Skip to main content

Senjata Tradisional Kalimantan Selatan Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Masyarakat Kalimantan Selatan mengenal berbagai macam senjata tradisional. Selain berfungsi sebagai alat bela diri, senjata tradisional juga digunakan untuk keperluan produksi. Beberapa di antaranya adalah mandau, parang, sarapang, dan riwayang.

Senjata Tradisional Mandau
Senjata tradisional suku bangsa Dayak ini terbuat dari batu gunung yang mengandung besi. Mandau dibuat di Desa Hadirau dan Tumbukan Banyu. Mandau sering dianggap sebagai benda pusaka yang dikeramatkan.

Pada masa sekarang ini nilai kesakralan mandau sudah berkurang. Fungsi mandau pun berubah. Kini mandau digunakan untuk menyabit rumput, memotong daging, atau cenderamata. Karena bentuknya yang panjang dan berat, mandau sering digunakan sebagai kapak untuk menebang pohon dan membabat semak belukar.

senjata tradisional kalimantan selatan

Senjata Tradisional Parang
Biasanya terbuat dari baja atau besi. Gagangnya dibuat dari kayu atau akar bambu. Parang digunakan penduduk Kalimantan Selatan sebagai senjata, alat rumah tangga, alat pertanian, dan alat perburuan. Oleh karena itu, dikenal berbagai macam parang. Contohnya, parang lading (seperti pisau), parang lantik, parang panjang dan parang bungkul.

Senjata Tradisional Sarapang
Senjata tradisional ini biasa digunakan untuk berburu. Sarapang dibuat dari sepotong baja yang dibelah menjadi 5 bagian. Pada sebagian ujungnya diruncingkan. Sebatang bambu menjadi pegangannya. Sarapang digunakan untuk menangkap ikan-ikan besar.

Senjata Tradisional Riwayang
Riwayang berbentuk seperti tombak Mata riwayang dilengkapi dengan kait. Pada riwayang juga terdapat lubang tempat mengikatkan tali. Penduduk Kalimantan Selatan menggunakan riwayang sebagai senjata dan alat berburu. Riwayang dilemparkan ke sasaran seperti melempar lembing, sedangkan talinya dipegangi. Riwayang tauman digunakan untuk menangkap ikan.

Baca juga:
Senjata Tradisional Indonesia "34 Provinsi" Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Senjata Tradisional Jambi Lengkap, Gambar dan Penjelasannya
Senjata Tradisional Mandau, Khas Suku Dayak Kalimantan Barat

Comments