Skip to main content

Sifat Kebudayaan dan Wujud Kebudayaan yang Baku

Setiap masyarakat mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda. Meskipun demikian, setiap kebudayaan memiliki sifat hakikat yang berlaku umum. Sifat hakikat kebudayaan tersebut sebagai berikut.
  1. Kebudayaan terwujud dan tersalurkan melalui perilaku manusia. 
  2. Kebudayaan telah ada terlebih dahulu daripada lahirnya suatu generasi tertentu. Selain itu, kebudayaan tidak akan mati dengan habisnya generasi yang dimaksud. 
  3. Kebudayaan diperlukan semua manusia dan diwujudkan dalam tindakan. 
  4. Kebudayaan mencakup aturan-aturan yang berisikan kewajiban, tindakan-tindakan yang diterima dan ditolak, serta tindakan-tindakan yang dilarang dan diizinkan. 

Sifat hakikat ini dimiliki oleh semua kebudayaan yang ada di seluruh dunia. Suatu kebiasaan tidak dapat dikatakan sebuah kebudayaan jika tidak bersifat sebagaimana tertulis di atas. Dengan kita tahu sifat hakikat kebudayaan, kita dapat mengetahui mana yang termasuk suatu kebudayaan dan mana yang tidak. 

Wujud Kebudayaan

Setiap masyarakat mempunyai kebudayaan. Bagaimana kita dapat mengetahui adanya kebudayaan? Kebudayaan dapat kita ketahui karena kebudayaan memiliki wujud atau bentuk. Melalui wujud inilah kebudayaan suatu masyarakat dapat dilihat dan dinikmati. Secara umum wujud kebudayaan ada dua, yaitu wujud konkret dan abstrak. Kebudayaan yang berwujud konkret adalah kebudayaan yang dapat diraba, dilihat, dan diamati biasanya berupa tindakan atau perbuatan. Kebudayaan yang berwujud abstrak adalah kebudayaan yang tidak kasatmata dan tidak dapat dirasakan oleh panca indra biasanya berupa ide, gagasan, atau pikiran manusia. Menurut Koentjaraningrat terdapat tiga wujud kebudayaan yang baku sebagai berikut.
  1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kumpulan ide-ide, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan. 
  2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kumpulan aktivitas dan tindakan manusia dalam masyarakat. 
  3. Wujud kebudayaan sebagai hasil karya manusia.

Wujud pertama disebut juga wujud idiil kebudayaan. Wujud idiil kebudayaan ini bersifat abstrak, tidak dapat diraba ataupun difoto. Wujud idiil tempatnya ada di dalam kepala manusia yang berupa ide, gagasan, nilai, dan norma. Para ahli sosial menyebut wujud idiil sebagai adat tingkah laku. Hal ini dikarenakan wujud idiil kebudayaan berfungsi untuk mengatur, mengendali, dan memberi arah tindakan manusia dalam masyarakat. Contoh kebudayaan yang berwujud idiil adalah nilai kasih sayang, sopan santun, dan nilai menghormati orang tua.

Wujud kedua disebut juga sistem sosial. Sistem sosial terdiri atas tindakan-tindakan manusia pada saat berinteraksi, berhubungan, serta bergaul dengan manusia lainnya. Sistem sosial ini dapat dirasakan, dilihat, bahkan difoto, dan didokumentasikan.

Wujud ketiga disebut juga kebudayaan fisik. Dikatakan kebudayaan fisik karena bersifat konkret dan berupa benda-benda yang dapat dilihat, diraba, dan difoto. Kebudayaan fisik ini merupakan hasil karya manusia dalam masyarakat, baik yang berwujud besar maupun kecil. Contoh-contoh kebudayaan fisik sebagai berikut.
  1. Benda-benda yang amat besar, seperti pabrik baja, pabrik gula, dan mal-mal.
  2. Benda-benda yang amat kompleks dan canggih, seperti komputer, kamera digital, dan handphone.
  3. Benda-benda yang besar dan bergerak, seperti kapal tangki minyak, kapal kargo, dan pesawat terbang.
  4. Benda-benda yang besar dan indah, seperti candi dan arca.
  5. Benda-benda yang kecil, seperti kain batik, kancing baju, jarum, dan benang tenun.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …