Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Musik Tradisional

Jelaskan Pengertian Musik Tradisional ...

Apa pengertian musik tradisional dan apa contoh musik tradisional yang ada di Indonesia, begitulah beberapa pertanyaan yang banyak ditanyakan dalam laman internet. Sebagaimana beberapa kalimat pertanyaan berikut ini sebenarnya memiliki persamaan dengan pertanyaan di atas.

  • Jelaskan pengertian dari musik tradisional ...
  • Jelaskan pengertian seni musik tradisional ...
  • Jelaskan pengertian musik tradisional nusantara ...
  • Jelaskan pengertian dari seni musik tradisional ...
  • Jelaskan pengertian musik non tradisional dan berikan contohnya ...
  • Jelaskan pengertian musik tradisional atau musik daerah ...

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas adalah sebagai berikut.

Pembahasan :

Musik adalah alunan bunyi yang diterima oleh individu dan bervariasi berdasarkan sejarah, tempat, budaya dan selera seseorang. Arti sebenarnya dari musik juga bervariasi:

  • Bunyi/efek sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar.
  • Karya seni mencakup semua unsur pokok dan pendukungnya.
  • Setiap suara yang sengaja dihasilkan oleh seseorang atau kelompok dan disajikan sebagai musik.

Beberapa orang menganggap musik tidak memiliki wujud sama sekali. Menurut Aristoteles musik dapat mendamaikan hati yang gundah, sebagai terapi kreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Pengertian Musik Tradisional

Musik pada dasarnya adalah seni yang mengunakan media bunyi/ suara. Namun tidak semua bunyi dan suara dapat disebut musik karena musik harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Persyaratan ini juga didukung oleh berbagai komponen seperti melodi, harmoni, ritme, timbre (warna suara), tempo, dinamika, dan bentuk.

Seni musik adalah seni merangkai suara dengan efek artistik tertentu serta memiliki makna dan keindahan di dalamnya. Hoffer (1985:22) mengatakan bahwa (dalam Sumaryanto) ada dua ciri utama bunyi yang disebut musik yaitu pengorganisasian bunyi dan artinya. Musik adalah pengorganisasian bunyi yang mengandung arti atau makna serta terjadi dalam rentang waktu tertentu biasanya mempunyai pitch. Musik tradisional adalah musik yang diciptakan atau berasal dari suatu daerah tertentu yang memiliki karakter/ gaya yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Musik tradisional berlangsung melalui upaya pewarisan secara turun-temurun oleh masyarakat pemiliknya. Contoh musik tradisional adalah gamelan (dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta), angklung (Jawa barat), talempong (Minangkabau), kolintang (Minahasa), tifa (Papua dan Maluku), dan lain-lain.

Jawabannya : Musik tradisional adalah musik yang diciptakan atau berasal dari suatu daerah tertentu yang memiliki karakter/ gaya yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Baca juga :
Pengertian dan Jenis-Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia

Demikian ulasan tentang pertanyaan "Jelaskan Pengertian Musik Tradisional" yang dapat kami sajikan, Semoga dapat membantu dalam menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Baca juga artikel soal tanya jawab bidang seni musik menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Musik Tradisional"