Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik ukir dengan menggunakan pahat ukir biasanya digunakan dalam pembuatan patung dengan bahan ...

Teknik ukir dengan menggunakan pahat ukir biasanya digunakan dalam pembuatan patung dengan bahan ...

A. kayu

B. batu

C. tanah liat

D. semen

E. logam


Pembahasan :

Setiap bahan atau media yang digunakan dalam membuat patung memiliki teknik yang berbeda-beda. Beberapa bahan atau media yang lazim digunakan umumnya dikerjakan dengan teknik-teknik sebagai berikut;

1) Kayu, Pembentukan kayu sampai menjadi patung biasanya menggunakan teknik ukir dengan menggunakan pahat ukir. Selain ukir, bahan kayu juga dapat dibentuk dengan teknik potong dan iris dengan menggunakan pisau.


2) Batu, Teknik yang digunakan untuk membentuk batu menjadi patung adalah teknik pahat. Alat yang digunakan adalah pahat batu.


3) Tanah liat, Teknik yang digunakan untuk membuat patung dari tanah liat yaitu membentuk langsung, teknik butsir, dan teknik cetak. Teknik butsir menggunakan bantuan alat berupa sudip atau alat-alat butsir.


4) Semen, dibentuk dengan teknik cor atau teknik cetak. Pada teknik ini, ditambahkan pula bahan-bahan pasir. 


5) Lilin, dibentuk dengan teknik ukir, teknik cor, atau teknik cetak. Alat utama yang digunakan adalah cetakan. 


6) Logam, dibentuk dengan teknik cor dengan terlebih dahulu membuat modelnya dari bahan lilin untuk membuat cetakan. Bahan logam yang lazim digunakan untuk membuat patung adalah perunggu, tembaga, emas, dan perak. 


Sesuai dengan perkembangan teknologi, pada saat ini terdapat pula teknik pembuatan patung dengan memanfaatkan mesin-mesin yang diperuntukkan bagi pembuatan patung, terutama pada pembuatan patung dari bahan-bahan batu dan marmer.


Jawaban : A. kayu

Temukan Soal dan Jawaban Seni Rupa tingkat SMA Kelas 12 lainnya dengan cara klik di bawah ini;


Soal Seni Rupa SMA Kelas 12


Demikian ulasan tentang pertanyaan "Teknik ukir dengan menggunakan pahat ukir biasanya digunakan dalam pembuatan patung dengan bahan ..." yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah berkunjung ke situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Teknik ukir dengan menggunakan pahat ukir biasanya digunakan dalam pembuatan patung dengan bahan ..."