Skip to main content

Rumah Adat Kalimantan Selatan Lengkap Penjelasannya

Rumah adat Banjar Kalimantan Selatan ada beberapa jenis. Jenis rumah yang ditinggali oleh seseorang menunjukkan status dan kedudukannya dalam masyarakat. Jenis-jenis rumah Banjar, antara lain rumah bubungan tinggi, rumah gajah baliku, rumah cacak burung, dan rumah lanting. Namun demikian rumah adat yang menjadi ikon budaya Provinsi Kalimantan Selatan adalah rumah adat Banjar yang dikenal dengan nama Rumah Bubungan Tinggi. Penjelasan beberapa rumah adat di Kalimantan Selatan tersebut adalah sebagai berikut.

Rumah Bubungan Tinggi
Rumah adat Banjar yang bernama bubungan tinggi merupakan bentuk arsitektur tradisional yang mendominasi bentuk-bentuk rumah penduduk Kalimantan Selatan. Wujudnya berupa rumah panggung yang terbuat dari kayu ulin. Rumah bubungan tinggi dahulu merupakan tempat kediaman raja. Rumah bubungan tinggi sudah digunakan sebagai rumah tinggal oleh orang Banjar sejak ratusan tahun lalu.

rumah adat bubungan tinggi kalimantan selatan

Ciri khas bangunan ini pada bentuk atapnya yang menjulang tinggi dengan kemiringan 45°. Atap model ini sering disebut atap pelana. Atap yang menutup bagian tengah rumah sampai ke depan disebut atap sindang langit, sedangkan yang menutup bagian tengah ke arah belakang disebut atap hambin awan. Di puncak bubungan atap terdapat aneka ragam motif hias.

Rumah Adat Gajah Baliku
Rumah gajah baliku mirip dengan rumah bubungan tinggi. Lantai ruangan di sisi luar tawing halat (dinding tengah) gajah baliku tidak berjenjang. Ruangan tersebut tidak memakai atap sengkuap (atap sindang langit), tetapi memakai kuda-kuda dengan atap perisai (atap gajah). Lantai ruangan yang datar menghasilkan bentuk bangun ruang yang dinamakan ambin sayup. Sementara itu, di kedua anjungnya memakai atap pisang sasikat (atap sengkuap). Rumah gajah baliku yang masih berdiri terdapat di Teluk Selong Ulu, Martapura, Kabupaten Banjar. Selain itu, ada pula rumah gajah baliku penghulu di Desa Penghulu, Marabahan, Barito Kuala.

rumah adat gajah baliku kalimantan selatan

Rumah Cacak Burung
Rumah tradisional suku Banjar yang lain ialah rumah cacak burung (rumah anjung swung). Rumah induknya memanjang dari muka ke belakang memakai atap pelana (bahasa Banjar: atap balai laki). Kemudian, ditambahkan suatu atap limas dalam posisi melintang yang menutupi ruang palidangan beserta kedua buah anjungnya. Posisi nok atap (pamuung/wuwungan) bubungan atap yang melintang ini lebih tinggi daripada posisi atap pelana pada atap muka (Paluaran). Karena denah bangunannya berbentuk + (tanda positif), rumah ini dinamakan rumah cacak burung. Cacak burung adalah tanda magis penolak bala yang berbentuk + (tanda positif).

Rumah Lanting
Provinsi Kalimantan Selatan banyak dialiri sungai. Kehidupan masyarakat suku Banjar berhubungan dengan sungai, rawa, dan danau. Orang Banjar yang tinggal di pinggiran sungai mendirikan rumah lanting sebagai tempat tinggal. Rumah lanting adalah rumah rakit tradisional suku bangsa Banjar. Fondasi rumah lanting berupa rakit mengapung yang dibuat dari susunan batang pohon yang besar. Gelagar ulin dipasang di atasnya sebagai dasar bangunan rumah. Bubungan rumah memakai atap pelana. Rumah lanting selalu terombang-ambing akibat gelombang air dari kapal yang hilir mudik di sungai.

rumah adat lanting kalimantan selatan

Demikian ulasan tentang "Rumah Adat Kalimantan Selatan Lengkap Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel kebudayaan daerah Kalimantan Selatan menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.



Sumber : Selayang Pandang Kalimantan Selatan : Tammi Prastowo

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …