Skip to main content

Rumah Adat Bengkulu Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Rumah Adat Bengkulu Lengkap, Gambar dan Penjelasannya - Rumah adat suku-suku bangsa di Bengkulu berbentuk rumah panggung. Rumah adat sebagai ikon budaya Provinsi Bengkulu disebut dengan nama Rumah Bubungan Lima. Bentuk dan struktur rumah adat Bengkulu sangat sederhana. Hiasan rumah berbentuk ukiran lebih menonjol. Rumah panggung ini berbentuk segiempat memanjang. Bahan pembuatan diambil dari alam sekitar, seperti kayu, bambu, rotan, dan ijuk. Tiang penyangga rumah berasal dari kayu yang keras, seperti kruing atau merbau. Pada masyarakat suku Rejang, rumah adatnya disebut uneak potong jong. 

gambar rumah adat bengkulu

Struktur rumah panggung terdiri atas beberapa bagian, yaitu penigo, pendhuhuak, dapur, andie-andie, dan gang. Penigo atau beranda sebagai tempat menerima tamu biasa. Pendhuhuak sebagai tempat menyimpan barang dan pakaian. Dapur digunakan untuk tempat memasak dan berdiang. Andie-andie sebagai tempat memberi pelajaran dan nasihat kepada anak. Gang merupakan tempat untuk mencuci kaki sebelum masuk rumah. Selain itu, masih ada bagian-bagian rumah lain, seperti hal atau dihal, bilik, dan garang. Hal atau dihal merupakan ruangan untuk tamu laki-laki yang dihormati. Hal tengah (mang tengah) untuk tempat duduk para wanita. Hal belakang untuk ruang makan dan tempat istirahat. Bilik (kamar tidur) terdiri atas beberapa kamar yang digunakan untuk tempat tidur keluarga. Garang terbuat dari kayu atau bambu untuk tempat mencuci peralatan rumah tangga. 

Atap rumah panggung terbuat dari daun-daunan, ijuk, bambu, atau kayu durian. Dinding rumah terbuat dari papan atau kulit kayu. Lantai terdiri atas susunan papan atau bambu yang diikat menggunakan akar, ijuk, atau rotan. Paku kayu atau pasak digunakan untuk menghubungkan rangka rumah. 

Tangga rumah panggung ini terbuat dari kayu dengan jumlah ganjil. Pada tangga terdapat ukiran yang disebut ujung kungkung. Bentuk bubungannya bermacam-macam, seperti bubungan panjang, bubungan melintang, bubungan limas, bubungan trapesium atau bubungan sembilan. Pada bagian tertentu terdapat ukiran dengan motif ragam hias tebeng layar.

Baca juga:
Pakaian Adat Bengkulu Lengkap, Gambar dan Penjelasannya
Senjata Tradisional Bengkulu Lengkap, Gambar dan Penjelasannya
Makanan Khas Bengkulu Lengkap Penjelasannya

Comments