Senjata Tradisional Bengkulu Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Setiap suku bangsa di Nusantara memiliki senjata tradisional. Senjata ini mereka gunakan dalam keperluan sehari-hari, misalnya untuk berburu binatang, mencari kayu bakar, mencari makanan ternak, membela diri dari bahaya, atau keperluan dalam upacara adat. Suku-suku bangsa di Bengkulu juga mengenal berbagai bentuk senjata tradisional, antara lain sebagai berikut.

Senjata Tradisional Bengkulu


1. Keris
Senjata keris terbuat dari logam besi yang ditempa. Gagang keris terbuat dari bahan kayu yang berukir. Badan keris hingga ke ujungnya ada yang berbentuk lurus atau berlekuk-lekuk. Orang Bengkulu menganggap keris sebagai senjata yang keramat. Seorang hulubalang atau kepala adat sering menyandang senjata keris. Keris berguna sebagai senjata untuk berperang atau sebagai bagian dari perlengkapan adat.

Ada juga senjata sejenis keris yang disebut kuduk. Bentuknya berlekuk dengan punggung yang agak tebal. Badik juga merupakan sejenis keris yang lurus. Fungsinya untuk berburu dan sebagai perlengkapan acara adat.

senjata tradisional bengkulu

2. Panah
Senjata ini terbuat dari kayu atau rotan dan sebagai peregangnya menggunakan tali atau karet. Bahan anak panah dari kayu atau bambu. Bagian mata anak panah sering dilumuri racun dari bisa binatang. Akibatnya, senjata ini cukup berbahaya dan mematikan.

3. Rudus
Senjata sejenis pedang ini berfungsi sebagai pelengkap dalam upacara adat, seperti upacara penobatan kepala adat (datuk). Senjata lain yang bentuknya seperti pedang yaitu nibung, kerambit, dan mandau.

4. Siwar
Siwar merupakan alat pemotong dan penusuk yang terbuat dari besi dan bertangkai kayu. Bentuknya melengkung pada bagian ujungnya.
Baca juga:

0 Response to "Senjata Tradisional Bengkulu Lengkap, Gambar dan Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel