Skip to main content

Rumah Adat Aceh Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Rumah Adat Aceh Lengkap, Gambar dan Penjelasannya - Salah satu seni bangunan tradisional Provinsi NAD berupa rumah adat yang disebut Rumoh Aceh. Menurut ukuran atau besarnya, ada beberapa jenis bangunan rumah Aceh. Berbagai jenis bangunan rumah Aceh yaitu rumah Lhee Rueng, rumah Anjong, rumah Liwong Rueng atau bangunan rumah dua inang, dan rumah Lapan Rueng. Selain berbeda besarnya, jumlah ruangan setiap jenis rumah tersebut pun berbeda pula. Terdapat 3 serambi pada rumah adat Aceh yaitu Seuramue Keu (serambi depan), Rumah Inong (serambi tengah) dan Seuramoe Likot (serambi belakang).

Rumoh Aceh dibangun di atas tiang setinggi 2,5 sampai 3 meter di atas tanah. Bangunan rumah tersebut terbuat dari kayu yang keras dan biasanya berbentuk bulat. Tiang atau tamel terdiri atas empat deretan. Jarak antara tiang yang satu dengan tiang lainnya selalu sama sehingga membentuk Segi empat atau Segi empat panjang. Bangunan rumah tersebut dilengkapi dengan reungcum atau tangga. Bila ingin masuk rumah tentu harus melewati reungcum atau tangga.

gambar rumah adat aceh

Ciri khas bangunan ini adalah pintunya yang terletak di lantai rumah dan membukanya ke atas. Dengan demikian, tangga terletak di kolong rumah. Bahan yang digunakan untuk membuat rumah hampir seluruhnya dari kayu yang banyak tendapat di provinsi ini. 

Atap rumah Aceh terbuat dari daun rumbia yang dianyam. Atap tersebut disebut atap berahim satu. Rahim tersebut selalu memanjang dari samping kiri ke samping kanan. Pembuatan rumoh Aceh tidak pernah menggunakan paku, tetapi mggunakan pasak kayu sistem tali-temali dengan rotan atau ijuk. 

Di samping terdapat bangunan rumah untuk tempat tinggal, ada juga beberapa bangunan lain yang terdapat di Aceh. Bangunan tersebut yaitu Meusanah, meuseujid. balai blang, janmbo blang, dan pondok pesantren atau jedah. 

Baca juga:
Pakaian Adat Naggroe Aceh Darussalam Lengkap, Gambar dan Penjelasannya
Senjata Tradisional Aceh Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Makanan dan Minuman Khas Aceh Lengkap Penjelasannya
Upacara Adat Aceh Lengkap Penjelasannya
Bahasa Daerah Aceh Lengkap Penjelasannya

Comments