Skip to main content

7 Tarian Tradisional Nusa Tenggara Barat Lengkap Penjelasannya

Ada beberapa tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Setiap tarian mempunyai makna sendiri-sendiri. Tarian-tarian tersebut antara lain sebagai berikut. 

1. Tari Mpaa Lenggo 
Mpaa Lenggo berarti bermain-main. Tari ini dibawakan oleh sekelompok wanita yang terdiri atas lima orang. Tarian ini sering dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja. Para penari menggunakan sapu tangan untuk mengiringi gerakan tangan si penari. Pakaian yang dipakai oleh penari Mpaa Lenggo adalah kain sarung yang disebut kain tembe salungka, sedangkan baju tanggungnya disebut baju poro. Perlengkapan lainnya terdiri atas sebuah kipas yang dalam bahasa daerahnya disebut kipa. Kemudian dipasang sehelai sapu tangan yang disebut pesapu dan akhirnya sunting bunga penghias rambut yang disebut ungge. 

gambar tari mpaa lenggo nusa tenggara barat

2. Tari Batunganga 
Tari ini diangkat dari cerita rakyat yang mengisahkan kecintaan rakyat kepada putri raja yang masuk ke dalam batu. Melalui tarian ini rakyat memohon agar sang putri dapat keluar dari batu. 

gambar tari batunganga nusa tenggara barat

3. Tari Sere 
Tarian ini menggambarkan keprajuritan kesultanan Bima. Tarian ini biasanya ditampilkan pada upacara menyambut tamu, baki pada upacara adat, pelantikan sultan, serta perayaan yang lain. 

4. Tari Oncer 
Tarian ini merupakan tarian peninggalan kerajaan Bima yang dahulu dilakukan untuk membangkitkan kepahlawanan. Sekarang tarian tersebut dipertunjukkan untuk menyambut tamu atau memperingati peristiwa-peristiwa penting. 

gambar tari oncer nusa tenggara barat

5. Tari Preisian 
Tarian ini merupakan jenis tarian perang. Setiap penari membawa perisai dan bersenjata sepotong tongkat rotan. Sambil menari dengan gerakan pencak silat yang lincah, para penari saling memukul, kadang-kadang hingga mangeluarkan darah. Konon ada unsur magis dalam tarian ini, karena penari yang terkena pukulan rotan tidak merasa sakit. 

6. Tari Gandrung 
Tari Gandrung ditarikan oleh seorang atau dua orang gadis. Pertunjukan ini biasanya dilakukan di tempat terbuka diiringi oleh gamelan dan juga dipertontonkan pada hari-hari besar. Pada saat menarikan tari gandrung, para penari menggunakan kipas. Ketika penari menyentuhkan kipasnya kepada salah satu penonton, biasanya laki-laki, kemudian diajak untuk menari. 

7. Tari Cupak Gerantang 
Cupak Gerantang merupakan bentuk operet yang mengambil tema cerita Panji Semiring dengan warna asli Bali dan telah dimodifikasi dengan ciri khas Sasak. Pertunjukan Cupak Gerantang ini biasanya diadakan pada acara perkawinan atau khitanan. Pertunjukan ini biasanya diadakan sepanjang malam dari pukul 21.00 hingga pagi hari.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …