Skip to main content

Pakaian Adat Jawa Barat Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Jawa Barat Lengkap, Gambar dan Penjelasannya - Dalam buku lama Sang-hyang Siksa Kandang Karesian (ditulis tahun 1518) dijelaskan, bahwa ukuran kesejahteraan masyarakat Sunda waktu itu meliputi;
  1. Lingkungan sekitar rumah terpelihara.
  2. Tanaman yang ada disekitar subur.
  3. Orang berpakaian layak mengenakan pridana.
Dalam masyarakat Jawa Barat juga dikenal ungkapan bisa nyandang, biso nganggo, bisa babasahan, bisa dibusana. Dengan kata lain melihat sejarahnya, masyarakat Jawa Barat memang sudah mengenal tata cara berbusana dengan baik.

gambar pakaian adat kontes mojang jawa barat
Sumber : Selayang Pandang Jawa Barat : Moh. Rofi'i
Pakaian adat umumnya dipakai pada waktu upacara-upacara tertentu. Pakaian tradisional biasa dikenakan oleh penduduk suatu daerah/ suku tertentu. Pakaian tradisional juga bisa disebut sebagai pakaian adat. Berbagai daerah memiliki pakaian adat sebagai ciri khasnya.

Pakaian adat sering digunakan pada saat upacara adat, seperti upacara perkawinan, upacara penyambutan tamu agung, dan lain-lain. Ada juga jenis pakaian adat sebagai pakaian adat sehari-hari.

Pakaian adat Jawa Barat dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu pakaian adat gaya Priangan dan pakaian adat gaya Cirebon. Ini sesuai dengan dua budaya (suku) yang ada. Pakaian yang dijadikan simbol identitas pakaian adat di daerah Jawa Barat adalah Pakaian Adat Priangan

Pakaian adat Priangan dan Cirebon memiliki beberapa persamaan dan perbedaan. Berikut ini persamaan dan perbedaan pakaian adat dari ke dua suku Daerah Jawa Barat tersebut.

gambar pakaian adat pengantin jawa barat
Sumber : Selayang Pandang Jawa Barat : Moh. Rofi'i

Pakaian Adat untuk Kaum Perempuan

  • Kaum perempuan Priangan mengenakan kebaya surawe yang berhiaskan pasmen di bagian leher dan bawah kebaya. Sebaliknya, kaum wanita Cirebon mengenakan baju sorong atau baju kurung. Bahan kebaya surawe dan naju sorong atau baju kurung kaum wanita bangsawan terbuat dari sutra atau beludru, sedangkan untuk rakyat biasa terbuat dari kain kasar.
  • Kaum perempuan Priangan dan Cirebon mengenakan kain batik yang dililitkan di bagian bawah badan, dan pinggang hingga pergelangan kaki. Kain batik yang dikenakan biasanya buatan setempat, misalnya kain batik Garutan atau Ciamisan untuk kaum wanita Priangan dan dermayon atau trusmi untuk kaum wanita Cirebon.
  • Kaum perempuan Priangan dan Cirebon dari golongan rakyat biasa memakai perlengkapan pakaian berupa  gelang emas atau perak, gelang bahar, suweng plenis emas atau perak, ali meneng, serta sendal, selop atau kelom. Sedangkan kaum wanita bangsawan Priangan atau Cirebon memakai seperangkat perlengkapan pakaian berupa kalung emas, gelang emas, giwang emas, serta selop yang bagian ujung atasnya dihias manik-manik.

Pakaian Adat untuk Kaum Laki-Laki

  • Kaum laki-laki biasa Priangan dan Cirebon memakai kain sarung poleng atau polekat. Cara memakainya sesuai keperluan. Ada yang dikerudungkan dan diikatkan atau dililitkan pada pinggang. Sebaliknya, kaum bangsawan laki-laki Priangan dan Cirebon pada acara-acara resmi lebih suka memakai kain batik halus.
  • Kaum laki-laki Priangan dan Cirebon mengenakan celana komprang yang berhiaskan pasmen dari atas ke bawah di bagian tengah samping dan sekeliling lubang celana.
  • Kaum laki-laki Priangan dan Cirebon memakai iket sebagai penutup kepala. Iket yang dipakai kaum laki-laki bangsawan terbuat dari kain batik halus, sedangkan untuk kaum laki-laki rakyat biasa terbuat dari kain batik kasar. Khusus untuk kaum bangsawan Cirebon, bahannya terbuat dari kain wulung. Kemudian iket ini dikembangkan menjadi bendo, yaitu penutup kepala yang terbuat dari kain batik. Bendo di Priangan berbeda dengan bendo di Cirebon. Di bagian depan bendo Cirebon terdapat garis selebar 4 cm. Semakin ke dalam, lebar garis pada bendo tersebut semakin menyempit. Di bagian belakang bendo Priangan terdapat ikatan simpul pada ujung-ujung kain.
  • Kaum laki-laki rakyat biasa Priangan dan Cirebon mengenakan perlengkapan pakaian berupa cincin emas, hiasan jas pada bagian dada berupa rantai emas atau perak dengan liontin dari kuku harimau, dan selop atau sepatu.
gambar nama bagian-bagian pakaian adat jawa barat
Sumber : Selayang Pandang Jawa Barat : Moh. Rofi'i
Demikian ulasan tentang "Pakaian Adat Jawa Barat Lengkap, Gambar dan Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Artikel ini dikutip dari buku "Selayang Pandang Jawa Barat : Moh. Rofi'i". Baca juga artikel kebudayaan Indonesia menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.
Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …