pakaian inilah seorang Baduy dapat ditebak asalnya.

gambar pakaian adat baduy
Sumber : Selayang Pandang Banten : Giyarto
Untuk pakaian adat wanita Baduy ada sedikit perbedaan antara wanita Baduy Dalam dan Baduy Luar. Pakaian wanita Baduy Dalam terdiri atas kain kemben (sejenis selendang) untuk menutupi bagian atas dan kain lunas (sejenis sarung) untuk menutupi bagian bawah. Sering kali ditemui ibu-ibu Baduy Dalam hanya mengenakan kain lunas saja. Sementara itu, untuk wanita Baduy Luar mengenakan kebaya berwarna biru dan kain yang senada. Pakaian ini tidak jauh berbeda dengan pakaian keseharian yang dikenakan wanita Banten pada umumnya.

Demikian pembahasan secara lengkap "Pakaian Adat Banten Lengkap, Gambar dan Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Artikel ini dikutip dari buku "Selayang Pandang Banten : Giyarto". Baca juga artikel kebudayaan Indonesia menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …