Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paduan unsur-unsur rupa yang antar unsurnya saling menunjukkan adanya hubungan atau keterkaitan dalam seni-rupa disebut ...

Paduan unsur-unsur rupa yang antar unsurnya saling menunjukkan adanya hubungan atau keterkaitan dalam seni-rupa disebut ...

A. kesatuan

B. keserasian

C. keseimbangan

D. fokus perhatian

E. kesebandingan


Pembahasan :

Pertanyaan di atas adalah salah satu soal pada materi pembahasan Prinsip Karya Seni Rupa Dua Dimensi. Prinsip-prinsip karya seni rupa dua dimensi adalah seperangkat aturan dan pedoman yang digunakan untuk menciptakan karya seni rupa yang estetis dan menyenangkan bagi mata. Berikut adalah beberapa prinsip karya seni rupa dua dimensi beserta penjelasannya:

Prinsip Karya Seni Rupa Dua Dimensi

1) Kesatuan (Unity)

Kesatuan merupakan perpaduan antar unsur seni rupa yang saling menunjukkan adanya hubungan atau keterkaitan, dengan kata lain tidak terpisah-pisah atau berdiri sendiri. Agar sebuar karya seni menjadi enak dipandang, syarat utamanya adalah memiliki kesatuan. Prinsip kesatuar sebenarnya memuat prinsip-prinsip yang lainnya. Kesatuan akan terwujud jika di dalamnya terdapat keserasian, keseimbangan, irama, dan fokus perhatian.

2) Keserasian (Harmony)

Keserasian merupakan perpaduan unsur seni rupa yang selaras atau hubungan yang tidak bertentangan antara bagian satu dengan bagian lainnya. Keserasian dapat terbentuk karena adanya pengaturan unsur yang memiliki kedekatan bentuk (kemiripan), perpaduan warna maupun unsur peran (fungsi).

3) Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan memiliki pengertian yang seimbang antara bagian yang satu dengan yang lainnya dalam bidang gambar. Keseimbangan ini tidak perlu simetris (bagian yang satu merupakan salinan dari bagian lain), tetapi bagian yang satu memiliki isi yang nilainya sama dengan bagian yang lainnya.

Berikut ini beberapa keseimbangan yang dipelajari dalam karya seni rupa dua dimensi. 

a) Keseimbangan simetris, yakni keseimbangan yang diterapkan pada pengaturan benda atau bidang yang sama bentuknya. Jika gambar tersebut dibagi dua, maka bentuk gambar yang dibagi dua sama besar atau sama dan sebangun.

b) Keseimbangan asimetris, yakni keseimbangan yang diterapkan pada pengaturan benda atau beberapa bentuk/warna yang tidak sama ukuran besar kecilnya, atau tidak sama posisi atau cara meletakkannya.

4) Fokus Perhatian (Center of Interest)

Fokus perhatian sering disebut dengan dominasi. Dalam tatanan sebuah karya seni rupa, selalu terdapat satu bagian-yang lebih menonjol dari bagian lainnya. Artinya, terdapat satu bagian yang mencuri perhatian pengamat. Fungsinya agar tema utama sebuah karya menjadi jelas terlihat. Fokus perhatian dapat dibuat dengan berbagai cara, misalnya membuat aksentuasi (pengecualian) dengan bentuk yang seragam, perbedaan ukuran, dan perbedaan warna.

5) Kesebandingan (Proportion)

Kesebandingan atau lebih dikenal dengan sebutan proporsi adalah perbandingan ukurar unsur-unsurnya, baik perbandingan antarbagian maupun antara bagian terhadap keseluruhan, Pengaturan besar kecilnya bagian merupakan prinsip yang erat kaitannya dengan keseimbangan. Orang-orang pada zaman Yunani meyakini sebuah pendekatan menggunakan proporsi yang dianggap ideal dan memiliki keindahan yang agung, yang dikenal sebagai Golden Ratio atau Golden Section.

6) Irama (Rhytme)

Pengulangan unsur-unsur seni rupa dalam sebuah susunan akan menimbulkan kesan gerak bagi orang yang melihatnya. Kesan gerak inilah yang disebut sebagai irama. Terdapat beberapa jenis irama, di antaranya irama repetitif, yaitu kesan gerak. yang ditimbulkan dari pengaturan unsur yang monoton (sama), baik ukuran, warna, maupun jaraknya. Irama alternatif merupakan kesan gerak yang muncul karena pengaturan unsur yang berselang-seling, baik bentuk, ukuran, maupun warnanya. Irama yang lain adalah irama progresif, yakni kesan gerak yang menunjukkan adanya perubahan dari unsur-unsurnya, misalnya perubahan dari besar menuju kecil, dari pendek menuju ke panjang, dari tebal ke tipis, atau bisa juga perubahan dari satu warna ke warna lain.

7) Kontras

Kontras dapat diartikan sebagai hal yang berlawanan. Dalam komposisi, kontras adalah perbedaan yang nyata dari dua macam unsur warna atau unsur bentuk yang berada pada bidang atau ruang yang sama. Kontras dalam warna misalnya, dengan menempatkan warna gelap berdampingan dengan warna terang.

Adanya kontras dalam karya seni akan memberikan daya tarik yang lebih kuat. Di samping itu, kontras juga dapat memberikan kesan gegap gempita, perjuangan, dan kekerasan.


Jawaban : A. kesatuan

Temukan Soal dan Jawaban Seni Rupa tingkat SMA Kelas 12 lainnya dengan cara klik di bawah ini;


Soal Seni Rupa SMA Kelas 12


Demikian ulasan tentang pertanyaan "Paduan unsur-unsur rupa yang antar unsurnya saling menunjukkan adanya hubungan atau keterkaitan dalam seni-rupa disebut ..." yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah berkunjung ke situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Paduan unsur-unsur rupa yang antar unsurnya saling menunjukkan adanya hubungan atau keterkaitan dalam seni-rupa disebut ..."