Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Patung Pradnyaparamitha tersebut merupakan bentuk patung yang berasal dari periode ...

Cermatilah gambar di bawah ini!

patung-pradnyaparamitha

Patung Pradnyaparamitha tersebut merupakan bentuk patung yang berasal dari periode ...

A. zaman batu

B. zaman perunggu

C. masa Hindu-Buddha

D. masa Islam

E. masa modern


Pembahasan :

Patung "Pradnyaparamitha" merupakan salah satu patung peninggalan masa Hindu - Buddha di pulau Jawa. Patung tersebut dipercaya sebagai perwujudan ken Dedes, permaisuri dari Singasari.


Patung "Pradnyaparamitha" adalah patung Buddha yang berasal dari Kerajaan Majapahit pada abad ke-14 Masehi. Patung ini ditemukan di Trowulan, Jawa Timur pada tahun 1855 oleh seorang arkeolog Belanda bernama Dr. C. Lekkerkerker.


Patung "Pradnyaparamitha" memiliki ukuran tinggi sekitar 2,5 meter dan terbuat dari bahan batu andesit. Patung ini digambarkan sebagai sosok Buddha sedang duduk dengan posisi tangan yang dikenal sebagai mudra bhumisparsha, yaitu tangan kanan mengarah ke bawah dan tangan kiri berada di atas pangkuan.


Secara artistik, patung "Pradnyaparamitha" memiliki ciri khas gaya seni rupa Majapahit, dengan wajah yang tegas dan kuat, serta rambut yang diikat erat dan rumit. Patung ini juga menggambarkan keadaan tenang dan damai, sejalan dengan ajaran agama Buddha yang menekankan kedamaian dan kedamaian batin.


Setelah ditemukan, patung "Pradnyaparamitha" sempat menjadi pusat perhatian para arkeolog dan penggemar seni rupa dari seluruh dunia. Kini, patung ini disimpan di Museum Nasional Indonesia, Jakarta dan menjadi salah satu kebanggaan Indonesia sebagai warisan budaya dan sejarah yang berharga.


Jawaban : C. masa Hindu-Buddha

Temukan Soal dan Jawaban Seni Rupa tingkat SMA Kelas 12 lainnya dengan cara klik di bawah ini;


Soal Seni Rupa SMA Kelas 12


Demikian ulasan tentang pertanyaan "Patung Pradnyaparamitha tersebut merupakan bentuk patung yang berasal dari periode ..." yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah berkunjung ke situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Patung Pradnyaparamitha tersebut merupakan bentuk patung yang berasal dari periode ..."