Mengenal Suku Bangsa yang Terdapat di Provinsi Maluku

Konten [Tampil]
Suku bangsa yang mendiami Provinsi Maluku didominasi oleh ras suku bangsa Melanesia Pasifik, yang masih berkerabat dengan Fiji, Tonga, dan beberapa bangsa kepulauan yang tersebar di kepulauan Samudra Pasifik. Banyak bukti kuat yang merujuk bahwa Maluku memiliki ikatan tradisi dengan bangsa-bangsa kepulauan pasifik, seperti bahasa, lagu-lagu daerah, makanan, serta perangkat peralatan rumah tangga dan alat musik khas misalnya ukulele (yang terdapat pula dalam tradisi budaya Hawaii).
suku-nuaulu-maluku
Suku Nuaulu
Mereka umumnya memiliki kulit gelap, rambut ikal, kerangka tulang besar dan kuat, dan profil tubuh yang lebih atletis dibandingkan dengan suku-suku bangsa lain di Indonesia. Bentuk fisik yang demikian dikarenakan mereka adalah suku kepulauan yang memiliki aktivitas laut seperti berlayar dan berenang sebagai kegiatan utama.

Pada masa modern saat ini, banyak di antara mereka yang sudah memiliki darah campuran dengan suku bangsa lain. Perkawinan dengan suku bangsa Minahasa, Sumatra, Jawa, dan bangsa Eropa (umumnya Belanda) sudah lazim pada masa modern ini. Hasil dari perkawinan campur ini melahirkan keturunan baru, yang bukan ras Melanesia murni lagi. Suku bangsa utama yang mendiami Provinsi Maluku adalah suku Ambon, suku Lumoli, suku Nuaulu, dan suku Rana.

Baca juga:
Mengenal Kebudayaan Daerah Maluku
Pakaian Adat Maluku Lengkap, Gambar dan Penjelasannya
Rumah Adat Maluku Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Bahasa Daerah Maluku Lengkap Penjelasannya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Suku Bangsa yang Terdapat di Provinsi Maluku"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel