Skip to main content

Pakaian Adat Kepulauan Riau Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Kepulauan Riau Lengkap, Gambar dan Penjelasannya - Pakaian adat berbeda dengan pakaian sehari-hari. Pakaian adat daerah adalah pakaian yang lazim dipakai oleh suku bangsa atau penduduk suatu daerah dan merupakan ciri khas suatu daerah atau penduduk daerah tersebut.  Biasanya pakaian adat akan dipakai pada saat-saat kegiatan upacara adat atau pesta adat, misalnya pada saat upacara perkawinan atau menyambut tamu.

Pakaian Adat Perempuan Biasa Kepulauan Riau Saat Upacara 

Masyarakat Melayu Kepulauan Riau mengenal berbagai macam upacara. Upacara tersebut bekenaan dengan keagamaan, lingkungan alam dan lingkungan hidup individu. Pada saat upacara perkawinan perempuan Melayu memakai baju kurung leher tulang belut serta kain songket dari berbagai daerah. Mereka juga memakai selendang yang disampirkan di atas bahu kiri. Rambut terisir rapi dan disanggul lipat pandan. Sanggul model ini sangat disukai karena terkesan anggun. Selain baju kurung leher tulang belut, ada juga yang memakai kebaya pendek. Pakaian yang dipakai oleh para orang tua adalah kebaya labuh. Kebaya labuh yaitu kebaya panjang yang dilengkapi dengan selendang manto (selendang yang terbuat dari kain yang ditekat). 

Pada saat menghadiri upacara keagamaan, baju yang mereka pakai antara lain leher tulang belut, kebaya panjang, dan kebaya pendek. Baju-baju itu dilengkapi dengan sampin, songket, atau kain batik yang merupakan pasangannya. Kelengkapan yang lain adalah alas kaki sandal atau selipa. Bagi perempuan yang telah naik haji, pakaian yang dikenakan adalah jubah atau gamis. Baju ini merupakan baju longgar yang belahannya ada di bagian depan, berkancing, dan panjangnya sampai pertengahan betis. Jubah ini dilengkapi dengan kain yang terbuat dari bahan dan warna yang sama. Perlengkapan lain adalah penutup kepala berupa kerudung atau jilbab.

Pada saat mengikuti kenduri dan pesta perkawinan, pakaian yang dikenakan kaum perempuan juga sama, yaitu baju kurung leher tulang belut. Pengantin memakai songket beserta aksesorisnya. Pada saat akad nikah para perempuan memakai baju kebaya labuh dengan warna putih atau krem yang dipadukan dengan songket. Dalam acara ini aksesoris yang digunakan berkurang biasanya hanya mengenakan sanggul lipat padan yang dihiasi kembang goyang dan kerudung. Mereka tidak memakai alas kaki karena umumnya hanya duduk dilantai. 

Pada saat acara bersanding barulah mereka memakai pakaian yang berwarna warni dengan aksesorisnya. Baju pengantin terbuat dari kain songket dengan benang emas dengan warna kuning keemasan atau merah. Alas kaki yang mereka pakai adalah kasut sendal, yaitu sepatu yang bagian belakangnya terbuka  sehingga terlihat tumitnya.

Gambar Pakaian adat kepulauan riau
Sumber : Selayang Pandang Kepulauan Riau : Ir. Nugroho Yuananto

Pakaian Adat Laki-Laki Bangsawan Kepulauan Riau Saat Upacara

Pakaian yang dikenakan pada saat upacara keagamaan atau kepercayaan pada dasarnya sama dengan pakaian yang dipakai pada saat seseorang bepergian. Pakaian itu terdiri atas cekak musang, teluk belanga, belah bentan atau gunting jubah. Seiring dengan runtuhnya kekuasaan kerajaan, lambat laun warna kuning tidak lagi menjadi monopoli kaum bangsawan. Bahkan, saat ini siapa saja dapat mengenakannya dengan alasan bangga menjadi orang melayu. Namun demikian, bagi pendatang yang mengerti betul arti simbolik dari warna kuning, tidak berani memakai baju kurung dengan warna tersebut. 

Baik orang biasa maupun bangsawan pada saat mengikuti upacara yang berkenaan dengan lingkungan alam, seperti mungle buaye (di Daik-Lingga) dan mendirikan kelong, pada dasarnya sama dengan yang dipakai pada saat bepergian, baik bentuk, jenis maupun kelengkapannya. Demikian juga pakaian yang dikenakan pada saat mengikuti upacara berkenaan dengan lingkaran hidup individu, seperti kehamilan, basuh lantai, khitanan, perkawinan, dan kematian. Saat upacara kenduri atau selamatan, baju yang dipakai umumnya adalah koko (baju muslim) atau baju kurung dan sarung atau celana bebas.

Pada saat upacara pernikahan, pakaian yang dipakai oleh pengantin lelaki bangsawan adalah baju kurung cekak musang beserta celana panjangnya dan sampin yang serba songket. Pakaian yang didominasi warna kuning itu dilengkapi dengan tanjak sebagai penutup kepala. Kelengkapan lainnya adalah capal atau sepatu sandal. Pengantin juga memakai aksesoris yang disebut dokoh (kalung tiga tingkat), pending (ikat pinggang), selempang yang disampirkan di bahu sebelah kanan, dan keris. 

Demikian ulasan tentang "Pakaian Adat Kepulauan Riau Lengkap, Gambar dan Penjelasannya" yang dapat kami sajikan. Artikel ini dikutip dari buku "Selayang Pandang Kepulauan Riau : Ir. Nugroho Yuananto". Baca juga artikel kebudayaan Indonesia menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …