Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan jenis jenis alat musik tradisional yang kamu ketahui

Sebutkan jenis-jenis alat musik tradisional ...

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kami juga telah merangkum beberapa pertanyaan yang hampir sama dan hanya berbeda beberapa kalimatnya saja, antara lain sebagai berikut;

  • Sebutkan 5 jenis alat musik tradisional ...
  • Sebutkan 4 jenis alat musik tradisional melayu ...
  • Sebutkan 3 jenis alat musik tradisional ...
  • Sebutkan 5 jenis alat musik tradisional yang kamu ketahui ...

Dari beberapa pertanyaan di atas, memiki jawaban yang sama. Yakni jika yang ditanyakan adalah jenis-jenis alat musik tradisional, maka jawabannya adalah berikut ini, namun jika pertanyaannya adalah nama alat musik tradisional, maka jawabannya adalah gamelan, talempong, dan lain-lain. Berikut jawaban dari beberapa pertanyaan di atas.

Pembahasan :

Jenis-jenis Alat Musik tradisional dan penjelasannya, antara lain yaitu; 

1. Alat musik perkusi adalah alat musik yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara dipukul, digoyang, digesek, atau tindakan lainnya menggunakan tangan atau alat bantu sehingga dapat membuat getaran pada alat tersebut. Contoh alat musik perkusi, yaitu; gamelan, talempong (Minangkabau), kolintang (Minahasa), arumba (Jawa Barat), gendang, tifa (Papua dan Maluku), dan lain-lain.

2. Alat musik petik adalah alat musik yang menggunakan senar dan dimainkan dengan cara dipetik. Contoh alat musik petik, yaitu; kecapi (Jawa Barat), siter (Jawa Tengah), sasando (NTT), sampek (Kalimantan), hapetan (Tapanuli), dan jungga (Sulawesi Selatan).

3. Alat musik gesek adalah alat musik yang dapat menghasilkan suara dengan cara digesek pada bagian instrumennya. Contoh alat musik gesek, yaitu; rebab yang dapat dijumpai di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jakarta, serta ohyan yang ada di Bali dan Kalimantan.

4. Alat musik tiup adalah alat musik yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara ditiup. Contoh alat musik tiup, yaitu; sejenis seruling, seperti saluang (Sumatra Barat), seruni (Sumatra Barat dan Kalimantan), dan seruling lembang (Tana Toraja).

Jawabannya: Alat musik perkusi, Alat musik petik, Alat musik gesek, dan Alat musik tiup.

Pembasan lengkapnya simak di artikel berikut:
Pengertian dan Jenis-Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia
36 Alat Musik Tradisional Indonesia Lengkap 34 Provinsi, Gambar dan Daerahnya

Demikian pembahasan tentang pertanyaan "Sebutkan jenis jenis alat musik tradisional yang kamu ketahui" yang dapat kami sajikan, Semoga ulasan ini dapat membantu dalam menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Baca juga artikel soal tanya jawab menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Sebutkan jenis jenis alat musik tradisional yang kamu ketahui"