Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Fungsi Musik Tradisional

Sebutkan fungsi musik tradisional ...

Sebagaimana pertanyaan di atas, berikut ini beberapa pertanyaan yang sebenarnya memiliki maksud yang sama. Sebelum menjawab pertanyaan di atas agar beberapa pertanyaan di bawah ini juga terjawab, berikut kami rangkum beberapa kalimat pertanyaan yang memiliki maksud yang sama.

  1. Sebutkan 5 fungsi musik tradisional ...
  2. Sebutkan fungsi alat musik tradisional ...
  3. Sebutkan beberapa fungsi musik tradisional di dalam masyarakat Indonesia ...
  4. Sebutkan dan jelaskan fungsi musik tradisional ...
  5. Sebutkan macam macam fungsi musik tradisional ...
  6. Sebutkan empat fungsi musik tradisional ...
  7. Sebutkan 4 fungsi musik tradisional nusantara ...

Jawaban dari pertanyaan Sebutkan fungsi musik tradisional antara lain sebagai berikut.

Pembahasan :

Fungsi Musik Tradisional

Sebutkan fungsi musik tradisional dan penjelasannya, antara lain sebagai berikut.

1. Sebagai Sarana Upacara Adat (Ritual)

Bunyi yang dihasilkan oleh instrumen atau alat musik tertentu di beberapa daeah diyakini berkekuatan magis. Oleh sebab itu instrumen tersebut dipakai sebagai sarana dalam kegiatan upacara adat masyarakat.

2. Sebagai Sarana Hiburan

Di beberapa daerah fungsi musik tradisional digunakan sebagai hiburan atau menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas sehari-hari. Musik tradisional juga sering digunakan sebagai sarana rekreasi dan ajang pertemuan dalam kegiatan warga masyarakat.

3. Sebagai Sarana Ekspresi Diri

Bagi seniman yang berkecimpung dalam kesenian musik tradisional, musik dapat digunakan sebagai media untuk mengekspresikan diri serta mengungkapkan perasaan, pikiran, gagasan, serta cita-cita tentang diri, masyarakat, Tuhan, dan dunia.

4. Sebagai Sarana Komunikasi

Di beberapa daerah  bunyi alat musik dapat digunakan sebagai sarana komunikasi sebagai tanda bagi masyarakatnya, sebagaimana kentongan dalam masyarakat digunakan sebagai sarana komunikasi yang setiap bunyinya memiliki pesan tertentu.

5. Sebagai Pengiring Tarian

Di beberapa daerah di Indonesia, suara atau musik digunakan sebagai pengiring tarian yang diciptakan oleh masyarakat pemiliknya sebagai iriangan tari-tarian daerah. 

6. Sebagai Sarana Ekonomi

Pemain musik tradisional dan seluruh elemen yang terlibat dalam mempertunjukkan permainan musik tradisional bertujuan sebagai sarana penghidupan ekonomi mereka.

Jawabannya : Sebagai Sarana Upacara Adat (Ritual), Sebagai Sarana Hiburan, Sebagai Sarana Ekspresi Diri, Sebagai Sarana Komunikasi, Sebagai Pengiring Tarian, dan Sebagai Sarana Ekonomi.

Baca juga : 
Pengertian dan Jenis-Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia

Demikian ulasan tentang pertanyaan "Sebutkan Fungsi Musik Tradisional" yang dapat kami sampaikan, Semoga dapat membantu dalam menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Baca juga artikel soal tanya jawab bidang seni musik menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Sebutkan Fungsi Musik Tradisional"