Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pameran yang dilaksanakan dengan membawa koleksi karya-karya seni rupa berkeliling dari satu kota ke kota lainnya disebut pameran ...

Pameran yang dilaksanakan dengan membawa koleksi karya-karya seni rupa berkeliling dari satu kota ke kota lainnya disebut pameran ...

A. temporer

B. tetap

C. keliling

D. homogen

E. heterogen


Pembahasan :

Pameran yang dilaksanakan dengan membawa koleksi karya-karya seni rupa berkeliling merupakan pengelompokan pameran berdasarkan waktu penyelenggaraannya. Berdasarkan waktu penyelenggaraannya pameran karya seni rupa dapat dibagi ke dalam kategori berikut.

a. Pameran tetap atau permanen (permanent exhibition), yaitu bentuk pameran yang tidak terikat oleh lamanya waktu. Permanen artinya tidak pernah tutup dan tidak terikat oleh waktu. Contohnya, museum dan art gallery.

b. Pameran rutin, yakni pameran yang dilaksanakan secara periodik atau berkala dengan jadwal yang teratur. Pameran seperti ini biasanya dilakukan oleh galeri-galeri seni rupa yang tidak memiliki koleksi tetap.

c. Pameran temporer atau pameran yang bersifat insidental (temporary exhibition), yakni jenis pameran yang dilaksanakan sewaktu-waktu dan tidak terjadwal secara tetap. Pameran seperti ini lazimnya dilakukan di gedung-gedung umum atau gedung pameran sewaan.

d. Pameran keliling (travel exhibition), yakni pameran yang dilaksanakan dengan membawa koleksi karya-karya seni rupa berkeliling dari satu kota ke kota lain. Pameran, seperti ini biasanya tidak disertai dengan penjualan karya seni rupa, tetapi hanya bersifat apresiasi bagi masyarakat yang dikunjunginya. Bahkan, untuk menjaga keutuhan dan keamanan, karya-karya yang dipamerkan pun biasanya merupakan replika atau tiruan yang dibuat sangat mirip dengan aslinya.


Jawaban : C. keliling

Artikel terkait :
Pengertian Pameran, Jenis-Jenis Pameran, Fungsi dan Tujuan Pameran Seni Rupa
Pengertian dan Jenis-Jenis Pameran Karya Seni Rupa
Langkah-Langkah atau Pedoman Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa

Temukan Soal dan Jawaban Seni Rupa tingkat SMA Kelas 12 lainnya dengan cara klik di bawah ini;


Soal Seni Rupa SMA Kelas 12


Demikian ulasan tentang pertanyaan "Pameran yang dilaksanakan dengan membawa koleksi karya-karya seni rupa berkeliling dari satu kota ke kota lainnya disebut pameran ..." yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah berkunjung ke situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Pameran yang dilaksanakan dengan membawa koleksi karya-karya seni rupa berkeliling dari satu kota ke kota lainnya disebut pameran ..."