Skip to main content

Rumah Adat Maluku Lengkap Gambar dan Penjelasannya

Maluku merupakan salah satu provinsi di Indonesia bagian timur yang cukup kaya akan seni, budaya dan hasil buminya. Daerah ini merupakana penghasil lada terbesar di Indonesia, selain itu daerah ini juga tersusun atas keberagaman suku, adat, agama, dan budaya yang menambah kekayaan budaya bangsa. Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Provinsi Maluku adalah rumah adat. Masyarakat yang mendiami wilayah Provinsi Maluku terbagi atas beberapa kelompok yang masing-masing kelompok memiliki bentuk rumah adat yang berbeda. Meskipun perbedaan bentuk rumah adat tersebut tidak begitu kontras dan masih memiliki kesamaan karakter, namun keragaman ini merupakan kekayaan budaya daerah yang harus kita lestarikan.

Rumah tempat tinggal masyarakat Maluku umumnya berbentuk rumah panggung. Pada saat ini, bentuk rumah adat sudah terdapat banyak perubahan karena adanya pengaruh dari luar. Begitu juga dengan kehidupan sosial budaya masyarakat Maluku telah banyak mengalami perubahan. Meskipun demikian budaya daerah yang masih mengandung nilai-nilai luhur yang dapat menunjang pembangunan mmaterial fisik, mental dan spiritual masih tetap dipelihara dan dilestarikan.

Rumah adat Provinsi Maluku yaitu Baileo. Baileo Nolloth termasuk salah satu dari rumah adat/ baileo tua di Pulau Saparua. Bentuk rumah adat ini masih asli meskipun sudah direnovasi pada tahun 1985. Renovasi yang dilakukan yaitu mengganti atap dan beberapa tiang yang sudah lapuk. Baileo ini didirikan pada tahun 1653, setahun setelah orang-orang Nolloth turun dari negeri lama Nolloth di gunung ke tepi pantai pada tahun 1652.

gambar-rumah-adat-maluku-baileo

Masyarakat yang mendiami wilayah Maluku Tengah terbagi ke dalam dua kelompok besar. Pata lima merupakan kelompok masyarakat yang mendiami wilayah pulau Seram. Sedangkan Pata Siwa merupakan kelompok masyarakat yang mendiami bagian daerah di Seram Barat. Untuk dapat mengetahui apakah suatu kelompok masyarakat itu tergolong kedalam kelompok pata lima ataukah pata siwa, maka perlulah diperhatikan jumlah tiang yang terdapat pada sebuah suwane/baileo pada bentuk rumah adat masyarakat tersebut. Jika pada suwane/ baileo terdapat jumlah tiang sebanyak 5 berarti masyarakat tersebut pemiliknya tergolong kedalam kelompok pata lima. Sebaliknya, jika jumlahnya tiang pada suwane/ baileo sebanyak 9 berarti pemiliknya tergolong ke dalam kelompok pata siwa. 

Baileo Nolloth termasuk dalam persekutuan masyarakat pata siwa, karena itu batu pamalenya terletak di samping kiri baileo arah ke darat atau ke gunung. Batu tungku (Batu Pengalas) berjumlah 3 buah. Jarak lantai baileo dengan tanah adalah 1,25 meter dengan luas alas sebesar 16,75 m x 6,65 m. Lantainya terbuat dari papan dan tidak dipaku. Hal ini dimaksudkan agar setiap saat hendak diangkat dapat dengan mudah dilakukan, misalnya saat makan sirih dan meludah. Bumbungan rumah ditutup dengan 9 lirang atap berukuran panjang 2,10 meter. Bangunan baileo ditopang oleh tiang kayu yang tiap sisi berjumlah sepuluh buah. Tiang-tiang itu didirikan di atas batu pengalas. 

Deretan tiang pada bagian gunung atau darat disebut tiang parenta dan pada bagian pantai atau laut disebut tiang mauweng. Tiang parenta mempunyai arti tiang dari orang-orang yang memegang pemerintahan (aparat pemerintah). Mereka adalah Raja dan 7 Kepala Soa ditambah seorang Kapitan dan seorang Raja Gunung atau Raja Pantai. 

Sebaliknya, tiang maumeng mempunyai arti tiang dari para pendamping aparat pemerintah, yaitu para mauweng. Mereka adalah pendeta-pendeta adat dan juga berfungsi sebagai tukan mawe, yaitu semacam tugas intelejen. Selain para fungsionaris pemerintahan tersebut dengan tiangnya masing-masing, tiap-tiap Soa (kampong) juga mempunyai sebuah tiang di baileo.

Demikian pembahasan tentang "Rumah Adat Maluku Lengkap Gambar dan Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel kebudayaan Daerah Maluku menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …