Pakaian Adat Sulawesi Selatan Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Lengkap, Gambar dan Penjelasannya - Penduduk asli Sulawesi Selatan terdiri atas bermacam-macam suku bangsa. Suku bangsa yang dominan, yaitu suku Bugis, Makassar, dan suku Toraja. Terdapat kesamaan karakteristik antara suku Bugis dan Makassar. Sedangkan suku Toraja memiliki karakteristik yang sedikit berbeda. Begitupula dengan jenis pakaian adat yang mereka gunakan. Nama pakaian adat dari beberapa suku di Sulawesi Selatan antara lain sebagai berikut ini.

Pakaian Adat Suku Bugis, Sulawesi Selatan

Anak Laki-laki Bugis memakai pakaian yang terdiri atas tope, songkok pute passapu, lipa'sabbe, waju kasa, dan pakambang. Sedangkan anak perempuan memakai jempang, tope, waju panca/ waju pela-pela/ waju rawang, lipa'sabbe, dan waju bella dada.

Pakaian sehari-hari orang dewasa untuk bangsawan laki-laki berupa lipa'sabbe, waju bella dada, dan jase tutu. Untuk perempuan mereka mengenakan waju bodo dan lipa'sabbe. pakaian orang dewasa untuk laki-laki yaitu lipa'wenang dan waju, sedangkan wanita mengenakan lipa' dan waju ponco.

Pada saat upacara adat, anak-anak bangsawan mereka mengenakan pakambang (laki-laki dan perempuan), lipa'sabbe (laki-laki dan perempuan), waju rawang (perempuan),  (laki-laki), tope (laki-laki) , serta songko pute (laki-laki), dan waju ponco (perempuan), sedangkan untuk anak orang biasa mengenakan lipa' dan songkok guru untuk anak laki-laki serta lipa'sabbe dan waju ponco' untuk anak perempuan.

Pakaian pria dewasa untuk upacara lipa'sabbe, waju jase tutu, dan songkok pamiring ulaweng. Pakaian yang dipakai oleh Bissu yaitu songkok guru/ songkok to-Bone, baju model jase tutu, dan rok panjang untuk ketua Bissu serta passapu dan baju kurung panjang sampai mata kaki dan belahan pada bagian dada untuk para anggota Bissu.

gambar baju adat sulawesi selatan
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

Pakaian Suku Makassar, Sulawesi Selatan

Pakaian sehari-hari untuk anak-anak yaitu jempang (anak wanita), salawik (anak laki-laki dan wanita), lipa' (anak laki-laki dan wanita), baju rawang (wanita), lipa'sabbe (anak laki-laki dan wanita), passapu (anak laki-laki), dan songkok guru (laki-laki). Pakaian untuk orang dewasa baju bodo (wanita), lipa'sabbe (laki-laki dan wanita), songkok guru (laki-laki), dan jase tutu (laki-laki).

Pakaian yang dipakai saat upacara yaitu baju rawang (wanita), waju kasa (wanita), waju assusun (remaja putri), lipa'sabbe (laki-laki dan wanita), jase tutu (laki-laki), songkok gaduk (anak laki-laki bangsawan), songkok dibiring (anak laki-laki bangsawan), dan songkok guru (laki-laki).

Pakaian Suku Toraja, Sulawesi Selatan

Pakaian sehari-hari antara lain pio (sejenis cawat yang sekarang sudah tidak lagi digunakan), baju pokko' (pakaian khusus anak laki-laki maupun perempuan), seppa (celana pendek anak laki-laki), sambu' (sarung anak laki-laki dan wanita), baju pokko' (laki-laki dan wanita), serta bayu toraya (laki-laki dan wanita)

Pakaian saat upacara adat Rambu Tuka' masyarakat Toraja mengenakan pakaian adat berwarna warni dengan warna dasarnya kuning. Sebaliknya, pada upacara adat Rambu Solo' masyarakat Toraja mengenakan pakaian adat serba hitam. Pakaian adat yang dikenakan oleh kaum laki-laki pada kedua upacara tersebut yaitu passapu', banyu toraya, dan salembang, sedangkan kaum wanitanya mengenakan bayu toraya, dodo, dan salembang.

Selain itu, masyarakat Toraja juga mengenal seperangkat pakaian adat yang dikenakan oleh kaum laki-laki saat upacara Ma'rinding yang merupakan bagian upacara Rambu Solo'. Ma'rinding merupakan jenis tarian perang yang dilakukan oleh kaum laki-laki. Pada upacara ini kaum laki-laki mengenakan beke', salembang, bayu toraya, dan seppa'.

Demikian pembahasan tentang "Pakaian Adat Sulawesi Selatan Lengkap, Gambar dan penjelasannya". Yang dapat kami sampaikan. Artikel ini dikutip dari buku "Selayang Pandang Sulawesi Selatan : Iswanto". Baca juga artikel kebudayaan lainnya di situs Senibudayaku.com.

1 Response to "Pakaian Adat Sulawesi Selatan Lengkap, Gambar dan Penjelasannya"

  1. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    jangan lupa untuk mengunjungi kami di Jual Seragam Drumband Bandung

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel