Rumah Adat Sulawesi Tengah Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Provinsi Sulawesi Tengah memiliki 2 jenis rumah adat sebagai tempat tinggal masyarakatnya. Rumah Tambi adalah rumah adat untuk semua golongan masyarakat, dan Rumah Souraja yaitu rumah adat yang digunakan sebagai rumah tinggal golongan bangsawan. Namun, keberadaan rumah Tambi  sebagai rumah adat masyarakat Sulawesi Tengah ini yang lebih dikenal sebagai ikon rumah adat Provinsi Sulawesi Tengah.

Rumah Adat Tambi
Provinsi Sulawesi Tengah mengenal tambi sebagai rumah tempat tinggal penduduk. Tambi merupakan tempat tinggal untuk semua lapisan masyarakat. Ada perbedaan antara rumah tinggal kelompok bangsawan dan rakyat biasa. Perbedaannya terletak pada bubungan rumah. Rumah tinggal kalangan bangsawan dilengkapi simbol kepala kerbau pada bubungan, sedangkan rumah tinggat orang biasa tidak ditampilkan simbol tersebut.

Bentuk rumah tambi segi empat dan atapnya berbentuk piramida yang terbuat dari daun rumbia atau ijuk. Rumah ini didirikan di tiang yang terbuat dari kayu bonati. Ruangan utama ( lobona ) dari rumah ini tidak dibagi atas kamar-kamar. Di tengah adaAPAN ( rapu ) yang dilengkapi tungku tempat memasak. Pintu rumah terbuat empat persegi yang menghadap ke depan. Pada daun pintu diukir dengan motif kepala kerbau. Ruang utama sebagai ruang tamu di kalangan keluarga. Di sekeliling rumah dibuat asari atau para-parayang memanjang sekitar ruangan utama. Para-para ini selain bekerja sebagai tempat tidur yang diberi batas, juga sebagai tempat untuk menyimpan harta benda. Para penghuni tempat tidur di ruang tengah dengan menggunakan tempat tidur yang terbuat dari kulit kayu ( nunu ). 

Ukiran kerbau yang merupakan ragam hias rumah melambangkan kekayaan pemilik rumah. Ragam bias babi melambangkan kekayaan, kesuburan, dan kesejahteraan pemilik rumah.

rumah adat sulawesi tengah

Rumah Adat Souraja 
Souraja adalah nama rumah tempat tinggal para bangsawan. Kata souraja dapat diartikan rumah besar, juga sebagai rumah kediaman tidak resmi dari manggan atau raja bersama keluarga. Souraja berbentuk rumah panggung yang ditopang beberapa tiang. Tiang-tiang ini dari kayu yang keras, seperti kayu ulin, bayan, atau sejenisnya. Atapnya bentuk piramida segitiga. Bagian depan dan belakangnya ditutup dengan panapiri , sementara pada bagian depan dan belakang tetap bangko-bangko

Rumah souraja memang unik dan indah. Terlebih lagi melihat banyak hiasan yang ada pada Bangunan ini. Ada hiasan kaligrafi dari huruf Arab tertampang pada jelusi-jelusi pintu atau jendela. Kemudian, ada pula ukiran indah pada dinding, loteng, di bagian lonta-karavana, atap cucuran atap, panapiri, dan bangko-bangko. Semua hiasan itu melambangkan kesuburan, kemuliaan keramahtamahan, dan kesejahteraan bagi penghuninya.



Sumber: Selayang Pandang Sulawesi Tengah: Nurul Hidayah 

0 Response to "Rumah Adat Sulawesi Tengah Lengkap, Gambar dan Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel