Skip to main content

Rumah Adat Jambi Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Rumah Adat Jambi Lengkap, Gambar dan Penjelasannya - Ada beberapa bentuk arsitektur tradisional di Jambi, terutama seni bangunan rumah. Tiap-tiap suku di Jambi memiliki bentuk rumah tradisional yang beda-beda. Namun, ada satu dari rumah-rumah, yaitu semua bentuk panggung di atas tiang. Hal ini disesuaikan dengan kondisi Jambi yang banyak berawa dan mudah digajian udara. Dengan rumah bertiang akan terhindar dari genangan air terutama saat musim penghujan.

Rumah adat yang menjadi ikon budaya Provinsi Jambi yaitu rumah adat yang dinamakan Kajang Leko . Dimana kajang lako merupakan nama rumah tempat tinggal masyarakat suku Batin, Jambi. Satu hal yang khas dari rumah kajang lako yaitu bentuk bubungan rumah seperti perahu. Bentuk ini diperoleh dengan melengkungkan ke atas, kedua ujung bubungan atas, dan ke bawah berlipat dua. Di daerah Rantau Panjang ada satu rumah kajang lako yang dikunjungi ± 400 tahun. Oleh masyarakat setempat rumah ini juga disebut rumah lamo. Pada masyarakat suku Kerinci dikenal rumah larik. Disebut larik kerena Bangunan rumah terdiri atas beberapa rumah petak yang saling menyambung. Rumah ini mengelompok di sekitar jalan desa. Setiap kelompok larik memiliki nama sendiri-sendiri. Oleh sebab itu, istilah larik sering dipakai untuk menyebut nama desa atau dusun.

Rumah adat suku Melayu Jambi dinamakan rumah Melayu atau rumah betiang . Dinamakan betiang karena rumah ini didirikan di atas tanah bertiang kayu. Semua bagian-bagian rumah terbuat dari kayu atau bagian dari pohon seperti kulit dan daun. Tiang rumah tentu batang pohon nibung yang dibenamkan sedalam mungkin. Dinding rumah terbuat dari bahan-bahan yang tidak terlalu berat, seperti daun nipah atau kulit pohon terap. Atap rumah juga terbuat dari daun nipah, daun ilalang, atau ijuk. Bentuk rumah inilah yang dipakai untuk menyatakan rumah adat Provinsi Jambi yang biasa disebut Rumah Adat Sepucuk Jambi Sembilan Lurah .

gambar rumah adat jambi

Rumah adat terdiri atas beberapa bagian yang memiliki fungsi yang berbeda.
  1. Bagian depan mencakup anak tangga, jagon (tempat sandal / sepatu), pelancon (ruang depan), dan serambi gedang (serambi muka).
  2. Bagian dalam mencakup serambi dalam (ruang utama), amben melintang (ruang pelaminan) dan ruang bujang dan gadis .
  3. Bagian belakang mencakup serambi, laren, garang, dan dapur.
  4. Kolong rumah untuk berbagai keperluan, seperti tempat menyimpan alat pertanian, kandang, dan tempat bermain anak-anak.
  5. Pelengkap rumah adat ini adalah blubur yang dibangun terpisah di bagian rumah. Fungsinya untuk menyimpan hasil pertanian (padi) dan alat-alat pertanian.
Demikian pembahasan tentang " Rumah Adat Jambi Lengkap, Gambar dan Penjelasannya " yang dapat kami sampaikan. Baca juga Artikel menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com .

Baca juga:
Senjata Tradisional Jambi Lengkap, Gambar dan Penjelasannya
Tarian Tradisional Jambi Lengkap Penjelasannya
Pakaian Adat Jambi Lengkap, Gambar dan Penjelasannya



Sumber: Selayang Pandang Jambi: Giyarto

Comments