Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aliran seni rupa yang menampilkan kenyataan sehari-hari tanpa memberikan suasana yang ada di luar kenyataan atau menjiwainya dengan perasaan romantis termasuk ke dalam ...

Aliran seni rupa yang menampilkan kenyataan sehari-hari tanpa memberikan suasana yang ada di luar kenyataan atau menjiwainya dengan perasaan romantis termasuk ke dalam ...

A. impresionisme

B. luminisme

C. realisme

D. naturalisme

E. simbolisme


Pembahasan :

Aliran dalam Seni Rupa

Aliran-aliran seni rupa modern yang berkembang di Indonesia tidak jauh berbeda dengan aliran-aliran seni rupa yang berkembang di negara Barat. Beberapa aliran berkembang dan memperoleh tempat di kalangan masyarakat seni rupa, dan beberapa aliran lainnya sulit berkembang karena adanya perbedaan budaya yang melandasi kelahirannya. Secara ringkas,  beberapa aliran seni rupa yang hingga saat ini masih berkembang di Indonesia antara lain sebagai berikut;

a. Aliran Impresionisme, yaitu aliran seni rupa yang pertama kali. lahir di Prancis pada tahun 1847 yang dikenal sebagai karya Monet. Aliran ini menampilkan efek cahaya pada lukisan sehingga karya yang dihasilkan memberikan kesan samar-samar sesuai dengan cuaca yang ada di sekitarnya.

b. Aliran Luminisme, yaitu bagian dari aliran seni lukis impresionisme. Aliran luminisme menampilkan teknik divisionisme yang menempatkan warna-warna cat secara langsung di atas kanvas tanpa mencampurnya terlebih dahulu. Kemudian, muncul teknik pointilisme yang menampilkan titik-titik warna membentuk objek sedikit demi sedikit. Aliran ini juga berkembang pada beberapa pelukis muda yang ada di Indonesia.

c. Aliran Realisme, yaitu aliran seni lukis yang mengungkapkan kenyataan secara realistis, apa adanya. Lukisan Realisme menampilkan kenyataan sehari-hari tanpa memberikan suasana yang ada di luar kenyataan, tanpa menjiwainya dengan perasaan romantis. Hal-hal yang diungkapkan, antara lain kepahitan hidup, penderitaan pekerja kasar, kesibukan kota, dan kesibukan pasar.

d. Aliran Naturalisme, yaitu aliran seni lukis yang mengangkat kembali nilai-nilai keindahan pada suatu objek dengan cara yang berbeda dari aliran Romantik. Keindahan yang disajikan dalam aliran Naturalisme adalah keindahan dari objek sehingga tampak lebih natural.

e. Aliran Simbolisme, yaitu aliran yang mengembaljkan kesadaran manusia akan nilai-nilai keagamaan. Aliran ini muncul akibat reaksi-atas konsep-konsep nihilistis dan egosentris yang berkembang dalam alir: Impresionisme dan Realisme.


Jawaban : C. realisme

Temukan Soal dan Jawaban Seni Rupa tingkat SMA Kelas 12 lainnya dengan cara klik di bawah ini;


Soal Seni Rupa SMA Kelas 12 


Demikian ulasan tentang pertanyaan "Aliran seni rupa yang menampilkan kenyataan sehari-hari tanpa memberikan suasana yang ada di luar kenyataan atau menjiwainya dengan perasaan romantis termasuk ke dalam ..." yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah berkunjung ke situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Aliran seni rupa yang menampilkan kenyataan sehari-hari tanpa memberikan suasana yang ada di luar kenyataan atau menjiwainya dengan perasaan romantis termasuk ke dalam ..."