Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Percampuran warna cyan dan magenta dalam perbandingan seimbang akan menghasilkan warna ...

Percampuran warna cyan dan magenta dalam perbandingan seimbang akan menghasilkan warna ...

A. jingga

B. hijau

C. biru

D. ungu

E. hitam


Pembahasan :

Pencampuran Warna dalam Seni Rupa

Warna merupakan unsur penting dalam seni rupa karena dapat menimbulkan kesan keindahan dan menyenangkan serta memberi kesan bermacam-macam bagi orang yang memandang. Warna dapat memberikan kesan jauh dan dekat (perspektif) serta dapat menimbulkan rasa sejuk, hangat, dan yang lainnya. Selain itu, warna juga dapat dijadikan sebagai perlambangan.

Secara teoretis, warna-warna yang ada di alam ini dibangun oleh tiga warna pokok yang dinamakan sebagai warna primer. Warna-warna primer ini terdiri atas warna magenta, cyan, dan yellow. Percampuran antara warna-warna primer akan menghasilkan warna sekunder, warna tersier, dan seterusnya.

Campuran kuning dan cyan menghasilkan nuansa warna hijau, campuran kuning dengan magenta menghasilkan nuansa warna merah, sedangkan campuran magenta dengan cyan menghasilkan nuansa biru. Dalam teori, percampuran tiga pigmen dalam ukuran yang seimbang akan menghasilkan nuansa warna kelabu, dan akan menjadi hitam jika ketiganya disaturasikan secara penuh. Akan tetapi, dalam praktiknya, warna yang dihasilkan cenderung menjadi gelap kecokelatan. Oleh karena itu, sering kali dipakai warna keempat, yaitu hitam, sebagai tambahan dari cyan, magenta, dan kuning. Ruang warna yang dihasilkan lantas disebut dengan CMYK (cyan, magenta, yellow, black). Hitam disebut dengan “K” (key) dari istilah “key plate” dalam percetakan (plat cetak yang menciptakan detail artistik pada gambar, biasanya menggunakan warna tinta hitam).


Jawaban : C. biru

Temukan Soal dan Jawaban Seni Rupa tingkat SMA Kelas 12 lainnya dengan cara klik di bawah ini;


Soal Seni Rupa SMA Kelas 12


Demikian ulasan tentang pertanyaan "Percampuran warna cyan dan magenta dalam perbandingan seimbang akan menghasilkan warna ..." yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah berkunjung ke situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Percampuran warna cyan dan magenta dalam perbandingan seimbang akan menghasilkan warna ..."