Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motif ukiran pada dinding Candi Prambanan membentuk relief yang mengandung kisah yang diambil dari ...

Motif ukiran pada dinding Candi Prambanan membentuk relief yang mengandung kisah yang diambil dari ...

A. Epos Mahabharata

B. Kisah Ramayana

C. Kitab Veda

D. Perjalanan Budha

E. Kitab Tripitaka


Pembahasan :

Relief Candi Prambanan Menceritakan tentang

Candi Prambanan/ Roro Jonggrang adalah candi Hindu terbesar di Indonesia yang terdapat di perbatasan Klaten - Yogyakarta. Candi ini dibangun sekitar abad ke-9 oleh Raja Balitung Maha Sambu dari wangsa Sanjaya (berdasarkan isi Prasasti Syiwagrha yang berangka 778 Saka (856 M)).

Relief pada Candi Prambanan menceritakan epos Hindu, yaitu Ramayana dan Krishnayana. Relief tersebut diukir pada dinding di sepanjang lorong galeri yang mengelingi candi utama, yaitu Candi Brahma, Candi Siwa, dan Candi Wisnu. Ketiga candi tersebut dalam kepercayaan Hindu adalah lambang Trimurti.

Candi Siwa

Candi Siwa berbentuk bujur sangkar seluas 34 meter persegi dengan tinggai 47 meter. Sepanjang dinding candi dihiasi pahatan yang berselang-seling. Bagian dinding kaki candi di utara dan selatan candi terdapat hiasan singa yang diapit pahatan relief sepasang binatang berteduh di bawah pohon kalpataru.

Berbagai binatang yang digambarkan terdiri dari kera, kijang, merak, kelinci, kambing, dan anjing. Bagian lain dinding candi, ada panil bergambar binatang berganti dengan gambar kinara-kinari, sepasang burung berkepala manusia, dalam posisi sedang berteduh di bawah pohon kalpataru.

Candi Wisnu

Pada pagar Candi Wisnu terdapat relief naratif Krishnayana, menceritakan kehidupan Krishna sebagai salah satu awatara (reinkarnasi Sang Hyang Widhi) Wisnu. Relief Krishnayana menceritakan kisah hidup Krisna sejak lahir hingga menduduki tahta Kerajaan Dwaraka.

Candi Brahma

Candi Brahma berada di sebelah selatan Candi Syiwa. Sepanjang dinding candi berderet panil pahatan berisikan kelanjutan cerita Ramayana di dinding Candi Siwa. Panggalan kisah Ramayana ini menceritakan peperangan Rama dibantu adiknya, Laksamana, dan para tentara kera melawan Rahwana. Cerita tersebut berlanjut hingga Sinta pergi mengembara karena diusir Rama yang meragukan kesuciannya. Dan akhirnya Sinta melahirkan di hutan dengan perlindungan seorang petapa.


Jawaban : B. Kisah Ramayana

Temukan Soal dan Jawaban Seni Rupa tingkat SMA Kelas 12 lainnya dengan cara klik di bawah ini;


Soal Seni Rupa SMA Kelas 12


Demikian ulasan tentang pertanyaan "Motif ukiran pada dinding Candi Prambanan membentuk relief yang mengandung kisah yang diambil dari ..." yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah berkunjung ke situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Motif ukiran pada dinding Candi Prambanan membentuk relief yang mengandung kisah yang diambil dari ..."